Alur Cerita, Review dan Penjelasan Ending Film Korea Unlocked, Ketika Im Si Wan jadi Mas-mas Hacker

 


Campusnesia.co.id - Setelah tampil apik dalam film Emergency Declaration jadi psikopat yang menyebar virus di pesawat, Im Si-Wan yang kita kenal lewat drama legendaris Misaeng kembali bermain film.

Kali ini Im Si-Wan tampil dalam film original Netflix berjudul Unlocked dengan peran yang psikopat juga.

Film Unlocked tayang secara global bisa disaksikan di Netflix sejak tanggal 17 Februari 2023, sutradara oleh Kim Tae-Joon, diangkat dari novel populer Sumaho o Otoshita dake yang ditulis oleh Akira Shiga dipublikasikan pada bulan April 2017 oleh Takarajimasha bunko dan Kim Tae-Joon.



Sinopsis film korea Unlocked
Lee Na-Mi (Chun Woo-Hee) bekerja sebagai pemasar di sebuah perusahaan start-up. Dia adalah pekerja kantoran biasa yang bekerja keras setiap hari. Pada hari yang menentukan, Lee Na-Mi kehilangan ponsel cerdasnya, tetapi untungnya dia mendapatkan kembali ponselnya. Sejak saat itu, hari damainya yang biasa terancam. 

Oh Jun-Yeong (Im Si-Wan) kebetulan mengambil smartphone Lee Na-Mi. Oh Jun-Yeong, yang mendekati Lee Na-Mi dengan menggunakan smartphone miliknya, melakukan kejahatan menggunakan smartphone.

Sementara itu, Detektif Woo Ji-Man (Kim Hee-Won) menyelidiki kasus pembunuhan yang melibatkan mayat yang ditemukan di gunung terpencil. Di sana, dia menemukan petunjuk yang mengarah ke putranya Woo Jun-Yeong sebagai kemungkinan pelakunya.


Pemeran film korea Unlocked
Chun Woo-hee sebagai Nami
Seorang pemasar di sebuah perusahaan startup.

Im Si-wan sebagai Jun-yeong
Seorang pria yang mendekati Nami setelah tidak sengaja mengambil ponselnya.

Kim Hee-won sebagai Ji-man
Seorang detektif mengejar pelaku kasus pembunuhan.

Park Ho-san

Kim Ye-won

Jeon Jin-oh

Kim Joo-ryoung

Lee Jae Woo

Oh Hyun-kyung sebagai Bos


Poster film korea Unlocked







Trailer film korea Unlocked




Review film korea Unlocked
Film ini diadaptasi dari novel Jepang berjudul sama karya Akira Teshigawara, yang diadaptasi menjadi film Stolen Identity tahun 2018. Fotografi utama dimulai pada Maret 2021 dan berakhir pada 27 Juni 2021.

Film ini awalnya dijadwalkan untuk dirilis di bioskop oleh CJ E&M, tetapi kemudian diputuskan untuk dirilis di Netflix.

Bagi sobat yang suka Im Si Wan karena perannya di Misaeng mas-mas yang manis dan polos, di beberapa film lainnya seperti The Merciless tahun 2017 yang penuh aksi dan psikopat di The Emergency Declaration, di Unlocked ia tampil memukau juga.


Dua kata untuk film Unlocked, Bagus Banget!

Dari sisi cerita sangat relate dengan kehidupan masyarakat kita bagaimana screen time dengan handphone sangat panjang nyaris tidak bisa dipisahkan dan semua hal penting dalam hidup kita ada di hp.

Kemudahan itu juga membawa resiko dan peluang bagi para Hacker dengan beragam tujuan, dari yang sekedar mengincar uang dengan modus penipuan hingga psikopat seperti yang digambarkan dalam film unlocked ini.

Apa mungkin memata-matai dengan handphone dari jarak jauh?

Jawabannya sangat mungkin, persis dengan cara menanamkan malware di hp target, aplikasi ini akan jadi mata-mata, hp bisa dikendalikan jarak jauh dan mengakses data-data penting.

Baru-baru ini pasti sobat pernah membaca berita atau postingan di sosial media tentang modus hacking dengan malware yang dikirim penipu menymar sebagai kurir paket.

Aplikasi malware dipalasukan sebagai foto paket, ketika diklik akan langsung terunduh dan terinstal sendiri, apliaksi ini bisa dijalankan dari jauh untuk memantau sms masuk, dari yang sudah kejadian adalah pencurian sms kode OTP dan korban isi tabunganya terkuras.

Apa mungkin sebuah malware bisa secanggih dalam film unlocked?

Jawabannya sangat mungkin, bahkan yang lebih gila sudah pernah terjadi di tahun 2008, virus komputer yang mentarget alat tertentu di pengayaan uranium iran dan bisa berjalan sendiri tanpa remote hacker, bagi yang pensaran bisa nonton film dokumenter berjudul Zero Days.

Dalam konteks film yang mengangkat fenomena di masyarakat, korea saya acungi jempol. Film unlocked bisa jadi cara sosialiasi agar masyarakat aware tentang bahaya di tengah canggihnya teknologi. Mereka pernah juga membuat film tentang penipuan lewat telpon yang kalau di Indonesia biasanya nyaar dari undian berhadiah mobil bisa disaksikan dalam film On The Line.


Penjelasan Ending film korea Unlocked

Bagi sobat yang bingung dengan ending film Unlocked saya akan coba jelaskan, kejanggalan dimulai ketika dari awal saat polisi mencurigai pelaku pembunuhan adalah sang anak namun tidak pernah sekalipun ditunjukkan wajah anaknya sehingga penonton mengira anak itu adalah im si wan.

Kejanggalan kedua saat dua polisi hendak menangkap Jun Yeong namun tidak jadi karena orang yang berbeda. Saya sempat menduga bahwa Jun Yeong mungkin operasi plastik, tapi kalau cuma operasi plastik kenapa sang ayah sama sekali tidak mengenali anaknya? aneh.

Semua terjawab di ending film bahwa, Jun Yeong yang diperankan oleh im si wa adalah orang yang sama sekali berbeda. Dia hanyalah mas-mas tukang service HP yang freak, psikopat dan tukang hacking.

Semua korbannya diawali dengan ponsel jatuh yang ia temukan, modusnya sama berpura-pura menemukan tidak sengaja menjatuhkan dan rusak, menitipkan di tempat service dan saat korban mengambil posnselnya dimintai sandi, sambil memperbaiki dipasanglah malware dan kamera pengintai, ngeri.

Digambarkan sosok Jun Yeong pandai memprofiling calon korban dari siapa saja temannya, isi saldonya, sandi pintu masuk rumah, siapa saja yang suka dan tidak suka, hingga hal sederhana makanan favorit, tempat yang sering dikunjungi dll.

Ia memanfaatkan hasil profiling anak polisi sebagai tersangka untuk semua korbannya, dari DNA yang ditinggalkan hingga lokasi penguburan jenasah.

Kembali ke film, saya suka bagaimana twist yang dihadirkan momen dimana jun yeong ketahuan oleh Nami dan para polisi dan itu cerdas nyaris di titik penonton, nami dan sang ayah seakan sudah tak punya harapan.


Pelajaran dari film korea Unlocked

Hati-hati dalam menginstall aplikasi tidak resmi, link yang dikirim random di whatsapp juga seperti cara ayah nami kena phissing.

Termasuk sebenarnya menonton film di situs bajakan yang kebanyakan iklan judi, beberapa diantaranya saat kita klik di manapun akan diarahkan ke sponsor, kalau tidak situs judi ya ke market place atau website gak jelas yang tiba-tiba minta kode otp ke sms, bahaya!

Dan jangan sembarangan service HP, pernah ada postingan viral di twitter screenshot percakapan para tukang service di grup facebook saling berlomba adu temuan data privasi video dan foto yang tersimpan di hp customernya. Buat sobat juga sebaiknya bijak dalam menyimpan data penting dan private di HP.

Oke demikian tadi sobat Campusnesia postingan kita kali ini tentang Alur Cerita, Review dan Penjelasan Ending Film Korea Unlocked, Ketika Im Si Wan jadi Mas-mas Hacker, selamat menonton.



===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon