Review Film Midnight Runners, Ketika 2 Taruna Akpol Korea Memecahkan Kasus Penculikan dan Human Trafficking

 




Campusnesia.co.id - Halo sobat campusnesia? apakah kamu penggemar oppa  Park Seo-joon? jika iya artikel review kita kali ini pasti kamu suka. Yuk bahas film yang ia bintangi bersama dengan  Kang Ha-neul berjudul Midnight Runners yang tayang 9 Agustus 2017 silam.

Mereka berperan sebagai bromance mahasiswa universitas kepolisian korea, atau kalau di indonesia seperti taruna akademi kepolisian (akpol) lah ya. Duduk dibangku sutradara  ada Jason Kim (Kim Ju-hwan) sekaligus sebagai penulis naskah di tahun 2019 kemarin kembali bekerjasama dengan Park Seo Jon dalam film The Divine Fury. Film berdurasi 109 menit ini menghabiskan anggaran US$7 juta, berhasil menghasilkan pendapatan kotor sebasar US$38,7 juta serta berhasil menggaet lebih dari 5,6 juta penonton termasuk sukses besar ya.

Pemeran Film Midnight Runners
Park Seo-Joon beperan sebagai Ki-Joon, anak muda dari keluarga kurang mampu yang masuk Akpol karena keterbatasan financial orang tuanya. Mirip dalam Fight My Way di sini Park Seo Jon berperan sebagai pemuda penuh semangat, setia kawan namun agak lugu alias kurang cerdas.

Kang Ha-Neul berperan sebagai Hee-Yeol, berkebalikan dengan Ki Joon, ia adalah pemuda yang cerdas, penuh perhitungan dan berwawasan luas. Jika kamu suka Kang Ha Neul di drama korea Misaeng pasti suka peranya di film Midnight Runners ini.

Park Ha-Sun berperan sebagai Joo-Hee, instruktur ospek taruna akpol pertama yang julukanya Medusa karena saking galaknya. Sempat pangling ternyata ia adalah pemeran utama di drama korea Ad Genius Lee Tae-baek yang tayang 2013 lalu.

Sung Dong-Il berperan sebagai profesor Yang pengajar para taruna akpol, peranya sebagai polisi senior apik banget, wajar setahun kemudian ikut dalam drama korea Live 2018 yang diperankan Le Kwang So bertema polisi juga.

Masih banyak lagi bintang lainnya, diantaranya  Lee Seung-Hee, Bae Yoo-Ram, Go Joon, ada pula penampilan Ryu Kyung Soo yang tahun 2019 kemarin berperan bersama park seo jon dalam drama Itaewon Class.

Trailer Midnight Runners


Sinopsis Midnight Runners
Midnight Runners bercerita tentang dua orang pemuda yang sedang menempuh pendidikan di Universitas Kepolisian. Saat pelatihan kepolisian, Park Ki Joon (Park Seo Joon) dipertemukan dengan Kang Hee Yeol (Kang Ha Neul). Keduanya memiliki sifat dan latar belakang keluarga yang berbeda.

Ki Joon tumbuh dengan seorang ibu tunggal berpenghasilan rendah. Ia bertekad masuk Universitas Kepolisian karena biayanya gratis. Di sisi lain, Hee Yeol berasal dari keluarga pedagang dan memiliki otak brilian. Ia tertantang untuk belajar di kampus berbeda dari anggota keluarganya yang lain.

Sementara dari segi sifat, Ki Joon merupakan sosok yang blak-blakan, tidak berpikir panjang, dan lugas. Berbeda dengan Hee Yeol yang lebih terencana, banyak berpikir, kaku, dan tidak terbiasa mengungkapkan isi pikirannya secara langsung. Namun, perbedaan tersebutlah yang membuat keduanya cocok.

Pada awalnya, mereka saling mencibir, namun keduanya berakhir menjadi sahabat setelah Ki Joon membantu Hee Yeol yang cedera saat tes akhir. Dua tahun berlalu, suatu hari mereka terlibat suatu masalah yang cukup pelik. Saat sedang menikmati malam layaknya anak muda biasa, Ki Joon dan Hee Yeol menjadi saksi kasus penculikan seorang remaja wanita.

Kasus penculikan ini dilakukan sindikat mafia yang bekerja sama dengan klinik kesuburan. Para wanita yang diculik diambil sel telurnya secara paksa untuk dijual ke klinik kesuburan tersebut. Ki Joon dan Hee Yeol pun bersemangat membongkar kasus ini sesuai teknik dan pengetahuan yang mereka dapat di kampus.

Review Midnight Runners
Bromance persahabatan antara dua lelaki yang bertolak-belakang secara karakter berhasil diceritakan secara baik di awal film. Ini menjadi nilai plus karena kebanyakan film lupa menceritakan latar belakang para karakter utamanya sibuk dengan plot utamanya. Tanpa berlebihan midnight runners berhasil menghadirkan persahabatan itu dengan baik sehingga masuk akan kenekatan-kenekatan yang mereka lakukan di pertengahan hingga akhir film.

Konflik utama yang dibangun juga relatable, isu human trafficking terutama perempuan, praktek kesehatan ilegal sampai isu jual beli organ tubuh manusia.

Dari sisi akting tidak perlu diragukan, baik park seo jon maupun kang ha neul sudah malang melintang di dunia ini. Karakter Ki Joon yang diperankan park seo joon mengingatkan pada drama Fight for  My Way yang ia bintangi di tahun 2017 juga. Lugu, lucu hanya modal otot dan semangat saja. Kang Ha Neul yang diberikan peran berkarakter cerdas juga mengingatkan peranya di drama Misaeng tahun 2014 lampau masih dengan kaca matanya, bedanya di sini ada slengekanya.

Bumbu komedi tidak berlebihan namun pas saat dibutuhkan, sesuai genrenya yang masuk kategori film laga komedi.

Pesan moral yang dihadirkan juga cukup menyentil, bagaimana sebagai aparat penegak hukum harus mengedepankan pertolongan kepada masyarakat kecil serta sesegera mungkin. Ada kutipan menarik tentang teori penanganan kasus penculikan, ada batasan jam kritis di mana kasus harus segera ditangani agar peluang korban bisa diselamatkan dalam keadaan masih hidup semakin besar.

Karakter Ji Hoon dan Hee Yool rela mempertaruhkan masa depan mereka sebagai taruna akpol untuk menyelamatkan seorang gadis yang diculik di depan mata mereka. Pertarungan nurani dibarengi keberanian (kalau tidak mau disebut nekat) membawa mereka menjadi pahlawan dalam membongkar sebuah mafia kesehatan jual beli organ dan praktek klinik ilegal dan human trafficking.

Secara keseluruhan sangat menarik dinikmati sebagai hiburan melepas penat dan mengobati rasa kangen dengan akting opp Park Seo Joon. Buat kamu yang mau nonton film korea Midnught Runners dengan Sub Indo sudah tersedia secara legal di aplikasi Viu dan Vidio. Selamat menonton.

Sebagai penutup ada kutipan menarik "Pacar kamu ganteng? kaya? bisa kayak taruna akpol Ji Hoon dan Hee Yool gak?.." ha ha maaf pak polisi jangan dicyduk cuma bercanda.

penulis: Nandar
Korean Movie Lovers  

**Baca Juga kumpulan review film korea di sini >> Review Film Korea

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »