Review A Hard Day, Film Aksi Korea dengan Multiple Twist




Campusnesia.co.id - Ngomongin film korea, selain akting para aktornya, tema yang diangkat hal paling menariknya adalah ciri khas multiple plot twistnya. Jika dalam kebanyakan film hollywood kita disajikan hanya dengan satu plot twist di akhir cerita, lain halnya dengan rata-rata film korea, satu atau dua plot twist masih kurang hingga yang tersaji adalah rangkaian plot twist sepanjang film.

Jika kamu suka penampilan aktor Lee Sun-kyun dalam film Parasite, A Special Lady atau drama Pasta, My Mister dan Diary of a Prosecutor, kamu pasti akan suka juga dengan penampilanya di film A Hard Day yang akan kita review kali ini.

Disutradarai dan ditulis oleh  Kim Seong-hun, Film A Hard Day yang rilis 29 Mei 2014 berhasil memperoleh pendapatan kotor sebesar US$24,1 juta. Berdurasi 111 menit dengan jajaran aktor yang familiar di perfilan korea seperti Lee Sun-Kyun yang berperan sebagai detektif Ko Gun-Soo, Cho Jin-Woong sebagai detektif Park Chang-Min, Jeong Man-Sik sebagai detektif Choi, Shin Jung-Keun sebagai ketua detektif. dan penampilan sekelebat Park Bo-Gum yang berperan Police Officer Lee.

Sinopsis 
Film A Hard Day menceritakan tentang Detektif Gun-Soo (Lee Sun-Kyun) melewatkan pemakaman ibu mertuanya untuk menghadiri krisis di kantor polisi. Saat mengemudi ke stasiun seorang pria muncul entah dari mana dan Detektif Gun-Soo menabraknya dengan mobilnya. Pria itu sudah mati dan Detektif Gun-Soo panik. Dia menyeret mayat tersebut ke mobilnya dan melemparkannya ke bagasi mobilnya. Hari yang berat Detektif Gun-Soo baru saja dimulai.

Review Film A Hard Day
Secara umum tema film ini adalah tentang kesialan bertubi-tubi yang dialami oleh detektif Gun Soo. Pepatah bijak mengatakan "Serapat-rapatnya bangkai disembunyikan akhirnya tercium juga bau busuknya" dan "Satu kali berbohong hanya bisa ditutupi dengan kebohongan-kebohongan selanjutnya".

Detektif Ko Gun Soo yang susah payah menyembunyikan mayat seorang pria yang ia tabrak harus berfikit keras bagaimana caranya agar mayat tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Dalam posisi terdesak dan dihadapkan dengan masalah di kantor, ia mendapat ide memasukan mayat korban tabrak lari itu ke dalam peti mati ibu mertuanya. Proses ini tidaklah semudah yang saya gambarkan dalam kalimat, kita disajikan ketegangan selama prosesnya, diajak merasakan adrenalin si Ko Gun Soo.

Ia merasa usaha menyembunyikan mayat berhasil, hingga esoknya masuk sebuah telepon misterius seseorang ternyata mengetahui tabrak lari tersebut. Orang itu adalah detektif Park. Soerang polisi narkoba yang ternyata juga mafia. Twist selanjutnya adalah sebelum ditabrak oleh Gun Soo laki-laki yang bernama Lee Kwang-Min adalah mantan anak buah detektif park dalam bisnis narkoba yang berkhianat mengambil uang dan narkobanya. Lee Kwang Min melarikan diri bersama sebuah kunci brankas berisi sesuatu.

Teror yang dilakukan oleh detektif park kepada detektif Gun Soo sangat mengerikan karena melibatkan mafia narkoba hingga rekan kerjanya detektif Choi menjadi korban setelah dianggap tahu masalah yang sebenarnya terjadi. Di sisi lain, Gun Soo juga khawatir identitas pemilik mobil penabran Lee Kwang Min diketahui setelah ada bukti sebuah rekaman CCTV di dekat lokasi kejadian.

Tak ingin terus menerus diteror oleh detektif Park, Gun Soo nekat membalas dengan menaruh bom waktu sitaan dari kasus terorisme di mayat Lee Kwang Min. Twis selanjutnya, ternyata detektif park tidak mati oleh bom tersebut dan perkelahian terjadi di rumah Gun Soo yang berakhir dengan kematian detektif park akibat tertembak oleh ulahnya sendiri.

Nasib Ko Gun Soo diujung tanduk setelah atasan dan kepolisian pusat mengetahui kasus ini, beruntung pimpinan yang merasa ini adalah aib memilih menutup kasus detektif park yang menjual narkoba sitaan dan Ko Gun Soo yang menabrak Lee Kwang Min. Ia memilih mengundurkan diri dan memulai usaha roti bakar besama istrinya.

Akhir Cerita Film A Hard Day
Plot twist terakhir, kunci yang disembunyikan oleh Lee Kwang Min secara tidak sengaja ditemukan oleh Ko Gun Soo di area pemakama mertuanya saat mengambil lagi mayat tersebut. Ia mencari lokasi brankas itu dan mendapati sebuah kejutan yang akan mengubah hidupnya selamanya. Apa itu? silahkan nonton sendiri.

Secara keseluruhan film A Hard Day seru untuk hiburan, jalan cerita dan ketegangan yang disajikan sepanjang film membuat ikut berdebar dan menebak-nebak plot selanjutnya. Selamat menonton.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »