Review Drama Korea The King Eternal Monarch Episode 1-14

9:00:00 AM



Campusnesia.co.id - Jumat 17 April 2020 kemarin drama paling diantisipasi kemunculannya telah tayang perdana, yup The King: Eternal Monarch yang dibintangi oleh Lee Min Ho yang kita ingat sebagai bintang Boys Over Flowers, The Heirs dan City Hunter dan Kim Go Eun kita kenal dalam drama Goblin bersama Gong Yo.

Ada beberapa alasan mengapa drama The King Eternal Monarch paling dinanti dan diantisipasi, pertama ini drama come back Lee Min Ho setelah wajib militer, dan drama Kim Go Eun setelah sukses dalam Goblin dan drama ini ditulis oleh Kim Eun-sook  penulis naskah Goblin.

SBS sebagai penayang di korea selatan, mencatat The King Eternal Monacrh sebagai drama dengan rataing tertingga bahkan melebihi Vagabond rata-rata pemirsa antara 10,1-11,4 persen. Ini adalah rekor terbaru yang dicetak SBS, sebelumnya drama akhir pekan yang pernah mencatat rekor adalah The Fiery Priest (10.4%), Vagabond (10.4%), dan Hyena (10.3%).

Pemeran
Lee Min-ho sebagai Lee Gon
Kim Go-eun sebagai Jung Tae-eul / Luna
Woo Do-hwan sebagai Jo Eun-seob / Jo Young
Kim Kyung-nam sebagai Kang Shin-jae
Jung Eun-chae sebagai Goo Seo-ryung
Lee Jung-jin sebagai Lee Rim

(Spoiler Alert)

Kita akan masuk review drama The King Eternal Monarch episode 1 dan tentu saja akan mengandung spoiler, so buat kamu yang gak mau terpapar spoiler karena belum nonton, sebaiknya jangan lanjut baca, oke?

Review The King Eternal Monarch Episode 1
Adegan dimulai dengan pemberontakan kepada seorang raja korea oleh  Lee Rim diperankan oleh Lee Jung-jin. Tiba-tiba muncul Lee Gon kecil, sebuah seruling bambu kerajaan yang tadinya diambil oleh lee rim terpotong menjadi 2 dan secara tiba-tiba datang penolong minterius menyelmatkan Lee Gon kecil, Dalam kondisi kritis raja kecil menggapai ID card sang penolong yang ternyata seorang polisi bernama Jung Tae-eul.




Setting waktu diperlihatkan tahun 1994, namun sistem pemerintahan kerjaan korea, agak aneh saat menonton di paruh pertama drama yang berdurasi 1 jam 8 menit ini. 

Tiba-tiba kita dibawa ke masa sekarang, atau tepatnya 25 tahun setelah kejadian kematian sang raja korea. Lee Gon sudah besar diperankan oleh Lee Min Ho dan tema kecilnya kini jadi pengawal pribadi bernama Jo Young diperankan oleh Woo Do-hwan, bromance keduanya sepertinya asyik, karena sudah bersahabat sejak kecil.



Kemunculan Kim Go Eun sebagai Jung Tae-eul diceritakan dalam adegan sekelompok polisi yang sedang menyelidiki sebuah kasus judi online, namun penangkapan itu berubah jadi kasus pembunuhan misterius setelah ditemukan mayat di TKP.


Menjelang akhir, kita disajikan Lee Gon mengejar sesosok misterius yang mengenakan kostum kelinci yang gagal ditangkap saat kejadian pasca lomba dayung, ia mengejar hingga masuk sebuah hutan bambu di kawasan kerjaan, ada sebuah gapura dari batu yang aktif dan ia menerjang sambil menunggang kuda.

Tiba-tiba ia sampai di kota, saya masih bingung sebenarnya, drama ini konsepnya akan seperti apa, beberapa tokoh sama tetapi merasa asing satu sama lain dengan keadaan sekitar, jangan-jangan...


Saya menahan diri untuk menebak-nebak, saat akhirnya Lee Gon bertemu dengan Jung Tae Eul, ia memeluk dan mengucapkan terima kasih tetap Jung Tae Uel merasa aneh dan tidak kenal.





Di sini pertanyaan saya sepanjang drama baru terjawab tepatnya di bagian akhir drama, ternyata ada DUNIA PARALEL, iya kamu tidak salah baca, ada 2 dunia korea yang orangnya sama  tetapi berbeda, kalau kamu pernah nonotn Serial Star Trek Discovery atau kamen rider Decade pasti paham apa itu dunia paralel, yaitu 2 dunia saya berjalan pada waktu yang sama, orang yang sama tetapi jalan cerita berbeda.


Contoh dalam drama ini, sistem pemerintahan di Dunia Lee Gon adalah kerjaan dan di dunia Jung Tae Uel adalah presiden. 


Bagaimana kisah selanjutnya? kita kita bahas di review drama korea The King Eternal Monarch Episode 2. 

Review The King Eternal Monarch Episode 2



Di episode ke dua, mulai terkuak beberapa misteri di episode 1, dunia paralel sudah dipastikan, 2 dunia, orang yang sama dengan jalan cerita yang berbeda bahkan namanyapun sama.

Jo Yong di dunia Corea menjadi pengawal Lee Gon dan bersifat serius sedangkan di dunia Jung Tae uel bersifat lucu.
                             
Lee Gon akhirnya memilih untuk hidup di dunia paralel karena senang sekali bisa bertemu dengan Jung Tae Uel, ia menggunakan uang hasil penjualan berlian dan emas di bajunya dan hidup di hotel, ia memperlajari apa perbedaan antara 2 dunia paralel ini.


Suasana komedi mulai muncul, awkward moment antara raja yang percaya diri dan jung ta uel yang serba kebingungan menganggap Lee Gon orang gila.

Review The King Eternal Monarch Episode 3
Di episode ini semua masih misterius, teman jang tae ul yang sesama polisi merasa familiar dengan logo kerjaan corea di pelana kuda lee gon, apakah mungkin ia pernah ke dunia paralel?

Lee Rim selama ini diketahui sudah sering pulang pergi ke dunia paralel, kini ia memgumpulkan pengikutnya dahulu, akankah melakukan kudeta lagi?

Lee Gon mengalami kesakitan saat ada petir, ia akhirnya memutuskan kembali ke dunianya.

Hasil tes DNA nihil, tidak terdaftar di dunia jang tae ul. Ia makin bingung dengan apa yabg dihadapi.

Bagaimana kelanjutannya? Nantikan review episode 4 besok.

Review The King Eternal Monarch Episode 4

Lee Gon kembali ke dunia Jang Tae Ul dan mengajaknya ke dunianya yaitu kerajaan corea, jadi semakin menarik.

Review The King Etrrnal Monarch Episode 5

Jang Gae Ul diberikan waktu untuk jalan-jalan di dunia paralel kerajaan Corea. Ia mendatangi tempat-tempat familiar di dunianya seperti kantor polisi tempat ia bekerja, busan yang jadi ibu kota budaya, tempat taekwondo hingga rumahnya berharap bertemu sang ibu di dunia paralel.



Lee Gon sangat senang dengan kehadiran Jang Tae Ul di dunianya, hingga ia nekat putar balik helikopternya saat mengetahui Jang tae Ul tersesat di busan dan tak bisa kembali karena kehabisan uang.

Lee Rim semakin misterius dengan apa yang hendak dilakukan, ia menemui kembarang orang-orang dari dunia asli yang punya kembaran di dunia paralel, menawarkan kehidupan yang sejahtera namun belum tahu sebenarnya apa rencananya, dugaan saya pasti rencana jahat.

Jang Tae Ul, Lee Gon dan Perdana Menteri Ko bertemu, apa yang akan terjadi? Tunggu review episode 6 besok. 

Review The King Etrrnal Monarch Episode 6

Jang Tae Ul melalui hari-hari di dunia nyatanya sambil menunggu kedatangan lee gon, tanpa ia sadari ternyata ia "rindu"?

Sementara di kerajaan Corea, Lee Gon sedang di atas kapal perang, menghalau armada laut jepang yang menerobos wilayah kerajaan Corea. Menengangkan sih dan scene tembakan dari kapal perang realistis sekali. Ternyata di dunia paralel kerajaan Corea sering berseteru dengan jepang.

Ada beberapa fakta baru yang menarik, misal Lee Gon tahu bahwa Lee Rim anak dari Buyeong ternyata masih hidup, hasil autopsi yang aneh pada mayat Lee Rim yang ditemukan di pinggir laut adalah kembaran Lee Rim dari dunia Jang Tae Ul.


Jang Tae Ul meneumukan perkembangan bukti dari kasus Lee Sang Do, isi rekaman di HP jadul yang ia temukan di TKP berisi berita, namun nama rokoh dan daerah yang disebutkan dalam berita itu bukan dari dunianya melainkan dari dunia paralel. Wow semakin bikin penasaran ya.

Kita nantikan kelanjutan episode 7 minggu depan.



Review The King Etrrnal Monarch Episode 7

Makin rumit Lee Gon membawa Jo Yong ke duia paralel dan bertemu kembaranya Ja Seup membuat ia syok hingga pingsan.

Misteri mulai terkuak, kematian Lee Rim yang dipalsukan, Jang Tae Ul menyelidiki kembaran yang dijadikan kambing hitam Lee Rim dari hasil autopsi. Diketahui pula, Lee Gon di dunia paralel telah dibunuh Lee Rim sejak maaih kecil makanya tak ada kembaran dewasa.

PM Ko dapat informasj kalau wanita yang bersama Lee Gon adalah narapidana, yang dimaksud adalah kembaran Jang Tae Ul yaitu Luna. Ini akan membuat masalah menjadi rumit.



Review The King Etrrnal Monarch Episode 8

Ternyata Shin jae teman jang tae ul adalah orang dari kerajaan corea, sepertinya waktu kecil ia dibawa menyeberang dan hilang ingatan. Makin seru.

Review The King Etrrnal Monarch Episode 9

Kasus Le jang De terpecahkan, yang mati di republik korea adalah orang dari kerajaan corea dan yang menjadi perawat kuda raja lee gon adalah orang dari dunia jang tae ul.

Sin Jae depresi dan mengasingkan diri karena menyadari bahwa dia berasal dari kerajaan corea sesuatu yang sangat tidak masuk akal.

Eun Sup dan Je Yeong bertukar peran, eun suo menjadi pengawal raja sedang yeong menyelidiki para "exodus" serta menunggu jika bertemu dengan Lee Rim harus segera menangkap dalam keadaan hidup atau mati.


Untuk kali pertama Lee Gon dan Lee Rim berbicara melalui telepon milik anak buah lee Rim yang tertangkap, di akhir scene terjadi pertemuan di jalanan. Lee Gon baru menyadari bahwa ternyata Lee Rim tidak beranjak tua, jadi walau sudah ditempatkan pengawal di sekitar hutan bambu sepertinya lolos karena kriterianya adalah orang dengan usia 70-an padahal lee Rim tidak menjadi tua.

Lee gon sementara berkesimpulan bahwa tujuan lee Rim mengambil seruling adalah untuk dapat keabadian. 


Review The King Etrrnal Monarch Episode 10
Lee Rim mengunjungi ayahnya yang menjadi pemimpin wilayah selatan kerajaan corea, ia membunuh pangeran Buyong. Lee Gon sangat terpukul dengan kejadian ini dan sangat marah.

Jang Tae Ul akhirnya tahu kalau Sin Jae berasal dari kerajaan corea. Ini akan semakin seru perburuan para exodus akan terus dilakukan demi mejaga keseimbangan dunia paralel.

Preview episode 11 sangat membuat penasaran, jang tae ul terlihat berdarah-darah memegang pistol dan meminta pertolongan Lee Gon. Sepertinya terjadi chaos baku tembak di kerajaan corea, apa yang terjadi? kita tunggu episode 11 dan 12.

Review The King Etrrnal Monarch Episode 11
Jang tae ul diculik oleh Lee Lim dan disekap di kerajaan corea. Sementara entah bagaimana PM Koo bisa menyeberang juga ke republik korea.

Review The King Etrrnal Monarch Episode 12
Yeong mengejar orang yang mirip PM Koo an ditembak oleh orang yang tak dikenal. Jang Tae Ul diselematkan oleh Lee Gon dari kejaran kawanan Lee Lim.

PM Ko bertemu Le Gon, dan ketika terjadi hujan dan petir saat le gon kesakitan ia juga merasa kesakitan, apakah PM Ko beneran menyeberang ke republik korea? jika demikian siapa yang membawanya?


Review The King Eternal Monarch Episode 13
Kembaran PM Ko ternyata sudah dubunuh di republik korea, sungguh tragis dan tidak percaya PM Ko bisa termakan oleh iming-iming Lee Lim, karena ulahnya menyeberang ke kerajaan korea kini ia juga mengalami kesakitan saat ada petir, ia dipecat oleh raja dan posisinya diganti oleh wakil PM karena skandal memata-matai secara rahasia.

Cerita episode 13 makin misterius, Luna mendatangi Lee Gon di hoten dan menaruh racun di minuman hingga pingsan, sesaat sebelumnya raja menyadari ia mengenakan pakaian yang sama dengan penolongnya waktu kecil.

Asumsi saya, penolong Lee Gon waktu kecil adalah ia sendiri yang bisa jadi datang dari masa depan, atau universe lain.

Oh ya, dalam episode 13 yang tayang terlambat dari biasanya juga terungkap bahwa wanita istana sebenarnya datang dari republik korea era 1950an, diajak oleh kakek Lee Gon, apakah perjalanan antar dimensi ini sudah terjadi sejak jaman dahulu kala? 

Review The King Eternal Monarch Episode 14
-- coming soon --


penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »