sponsor

5 Bimbingan Belajar Populer di Indonesia

1:40:00 PM

1. Ganesha Operation (GO)


Ganesha Operation merupakan salah satu bimbel ternama di Indonesia. Bimbel asal Bandung ini telah berkiprah di dunia bimbel hampir 30 tahun sejak berdirinya tahun 1984. Sampai saat ini ada sekitar 411 outlet dimilikinya, tersebar di kota-kota besar di seluruh penjuru tanah air. Ganesha Operation telah banyak menjadi pilihan para siswa yang ingin meningkatkan kemampuan akademik mereka. 

Berbagai program bimbingan ditawarkan mulai yang ditujukan untuk siswa SD hingga siswa SMA. Namun jikalau melihat sejarah awal pendiriannya Ganesha Operation merupakan bimbel yang ditujukan bagi siswa SMA yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi. Dan rata-rata mereka yang mengambil program bimbel di sini mengincar perguruan-perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia.


2. Primagama


Bagi Anda primagama mungkin tidaklah asing karena memang lembaga bimbel satu ini memang kerap mengiklankan diri di stasiun televisi. Bimbel asal Jogja ini sangatlah populer di Indonesia, Primagama didirikan pada tahun 1982 atau 32 tahun yang lalu oleh Purdi E Chandra. Yang menarik, pendirian Primagama ini dilakukan pendirinya di saat ia masih menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri di Yogyakarta. Sampai saat ini Primagama telah memilikai outlet bimbelnya sekitar 700-an di seluruh Indonesia. Primagama berekspansi cepat di Indonesia karena menggunakan sistem franchise dalam membangun lini  jaringan bisnisnya. Primagama membuka program bimbel mulai untuk siswa kelas tiga SD hingga siswa SMA.


3. Nurul Fikri


Nurul Fikri merupakan bimbel bernuansa islami terbesar yang ada di Indonesia. Berdiri di Jakarta, Nurul Fikri dirintis oleh para mahasiswa muslim lulusan alumni Universitas Indonesia pada tahun 1985. Bimbel ini saat ini berada di bawah naungan yayasan Nurul Fikri. Hingga saat ini ada sekitar 87 outlet bimbelnya di seluruh Indonesia. Untuk saat ini memang nurul fikri masih terpusat di kota-kota besar, namun rencana untuk terus memperluas jaringan bimbelnya ke seluruh penjuru tanah air juga masih diupayakan. 

Hal yang membedakan Nurul Fikri dengan bimbingan yang lain adalah bahwa di sini memang memasukkan unsur-unsur islami dalam program bimbingan belajarnya. Jadi ada program untuk bimbingan akhlak dan motivasi yang diberikan kepada para pesrta didiknya. Selain itu pula bahwa di Nurul Fikri juga memiliki staf pengajar berkualitas yang banyak direkrut dari perguruan-perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Ada pula program beasiswa untuk siswa yang mendapatkan hasil yang baik dalam ujiannya.


3. Sony Sugema College (SSC)


Berdiri tahun 1990 di Bandung, SSC berawal hanya dari modal sebesar 1,5 juta rupiah oleh seorang lulusan ITB bernama  Sony Sugema. Sony Sugema sendiri telah mulai membuka bimbingan belajarnya semenjak kelas 2 SMA (15 tahun) dengan mengajari teman-teman sekelasnya secara mandiri. Kini SSC telah bertransformasi pesat menjadi salah satu bimbingan belajar yang banyak dicari oleh para siswa yang ingin meningkatkan kemampuan akademiknya. SSC banyak tersebar di kota-kota besar di Indonesia. 

Dalam pengajarannya SSC menerapkan konsep ‘The Fastest Solution’ dan ‘learning is fun’. Konsep ini dibuat agar peserta didik bisa menyelesaikan soal-soal yang dirasa sulit dengan cara yang simpel dan cepat serta memberikan suasana atmosfer belajar yang menyenangkan bagi para peserta didiknya. Kedua metode inilah yang dirasa SSC mengapa banyak para siswa yang menentukan pilihat progam bimbelnya di sini. Selain itu SSC mengklaim juga bahwa dalam menejemen perusahaannya, menerapkan pola manajemen Kaizen/sistem manajemen yang tidak pernah puas untuk terus melakukan perbaikan dan inovasi dalam usaha yang digeluti.


4. Neutron


Lembaga bimbel yang berkantor pusat di Yogyakarta ini juga merupakan bimbel ternama di Indonesia. Lembaga bimbel satu ini juga telah tersebar banyak di wilayah Indonesia, terutama pada kota-kota yang ada di Pulau Jawa. Lembaga bimbel ini membuka program bimbingannya mulai dari siswa tingkat 4 SD hungga siswa SMA. Banyak program ditawarkan dan semua disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya. Tarifnya pun juga lebih terjangkau jikalau dibandingkan dengan lembaga-lembaga lain. 

Dalam pengajarannya Neutron mengguanakan konsep penalaran. Neutron mengkalim bahwa dengan cara ini banyak siswa bimbingannya yang lebih mudah dan lebih cepat mengerti pelajaran yang diberikan di sekolah. Banyak pula siswa bimbingan neutron yang  berhasil dalam menembus persaingan ketat memasuki perguruan-perguruan tinggi negeri di Indonesia.

5.Kumon 


Metode Kumon yang diperkenalkan oleh seorang pendidik Jepang, Toru Kumon (di Osaka pada tahun 1958) merupakan sistem pendidikan matematika dan bahasa inggris yang paling besar di dunia. Sampai pada bulan Maret 2007, lebih dari 4 juta anak belajar menggunakan metode Kumon melalui lebih dari 26.000 lembaga pendidikan Kumon di 47 negara. Di bagian Amerika bagian utara saja, lebih dari 240.000 pelajar menggunakan metode ini melalui 1.400 pusat pendidikan Kumon di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

Pada tahun 2002, lembaga Kumon di Jepang ini memperkenalkan sebuah logo perusahaan dalam bentuk "Wajah pemikir". Logo ini melambangkan seorang anak yang sedang berpikir pada saat belajar yang dinyatakan pada huruf “o” dari kata “Kumon”. Logo ini kemudian secara resmi digunakan di Amerika Serikat pada bulan Maret 2003.

sumber: 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »