Reportase KKN: Tim KKN Undip Bantu Branding Rengginang Jadi Produk Unggulan Desa Gemuh

 


Campusnesia.co.id -  Rengginang sudah lama menjadi salah satu produk unggulan yang diproduksi oleh warga Desa Gemuh, salah satunya adalah Mbah Darjumi. Bahkan Rengginang yang diproduksi oleh Mbah Darjumi sudah berjalan selama kurang lebih puluhan tahun sebagai usaha rumahan. 

Hingga saat ini Mbah Darjumi masih menggunakan bahan yang alami dan alat tradisional untuk memproduksi rengginangnya. Ketan adalah bahan utama dalam pembuatan rengginang dan bumbu yang ditambahkan hanyalah garam untuk menambah cita rasa gurih.
Meskipun sudah berdiri selama puluhan tahun, belum ada upaya untuk menambah nilai jual produk rengginang Mbah Darjumi.

 Akan tetapi, bahkan setelah puluhan tahun pun belum ada usaha untuk menambah nilai jual Rengginang yang diproduksi oleh Mbah Darjumi tersebut. Yang mana saat ini Rengginang tersebut dijual dengan harga sekitar Rp. 30.000 per kilogram. Setiap 1 kilogram berisi sekitar 30 sampai 40 biji rengginang tergantung ukurannya. Harga ini masih tergolong rendah dengan nilai jual setiap bijinya sekitar Rp. 300. 

Kelompok KKN Tim 1 tahun 2023 Desa Gemuh berusaha untuk melakukan branding produk rengginang Mbah Darjumi. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual rengginang tersebut. Selain melakukan branding produk, Tim KKN Undip juga membuat banner dan memasukkan lokasi rumah produksi rengginang Mbah Darjumi ke google maps agar lebih mudah ditemukan. Kegiatan lain yang dilakukan adalah membuat merk dagang. Mahasiswa KKN juga membantu untuk mempromosikan produk unggulan Rengginang pada website Desa Gemuh.


Sebagai upaya pemasaran, Tim 1 KKN Universitas Diponegoro Desa Gemuh akan membantu mencarikan pasar agar Rengginang tersebut dapat memiliki pasar yang lebih luas lagi. Dengan pasar yang lebih luas, maka diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menemukan lapangan kerja di rumah produksi. Dengan demikian masyarakat dapat lebih sejahtera. 

Dalam pelaksanaan kegiatan, mahasiswa KKN dibantu oleh kelompok PKK Desa Gemuh dalam proses pendaftaran PIRT (Produk Industri Rumah Tangga) produk unggulan Desa Gemuh. Selain itu,  kelompok PKK juga membantu untuk pemberdayaan ibu-ibu di Desa Gemuh. 

Dengan dukungan tersebut, program yang dilakasanakan oleh KKN Tim 1 Universitas Diponegoro ini berjalan dengan lancar dan baik. Yang mana program multidisiplin tersebut sudah terlaksana pada tanggal 2 Februari 2023 dengan judul ”Upaya Branding terhadap UMKM Rengginang Desa Gemuh sebagai Produk Unggulan Desa Gemuh”.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon