Reportase KKN: Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Sistem Pengelolaan Air Bersih Berkelanjutan

 


Campusnesia.co.idBatang (04/02/2023) Air merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar untuk menunjang kehidupan masyarakat. Akses terhadap air dan sanitasi bahkan diakui PBB sebagai hak asasi manusia, yang mencerminkan pentingnya peran air dalam kehidupan manusia. 

Namun, umat manusia menghadapi beberapa tantangan disebabkan sumber dan ketersediaan air menjadi masalah mendesak yang perlu ditangani. Masalah air bersih merupakan hal yang sangat penting dan masih menjadi permasalahan besar di sebagian wilayah pedesaan di Indonesia. 

Desa Sigayam merupakan bagian dari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang yang memiliki permasalahan buruknya kualitas air  yang dapat  memperhambat  kesejahteraan  warga desa. 

Hal ini dapat sangat menghalang aktivitas warga desa setempat lantaran air merupakan salah satu sarana pokok yang dibutuhkan warga, yakni untuk minum, memasak, mandi dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, TIM KKN UNDIP 2022/2023 berupaya mengusung tema Edukasi Terkait Rencana Desain dan Kriteria Sistem Pengelolaan Air Bersih  Berkelanjutan  di  Desa  Sigayam.
 

Buruknya kualitas air yang ada di Desa Sigayam terjadi saat musim hujan dan distribusi prasarana air bersih yang belum secara menyeluruh dapat diakses oleh masyarakat Desa Sigayam.  

Permasalahan paling menonjol Desa Sigayam masih direpotkan mengenai pengolahan dan sistem distribusi air bersih yang kurang memadai, dikarenakan air yang disalurkan ke rumah-rumah warga setempat  seringkali terkontaminasi kotoran seperti lumpur maupun tanah yang dapat mengganggu kesehatan warga desa yang menggunakan air tersebut. 

Sumber air bersih masyarakat Desa Sigayam berasal dari mata air terbuka yang tidak memiliki sarana prasarana pendukung serta tidak adanya sistem drainase. Keadaan  tersebut  akan berpengaruh terhadap tingkat  sanitasi warga. Selain itu juga menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti diare, kolera, disentri, demam tifoid dan polio akibat  kekurangan air bersih untuk menjaga kebersihan diri.  

Terkait  permasalahan di atas, mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2022/2023  berinisiatif melaksanakan kegiatan edukasi kepada masyarakat sebagai sasaran penting untuk mengatasi permasalahan air bersih mengenai rencana desain pembuatan tandon air untuk menampung air bersih sebelum disalurkan kepada warga terutama saat musim hujan sehingga kuantitas air yang dibutuhkan warga dapat terpenuhi. 
 
Kegiatan program multidisiplin bertemakan Edukasi Terkait Rencana Desain dan Kriteria Sistem Pengelolaan Air Bersih  Berkelanjutan  di  Desa  Sigayam dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2023 dengan sasaran Ibu-ibu PKK dan perangkat Desa Sigayam. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa melalui power point presentasi. Ibu-ibu PKK menyambut dengan antusias pemaparan mahasiswa terkait program Edukasi  Rencana  Desain dan Kriteria Sistem Pengelolaan  Air Bersih ini, karena sangat dibutuhkan bagi masyarakat Desa Sigayam untuk mengatasi permasalahan air bersih. 

Antusiasme ibu-ibu PKK dan perangkat  desa terhadap program yang diusung oleh mahasiswa KKN Undip membuktikan bahwa program Edukasi  Rencana  Desain dan Kriteria Sistem Pengelolaan Air Bersih ini tepat guna dan dapat menyelesaikan permasalahan  yang ada di masyarakat. 

Harapan dari dilakukannya kegiatan ini adalah masyarakat dapat mengembangkan  gambaran terkait contoh dan desain dari sistem pengolahan air yang baik, barangkali rencana desain tersebut diharapkan mampu ditindaklanjuti masyarakat desa kedepannya. 



===

Promo Paid Publikasi Reportase KKN Undip:
Untuk sobat Campusnesia yang ingin reportase KKN nya dimuat di media online Campusnesia.co.id bisa mengiriman rilisnya ke alamat email: Campusnesia@gmail.com dengan subjek Reportase KKN, jangan lupa sertakan Body Email yang terdiri dari salam pembuka, perkenalan diri, maksud dan tujuan serta salam penutup.

Tarif publikasi reportase KKN tahun 2023 sebesar Rp 20.000 bisa dibayar Lewat transfer rekening bank atau Qris, info lebih lanjut tentang program paid publikasi reportase KKN bisa whatsapp ke nomer 085292613001 atau >> klik di sini <<

Jika ingin melihat dan membaca contoh reportase KKN yang sudah pernah dimuat bisa klik di sini >> Kumpulan Reportase KKN <<

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon