Reportase KKN: Mahasiswa KKN Undip Buat Alat Perangkap Hama Padi

 


Campusnesia.co.id -  Klaten 31/01/2023. Sebuah alat perangkap hama padi telah berhasil dikembangkan dan menginspirasi petani Desa Karangdowo. Alat perangkap hama padi ini diciptakan oleh Mahasiswa Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi Undip Romy Deswanto.

Mahasiswa tersebut mencoba membantu para petani di Desa Karangdowo untuk mengurangi hama padi dengan alat buatannya.

Penggunaan alat ini sangat membantu petani, yakni untuk mengurangi hama yang telah mengambil biji padi. Selain itu, hama padi juga sangat merugikan petani sehingga menjadi salah satu penyebab petani mengalami gagal panen.

Menurut pendapat para petani Desa Karangdowo, mereka mendapat wawasan baru terkait sosialisasi alat perangkap hama padi, sehingga petani mampu mengendalikan penyebaran hama padi.


"Sosialisasi alat perangkap hama padi dari Mas Romy telah memberi wawasan pada kami selaku petani untuk membuat alat tersebut, sehingga dapat mengendalikan hama padi dengan cukup signifikan".

Sebagai solusi tambahan, Romy juga telah membuat video tutorial alat ini sehingga para petani yang belum sempat hadir bisa mengikuti tata cara pembuatan alat ini.

Penggunaan alat perangkap hama padi menjadi solusi untuk mengendalikan penyebaran hama padi. Petani Desa Karangdowo berharap kedepannya akan membuat lebih banyak alat ini untuk dapat mengendalikan hama padi menjadi lebih signifikan.
 
Penyerahan alat perangkap hama dilakukan pada tanggal 31 Januari  2023 bertempat di pesawahan Desa Karangdowo, Kab. Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Penyerahan diterima oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN). Mereka berharap Alat Perangkap Hama Padi dapat menjadi langkah pertama pengendalian hama padi dengan memanfaatkan teknologi bagi petani Desa Karangdowo.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon