Profile dan Sejarah Perusahaan CorelDraw dan Daftar Software Desain Keluarannya

 


Campusnesia.co.id - Sebelum era Canva, untuk membuat sebuah desain kita membutuhkan software seperti Adobe Photoshop. Selain itu ada satu software desain untuk komputer dan laptop yaitu CorelDraw.

Jika photoshop identik untuk mengedit foto dan membuat efek khusus, CorelDraw identik untuk desain yang berbasis vector dimana salah satu kelebihannya adalah ketika diperbesar dan diperkecil kualitas filenya tetap bagus.

Lewat postingan kali ini, yuk kita bahas tentang Profile dan Sejarah Perusahaan CorelDraw.

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.

Versi CorelDRAW untuk Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi terakhir untuk Linux adalah versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun perlu di jalankan dengan Wine) dan Untuk OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001).


Sejarah CorelDraw

Pada tahun 1987, Corel menyewa programer untuk membuat suatu aplikasi grafik berbasis vektor. yaitu, Michel Bouillon dan Pat Beirne. Aplikasi ini kemudian diumumkan awal pada tahun 1989.

Corel DRAW 10-X4 dapat membuka berkas versi 3 dan setelahnya dengan beberapa fungsi yang hilang karena tidak mendukung fungsi-fungsi tersebut. Versi berkas yang dapat dibuka kurang lengkap untuk Windows 10 CorelDraw X7 memerlukan pembaruan ke-5.

Berkas yang juga termasuk ke dalam pengelompokan ini. CorelDraw Compressed, berkas CorelDraw Terkompresi (.CDX) CorelDraw Template, berkas tempelat CorelDraw (.CDT)
CorelDraw Presentation Exchange, berkas Presentasi CorelDraw (.CDX).


Produk sofware desain keluaran Corel

Illustration & Design
CorelDRAW Graphics Suite (Windows/Mac)
CorelDRAW Standard 2021
CorelDRAW Essentials 2021
Corel Vector

CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.


Technical Graphics
CorelCAD 2023 (Windows/Mac)
CorelDRAW Technical Suite
XVL Studio 3D CAD Corel Edition

CorelCAD adalah aplikasi desain berbantuan komputer untuk desain 2D dan 3D. Ini bekerja pada sistem operasi macOS dan Windows. Ada juga aplikasi seluler CorelCAD untuk perangkat Android dan iOS, tetapi membutuhkan lisensi agar dapat diakses. 


Mac Compatible
CorelCAD 2023 (Windows/Mac)
CorelDRAW Graphics Suite (Windows/Mac)






sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW


===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon