Loading...

Profil dan Sejarah Freepik, Situs Penyedia Desain Grafis dan Gambar Ilustrasi





Campusnesia.co.id - Artikel ini kami dedikasikan untuk Freepik, situs penyedia gambar ilustrasi yang sering kami gunakan sebagai tumbhnail.

Jika sobat bertanya kenapa beberapa gambar ilustrasi dan tumbhnail artikel di Campusnesia ada watermark Freepiknya karena memang kami memilih yang free copyright dan common creative.

Sebagaimana kita tahu di situs Freepik ada gambar dan desain yang grartis dan berbayar jika digunakan dengan kelebihan jenis file edit-able dan tanpa watermark.

Profil Situs Freepik
Freepik adalah bank gambar dengan perusahaan produksinya sendiri yang menawarkan lebih dari 10 juta sumber daya grafis.

Di antara konten visual yang diproduksi dan didistribusikan oleh platform online, sobat dapat menemukan foto, PSD, ilustrasi, dan vektor. 

Platform ini bekerja di bawah model freemium, yang berarti bahwa pengguna dapat mengakses banyak konten secara gratis, tetapi juga memungkinkan untuk membeli langganan untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya.

Freepik didirikan pada 2010 di Malaga dengan ide untuk menyediakan sumber daya grafis gratis untuk desainer di seluruh dunia. Platform gambar saham Spanyol digunakan oleh beberapa juta pengguna, termasuk perusahaan multinasional seperti Microsoft, FedEx, Amazon atau Spotify. 

Platform ini merupakan bagian dari Freepik Company, sebuah perusahaan yang telah dipilih oleh Financial Times sebagai salah satu dari tiga puluh perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di benua Eropa. Selain itu, Freepik Company adalah merek induk dari 3 platform kreatif lainnya: Flaticon, Slidesgo dan Storyset. 

Konten produk Perusahaan Freepik dibuat oleh desainer perusahaan dan lebih dari 10.000 kolaboratornya. 

Pada tahun 2020, perusahaan investasi Swedia EQT 8 mengakuisisi saham mayoritas di Perusahaan Freepik. 

Menurut Alexa Ranking, pengukur popularitas situs web, Freepik berada di peringkat 107 dalam lalu lintas internet global. 


Sejarah Singkat Situs Freepik
Freepik didirikan pada 2010 oleh saudara Alejandro Sánchez dan Pablo Blanes, bersama dengan teman mereka Joaquín Cuenca, pendiri Panoramio (diakuisisi oleh Google ). 

Pada awalnya itu adalah mesin pencari yang mengindeks konten dari 10 situs web konten gratis teratas untuk desainer. 

Pada tahun 2014, Freepik berhenti menjadi mesin metasearch dan menjadi produsen sumber daya grafis gratis berskala besar. 

Pada tahun 2015 model berlangganan diluncurkan. Pengguna yang membayar akun Premium memiliki akses ke lebih banyak sumber daya dan konten eksklusif di platform, tanpa perlu atribut.

Pada tahun 2018 Freepik mengubah identitas visualnya dan memperkenalkan logo baru. Desain ulang ini mencakup font baru, isotipe yang dimodifikasi, serta palet warna. Tujuan dari perubahan ini adalah untuk mendefinisikan kembali citra merek dan membawanya lebih dekat ke tren desain grafis.

Pada tahun 2020 selama wabah Corona, sebagai bagian dari inisiatif CSR Perusahaan Freepik, Freepik menawarkan sumber dayanya secara gratis kepada petugas kesehatan, pendidik, jurnalis, dan pekerja di lembaga publik.


Data Singkat Freepik:
Jenis Perusahaan: Desain Grafis - Fotografi
Tahun Berdiri: 2010
Pendiri:  Alejandro Sanchez, Pablo Blanes, Joaquin Cuenca
Lokasi: Kampus Malaga, Spanyol
Akun Twitter: Freepik (@freepik) 

Keuntungan Menggunakan Akun Premium Freepik

1. Mendapatkan Kualitas Tertinggi
Dengan akun premium kita tidak akan dibatasi dalam mendapatkan kualitas tertinggi dari suatu produk yang ada di Freepik. Beda jika kita menggunakan akun gratisan. Di beberapa produk pasti akan ada limitasi kualitas dari produknya.

2. Unlimited Download
Nah yang satu ini cocok sekali jika kalian memang seorang yang bekerja sebagai desainer atau semacamnya yang memang membutuhkan desain secara terus menerus. Saya merekomendasikan kalian untuk segera upgrade akun kalian ke premium. Karena dengan akun premium kalian tidak akan dibatasi dalam mendownload resource yang ada di Freepik.

3. Tidak Perlu Menambah Atribusi
Dengan license yang sudah termasuk dalam akun premium, kalian tidak perlu mencantumkan atribusi dengan sang kreator yang kalian gunakan desainnya. Beda jika kalian menggunakan akun gratis, kalian harus menambah atribusi sang kreator.

4. Tidak Ada Iklan
Dengan akun premium Freepik kalian tidak akan melihat iklan sama sekali di situsnya. Tentu ini sangat membantu ketika anda akan mencari resource, anda akan lebih fokus daripada menggunakan akun free yang terdapat banyak sekali ads/iklan.

5. Mendapat Priority Support
Dengan akun premium kalian juga akan mendapat fitur bantuan prioritas. Jadi misal kalian ada kendala dalam mendownload atau hal lainnya di situs Freepik, kalian berhak menghubungi customer service Freepik. Dengan begitu kalian tinggal duduk santai menunggu masalah kalian diatasi oleh pihak Freepik. (sumber: https://idcopy.net/)


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys