Dukung Digitalisasi Desa, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pemberdayaaan Masyarakat Melalui Pelatihan Pembukuan Digital UMKM di Desa Sidakaton



Campusnesia.co.id - Tegal (26/01/2023) Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler TIM 1 UNDIP periode 2022/2023 dilaksanakan secara luring di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah. 

Mahasiswa KKN UNDIP memiliki program yang memiliki peranan penting dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat, salah satunya Meidianza (21) yang merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi Perpajakan angkatan 2019 yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. 

Dalam pelaksanaannya, program kerja monodisplin yang dilaksanakan yaitu kegiatan sosialisasi pelatihan pencatatan pembukuan bagi para pelaku UMKM berbasis digital melalui aplikasi buku kas secara door to door. Pelaksanaan program kerja tersebut dilaksanakan dengan sasaran pada pelaku UMKM dari beberapa RW di Desa Sidakaton.

Desa Sidakaton selain dikenal dengan sebutan Kampung Warteg, banyak beberapa warga
yang memiliki usaha baik itu usaha toko kelontong, produk UMKM, dan toko lainnya masih
belum melakukan proses pencatatan pembukuan dengan baik dan benar, karena masih ada
beberapa warga yang memiliki usaha masih belum bisa memisahkan dana untuk keperluan
pribadi dan usaha. 


Selain itu, beberapa warga masih melakukan proses pencatatan secara manual dan terdapat beberapa kekeliruan dalam mengelompokkan pengeluaran dan pemasukan usaha. Oleh karena itu, dengan permasalahan yang ditemui di lapangan menjadikan hal tersebut sebagai program kerja monodisiplin serta mendukung program digitalisasi desa di Desa Sidakaton untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pencerdasan kepada masyarakat dengan diselenggarakannya sosialisasi pembukuan berbasis digital melalui aplikasi Buku Kas kepada masyarakat Desa Sidakaton.

Proses perkembangan teknologi dan arus digital yang terus berkembang, pembukuan berbasis digital memiliki peranan penting bagi UMKM dalam masa kini. Dengan adanya, pembukuan usaha yang mudah diakses dengan teknologi melalui perangkat lain dapat memudahkan dalam memantau laju transaksi dan laporan usaha secara praktis dan detail. Selain hal tersebut, pemilik UMKM dapat melihat keuntungan dan kerugian secara otomatis melalui

aplikasi Buku Kas yang dinputkan oleh pelaku UMKM baik secara online maupun offline. Untuk mendukung proses digitalisasi pembukuan, pengenalan aplikasi Buku Kas kepada warga Sidakaton sangat membantu masyarakat Desa Sidakaton. Hal tersebut diungkapkan oleh Ibu Bilqis yang merupakan salah pelaku usaha. “Terimakasih ya mba, saya sebelumnya ibu hanya mencatat pemasukan dan pengeluaran secara manual, berkat adanya aplikasi ini memudahkan ibu memantau untung maupun rugi sacara langsung,“ ujar Ibu Bilqis.

Dalam kegiatan sosialisasi pada hari Kamis (26/1/2023) Meidianza sebagai salah satu mahasiswa KKN Reguler TIM 1 UNDIP memberi pelatihan secara door to door di beberapa
RW di Desa Sidakaton dengan sasaran 4 para pelaku UMKM. 

Program sosialisasi pelatihan pembukuan digital dilakukan dengan memberikan modul dan brosur dengan praktik secara langsung melalui aplikasi Buku Kas kepada warga yang memiliki produk UMKM dan usaha lainnya. Selain diberikan modul, dalam sosialisasi diberikan video pelatihan secara detail melalui youtube. 

Dalam proses pelaksanaanya warga yang memiliki usaha dipandu secara langsung dalam mengoperasikan aplikasi terkait tata cara bagaimana cara mengelompokkan akun-akun yang termasuk dalam pemasukan dan pengeluaran, cara mengisi stok barang, mencatat hutang – pihutang, dan memantau laporan keuangan usaha.

Harapan dengan adanya sosialisasi tersebut, para pelaku UMKM dapat memahami tata cara melakukan pembukuan usaha secara digital dengan baik dan benar, sehingga tidak mengalami kerugian serta dapat meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM Desa
Sidakaton.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon