Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Fisika Melalui Eksperimen Sederhana Pembiasan dan Difraksi Cahaya


Campusnesia.co.id - Ngembak (21/07/2022) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 mengajak siswa-siswi SD Negeri 1 Ngembak untuk melaksanakan eksperimen fisika bersama, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Juli 2022.

Kegiatan ekseperimen fisika sederhana ini dilaksanakan agar dapat meningkatkan kreativitas dan memudahkan pemahaman siswa-siswi Kelas 6 di SDN 1 Ngembak mengenai materi fisika (IPA). 

Dikarenakan pembelajaran fisika yang sering dianggap membosankan dan sulit untuk dipahami, dengan adanya kegiatan eksperimen ini diharapkan mampu membuat pembelajaran menjadi lebih seru dan menyenangkan, sehingga materi yang disampaikan juga dapat lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa-siswi.

Program tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Program KKN Tim II UNDIP 2021/2022. Berdasarkan hasil diskusi bersama Kepala Sekolah SDN 1 Ngembak disepakati bahwa kegiatan eksperimen dilaksanakan pada Siswa-Siswi Kelas 6 dengan tema mengenai Pembiasan dan Difraksi Cahaya. 

Mahasiswa membuat poster mengenai materi yang akan disampaikan sebagai media untuk menunjang proses penjelasan. Selain itu, Mahasiswa juga membuat leaflet yang berisi prosedur atau langkah-langkah serta alat dan bahan yang akan digunakan sehingga siswa-siswi juga lebih mudah dalam memahami step by step yang harus dilakukan dalam proses pelaksanaan praktikum. 

Mahasiswa menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam praktikum, meliputi air, gelas bening, sedotan, kertas kosong, spidol, compact disk (CD), dan senter.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan perkenalan ke seluruh siswa-siswi kelas 6 SDN 1 Ngembak. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Mahasiswa, terlihat siswa-siswi sangat antusias dalam mendengarkan dan memperhatikan materi yang disampaikan. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan eksperimen bersama yang terdiri dari 3 percobaan mengenai pembiasan dan difraksi cahaya, dimana sebelumnya dalam satu kelas telah dibagi menjadi 5 kelompok. Mahasiswa mempraktekkan di depan kelas kemudian diikuti oleh para siswa. 

Setelah kegiatan eksperimen selesai, Mahasiswa memberikan kuis berupa pertanyaan serta memberikan reward bagi siswa-siswi yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Hal tersebut untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman siswa-siswi terhadap materi dan eksperimen yang telah dilaksanakan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon