Mahasiswa KKN Undip Ajarkan Warga Gondoriyo Kerajinan Benang Rajut



Campusnesia.co.id - Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang (23/07/2022). Merajut adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. 

Berbeda dari menenun yang menyilangkan dua jajaran benang yang saling tegak lurus, merajut hanya menggunakan sehelai benang. Sebaris tusukan yang sudah selesai dipegang di salah satu jarum rajut sampai dimulainya tusukan yang baru.

Ada berbagai jenis gaya dan teknik merajut. Teknik dasar dalam merajut adalah tusuk atas dan tusuk bawah. Tusuk atas dilakukan dengan cara mengaitkan benang dari arah depan, sementara tusuk bawah adalah mengait benang dari arah belakang. 

Demi meningkatkan kreatifitas ibu-ibu PKK, mahasiswa ini mencetuskan program PAMER (Pelatihan Merajut). Program ini hadir untuk membantu ibu rumah tangga memiliki kesibukan lain yang juga bisa dijadikan ide bisnis untuk membantu perekonomian rumah tangga di wilayah RW 06 Kelurahan Gondoriyo.


Apa itu PAMER?
Program PAMER (Pelatihan Merajut) merupakan program yang melibatkan ibu-ibu PKK di wilayah RW 06 Kelurahan Gondoriyo untuk membentuk kelompok kreatif dengan memanfaatkan waktu luang mereka dengan membuat kerajinan rajut dari benang polyester.

Kegiatan PAMER dimulai pukul 09.00 di Balai RT 03, RW 06 dan dihadiri oleh 10 perwakilan warga RW 06. 

Kegiatan ini diawali dengan membagikan alat dan bahan kepada peserta berupa Kit Merajut untuk pemula yang berisi benang polyester 1 gulung, hakpen ukuran 3-4, penanda 3 buah, jarum tapestry, dan kancing magnet. Selanjutnya dilakukan sosialisasi awal mengenai dasar-dasar dalam merajut dan memulai kegiatan pelatihan merajut untuk membuat dompet koin.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon