Profil dan Jurusan Kampus Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara UNISNU Jepara

 



Campusnesia.co.id - Tahun 2012 INISNU, STIENU dan STTDNU sudah mendekati kemapanan, akan tetapi pengurus YAPTINU belum merasa sampai kepada pencapaian visi. 

Ketiga lembaga tersebut berubah bentuk menjadi UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (UNISNU) JEPARA dengan Fakultas dan Program Studi sebagaimana tertuang dalam keputusan SK. Mendikbud 149/E/O/2013 tanggal 26 April 2013, yang sebelumnya didahului dengan keluarnya Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI No. 2744 Tahun 2012 tentang Izin Penyelenggaraan Program Magister pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta tanggal 14 Desember 2012. 

Selang kurang lebih setahun berikutnya, pada tanggal 1 Juli 2014 Dirjend. Pendidikan Islam kembali mengabulkan SK Ijin operasional penyelenggaraan prodi Perbankan Syari’ah melalui SK Nomor 3656 tahun 2014. 

Upaya pengembangan pun tidak berhenti sampai disitu, UNISNU Jepara dengan support maksimal dari YAPTINU terus membuka peluang dengan membuka program studi yang marketable dan diminati oleh masyarakat, al hasil pada tanggal 29 Agustus 2016 melalui Keputusan Menristekdikti nomor 247/KPT/I/2016 diberikan ijin prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) dan tanggal 8 November 2016 keluar kembali ijin Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG SD) dengan SK No. 470/KPT/I/2016. 

Sampai pada tahun 2017, tercatat jumlah program studi yang dilenggarakan UNISNU Jepara berjumlah 19 (sembilan belas) program studi yaitu : 

Prodi Ahwal al-Syahshiyyah (S1) 
Prodi Perbankan Syari’ah (S1) 
Prodi Pendidikan Agama Islam (S1) 
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 
Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) 
Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) 
Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (S1) 
Prodi Akuntansi (S1) 
Prodi Manajemen (S1) 
Prodi Ekonomi Islam (S1) 
Prodi Desain Produk (S1) 
Prodi Teknik Industri (S1) 
Prodi Teknik Informatika (S1) 
Prodi Teknik Sipil (S1) 
Prodi Teknik Elektro (S1) 
Prodi Sistem Informasi (S1) 
Prodi Desain Komunikasi Visual (S1) 
Prodi Budidaya Perairan (S1) 
Prodi Manajemen Pendidikan Islam (S2). 


Inisiasi pengembangan kelembagaan yang kini sedang diupayakan adalah pembangunan klinik “YAPTINU ALI IRFAN MEDIKA” yang telah diresmikan oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga RI, Bapak H. Imam Nahrawi, S.Ag., M.K.P dan merupakan embrio pendirian program studi bidang kesehatan. 

Rintisan pembukaan Fakultas baru dengan prodi-prodi seperti ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu kebidanan, dan lainnya kini tengah dikaji dan semoga segera terealisasi paling lambat tahun 2018.


Visi Misi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara UNISNU Jepara

Visi 
"Menjadi universitas Islam unggul dalam melahirkan sumber daya manusia berkualitas yang beriman cendekia dalam pengembangan iptek dan seni budaya yang berakhlakul karimah berlandaskan nilai-nilai Ahlusunnah wal jamaah (Aswaja)”."   

Misi 
1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan moralitas, intelektualitas, dan teknologi berlandaskan nilai Aswaja. 

2. Menyelenggarakan penelitian untuk menemukan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk pembangunan peradaban dan kemanusiaan berlandaskan nilai-nilai Aswaja. 

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada pemberdayaan masyarakat berbasis potensi dan kearifan lokal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat berlandaskan nilai-nilai Aswaja. 

4. Mengembangkan kerjasama untuk dapat bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, 

5. Menyelenggarakan tata kelola universitas Islam yang amanah dan berorientasi mutu berlandaskan nilai-nilai Aswaja.


Fakultas di Kampus UNISNU Jepara
Fakultas Syari'ah dan Hukum 
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 
Fakultas Dakwah dan Komunikasi 
Fakultas Ekonomi dan Bisnis 
Fakultas Sains dan Teknologi
Program Pascasarjana


Alamat Kampus
Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara UNISNU Jepara
Jalan Taman Siswa Pekeng, 
Tahunan, Tahunan, Kab. Jepara, 
Jawa Tengah, 59427, Jepara 

Telepoe: (0291) 595320 
Email: info@unisnu.ac.id


Logo Kampus UNISNU Jepara




Sumber: https://unisnu.ac.id/halaman/sejarah



Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys