BEM FSH UNISNU Jepara Selenggarakan Kegiatan Mitra Desa sebagai Pengabdian Masyarakat

 


Campusnesia.co.id - Jepara- Selasa (05/07) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Syari'ah dan Hukum (FSH) UNISNU Jepara, menyelenggarakan kegiatan mitra desa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat sekaligus progam kerja. 

Mengusung tema "Revolusi Mental sebagai Sarana Menumbuhkan Kepedulian untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan". Tujuannya untuk mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus mengajak Mahasiswa ikut terlibat langsung dalam kegiatan kemasyarakatan.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kab. Jepara, Ketua Satpol PP Kab. Jepara, Presiden BEM Unisnu dan perangkat desa Kedungmalang.


Nurul Zakiyatul Aini, selaku ketua panitia kegiatan mengaku senang atas respon positif dari berbagai pihak. 

“Untuk event mitra desa kemarin kita menggandeng banyak pihak. Mulai dari Bakesbangpol Jepara, DLH Jepara, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Unisnu Jepara, pemerintahan desa Kedungmalang, juga Karang Taruna Maulana. Untuk respon dari semua pihak Alhamdulillah semua merespon dengan sangat baik. Dari Bakesbangpol berharap kerjasama ini bisa berlanjut terus, syukur-syukur bisa meluas ke semua fakultas di Unisnu Jepara. Dari pihak Dinas lingkungan hidup juga sangat mengapresiasi program ini, karena memiliki impact untuk lingkungan yang diwujudkan secara nyata melalui penanaman mangrove. Pihak desa dan karang taruna pun turut memberikan respon yang cukup baik, keduanya memberikan support yang sangat baik dalam kegiatan ini” Jelasnya


Muhammad Emil Hakim Aba selaku Gubernur BEM FSH menuturkan bahwa "Harapan besar diadakannya kegiatan mitra desa sebagai bagian dari program BEM FSH Unisnu Jepara adalah untuk memupuk dan mengoptimalisasi kembali kepekaan terhadap kondisi sosial masyarakat guna berkembangnya masyarakat yang maju. Maka mahasiswa sebagai lokomotif perubahan penting untuk merealisasikan kegiatan-kegiatan pengabdian, selain guna mengimplementasikan tri dharma perguruan pun juga untuk membangun desa dalam mengembangkan segala potensi yang ada".

Mitra Desa adalah salah satu program kerja yang diselenggarakan oleh BEM FSH dari Departemen Kaderisasi. Kegiatan yang diadakan tanggal 5 bulan Juli di Desa Kedungmalang, Kecamatan Kedung, Jepara, melibatkan pengurus BEM FSH, Lembaga Pemerintah & Karang Taruna Maulana Kedungmalang.

Mitra Desa ini berlangsung satu 1 hari  mulai tanggal 5 Juli 2022, beberapa kegiatan yang dilaksanakan yaitu terkonsep dalam seminar revolusi mental dan penanaman bibit mangrove. Rangkaian acara dimulai pukul 08.00 pagi dengan penyampaian materi pemuda sebagai lokomotif perubahan dan pelestarian lingkungan oleh Ibu Mayadina selaku Dekan FSH, dan pengetahuan seputar pelestarian lingkungan yang disampaikan oleh bapak Nexon Hasiholan selaku perwakilan dari DLH, dilanjutkan penanaman 400 bibit mangrove di area tikung sungai Sera Desa Kedungmalang bersama pemuda karang taruna Maulana desa Kedungmalang.



Penulis
Ika Laila & Hisyam Nasyith

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon