Mengenal Profesi Asisten Dosen atau Asdos di Kampus



Campusnesia.co.id - Menyambung viralnya selebgram alumni Hubungan Internasional atau HI yang ternyata pernah menjadi Asdos, btw sobat Campusnesia tahu gak apa itu Asdos? yuk coba kita bahas.


Apakah itu Asdos?
Asdos merupakan Mahasiswa atau fresh graduate yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan hal-hal terkait kegiatan perkuliahan.


Apa tugas asdos?
Tugas asisten dosen biasanya membantu menyiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan dosen. Lebih ke pekerjaan administratif dan teknis, namun asisten dosen juga bisa mengajukan usulan kepada dosen.


Berapa gaji asisten dosen?
Setiap kampus punya kebijakan yang berbeda, misalnya
1. Setiap asisten dosen lulusan S1 akan mendapat honor sebesar Rp. 125.000,- per kedatangan. 

2. Setiap asisten dosen lulusan S2 dan S3 akan mendapat honor sebesar Rp. 200.000,- per kedatangan.

Apakah menjadi asdos digaji?
Keuntungan pertama menjadi Asisten Dosen adalah bisa mendapat penghasilan tambahan. Sebab semua tugas yang kamu kerjakan sebagai Asisten Dosen akan diberi imbalan berupa uang. Nominalnya tentu lumayan untuk menambah uang jajan dan membayar biaya kuliah.


Kenapa harus jadi asisten dosen?
Asisten dosen bertujuan untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa-mahasiswa yang kurang mengerti pelajaran yang diajarkan. Dalam kata lain, misalnya kamu kurang mengerti pelajaran minggu ini ataupun mau bertanya tentang tugas minggu depan, nah kamu bisa bertanya kepada asisten dosen.

Berikut 10 keuntungan jadi asisten dosen, yaitu: Mendapatkan Bayaran, Tidak Perlu Repot-Repot Mengulang Pelajaran, Memiliki Banyak Kenalan Adik Kelas, Mendapatkan Nama Baik Sebagai Mahasiswa yang Pintar, Cerdas, dan Bertanggung Jawab, Terdapat Kebanggaan Tersendiri Ketika Kamu Bisa Berdiri di Depan Kelas dan Menginspirasi Mereka.

Membagikan Hal-Hal yang Kamu Pelajari Sebelumnya untuk Adik Kelas, Bisa Belajar Time Management, Menjadi Semakin Mahir Ketika Berbicara di Depan Orang Banyak (Public Speaking), Mendapatkan Pengalaman Berharga untuk CV (Curriculum Vitae) dan untuk Karir Masa Depan Kamu dan Menjadi Murid yang Lebih Baik.


10 Hal Penting Sebelum Menjadi Asisten Dosen
Selalu Melakukan yang Terbaik, Harus Satu Langkah Di Depan Teman-teman Kamu, Jangan Menebar Jala di Semua Dosen, Berpenampilan Memukau Saat Presentasi, Membangun Kepercayaan Diri, Membangun Hubungan yang Baik dengan Dosen, Jangan Menanyakan Hal-Hal yang Biasa, Berkarya Sampai Kamu Dilirik Dosen, Selalu Mengikuti Tren dan Isu-isu Terkini dan Tetap Rendah Hati.


Bisa jadi asdos semester berapa?
Ada juga beberapa dosen yang nawarin ke mahasiswanya langsung yang dirasa mampu untuk menjadi asdos. Dan biasanya jadi asdos itu udah bisa dimulai saat di semester 3 karena kalau di kampusku, semester-semester awal juga udah ada yang pakai asdos.

Itu tadi sobat campusnesia, postingan kita tentang Mengenal Profesi Asisten Dosen atau Asdos di Kampus , semoga bermanfaat.

Punya pengalaman menjadi asisten dosen? share di kolom komentar ya, sampai jumpa.



Sumber:
- unusa.ac.id
- psdk.ui.ac.id
- duniadosen.com
- finansialku.com

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »