Loading...

Harga Ganti Ban Tumbless Motor Honda Beat di Tembalang Semarang Januari 2022




Campusnesia.co.id - Setelah dua tahun pemakaian, dari Januari 2020 hingga 2022 akhirnya motor Honda Beat second tahun 2018 yang saya beli mendapatkan ban baru.

Sejak pertengahan tahun sebenarnya sudah ada rencana ganti ban belakang karena dirasa halus dan sering mliur tak stabil kehilangan grib saat melaju di aspal maupun jalan beton.

Sebulan terakhir, ban tubless bawaan yang sudah tipis tersebut sering kempes sendiri padahal baru diisi angin, paling lama bertahan tiga hari.

Akhirnya hari ini Selasa 11 Januari 2022 saya menyempatkan diri ke bengkel dekat tempat tinggal, bengkel langganan sejak pertama punya motor Astrea Grand Pacul 1993 dan Revo SW tahun 2013 namanya bengkel motor Danial yang beralamat di jalan Banjarsari Raya Tembalang Semarang.

Motor Beat merah putih dalam beberapa bulan terakhir sering banget saya gunakan untuk perjalanan jauh Tembalang Semarang Pati pernah saya bahas dalam sebuah artikel tentang iritnya motor mungil ini.


Memang sudah waktunya service, ganti oli serta cek kelangkapan lainnya seperti gas, rem depan dan belakang dan tentu saja misi utama ganti ban belakang yang ternyata jenisnya tubless, ketika tulisan ini saya buat barulah mengerti cara membedakan ban biasa dan tubless.

Datang sekitar jam 09.00 wib pagi, saya tinggal dan diambil kembali jam 15.00 wib, biasanya sekali service rutin menghabiskan biaya Rp 80.000-150.000 kali ini total Rp 355.000 dengan rincian sebagai berikut:
- Ganti Ban Belakang Rp 235.000
- Ganti Oli Rp 45.000
- Service Cleaning Injector, CVT dan Scanning ECU Rp 75.000

Puas dengan performa hasil dan harganya, karena memang sudah kenal juga dengan pemilik bengkelnya.

Sekalin dalam postingan kali ini, saya akan berbagi tentang 3 Cara membedakan Ban Tubeless dan Ban Tubetype kami kutip dari situs Inspirasipagi.id

1. Lihat tulisan yang tertera pada kedua sisi ban. 
Jika terdapat tulisan Tubeless, maka ban tersebut adalah tipe ban Tubeless atau tanpa ban dalam.

Sedangkan jika sisi ban tertulis Tubetype, maka tipe ban tersebut adalah tipe ban yang menggunakan ban dalam untuk penggunaannya.


2. Bentuk Pentil ban atau katup udara yang digunakan
Dari bentuk katup udara atau biasa disebut pentil ban yang digunakan juga dapat diketahui tipe ban tersebut. 

Pada ban tubeless, katup udara yang digunakan pada umumnya tidak menggunakan mur pengunci yang mana berbeda dengan ban tipe Tubetype yang menggunakan mur pengunci pada katup udaranya. Hal ini dikarenakan katup udara yang berasal dari ban dalam harus dikunci rapat pada velg motor ketika dipasang.


3. Jenis velg yang digunakan CW atau SW

Lihat jenis velg yang digunakan akan dapat terlihat tipe ban apa yang sedang digunakan. Untuk ban Tubeless pada umumnya menggunakan velg Tipe CW (Cast Wheel) karena tidak adanya rongga udara karena tipa ban tubeless tidak menggunakan ban dalam. 

Sedangkan ban Tubetype pada umumnya menggunakan tipe velg kaleng atau velg yang memiliki ruas jari-jari. Namun, hal ini juga tidak menutup kemungkinan jika ban Tubetype tidak menggunakan velg jenis CW.

Itu tadi sobat campusnesia, pengalaman saya dan informasi tentang Harga Ganti Ban Tumbless Motor Beat di Tembalang Semarang Januari 2022. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis:
Nandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys