37 Tim PKM Wakili UNDIP dalam Ajang PIMNAS ke 34 Tahun 2021

 


Campusnesia.co.id - Kabar gembira datang dari Gelaran Tahunan PKM, UNDIP kembali menorehkan prestasinya di tingkat Nasional. Prestasi ini ditandai dengan berhasil meloloskan 37 tim PKM ke ajang Final Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021.

Hal ini tertera dalam Surat Nomor 2200/J3/KM.02.13/2021 tentang Pengumuman dan Undangan Peserta PIMNAS ke-34 Tahun 2021 pada tanggal 28 September 2021, yang ditandatangani oleh plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi.

Dengan 37 tim PKM ini membuat Universitas Diponegoro menduduki peringkat ke-5 secara Nasional berdasarkan jumlah judul ilmiah yang berhasil lolos ke Final PIMNAS ke-34. Prestasi ini sejalan dengan Visi Universitas Diponegoro menjadi Universitas Riset yang Unggul.

Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dan seluruh civitas akademia Undip atas prestasi tersebut dan dalam mendukung visi Undip menjadi Universitas Riset yang Unggul.

“Hal ini merupakan cerminan dari kualitas mahasiswa Undip yang semakin baik, berkreativitas, berprestasi, mempunyai kompetensi unggul, dan berdaya saing tinggi. Serta semoga para mahasiswa Undip berhasil memperoleh hasil yang terbaik dan mampu mengibarkan panji-panji Diponegoro di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 ini”, kata Prof Yos (30/9/2021). 



Tahun ini, PKM dilaksanakan dalam 5 jenis bidang, yaitu; Bidang Riset Eksakta atau Bidang Riset Sosial Humaniora (PKM-RE atau PKM-RSH), Bidang Kewirausahaan (PKM-K), Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-PM), Bidang Penerapan Iptek (PKM-PI), dan Bidang Karsa Cipta (PKM-KC). Selain itu, juga terdapat 3 kategori gagasan, yaitu: PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT), dan PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Undip sendiri berhasil meloloskan 37 judul PKM yang terdiri dari 5 jenis bidang dan 1 kategori gagasan. Adapun sebaran Tim PKM Undip yang lolos PIMNAS ke-34 berdasarkan jenis bidang dan kategori gagasan PKM adalah sebagai berikut:

- PKM Riset Sosial Humaniora: 5 judul

- PKM Riset Eksakta: 12 judul

- PKM Penerapan Iptek: 1 judul

- PKM Pengabdian Masyarakat: 9 judul

- PKM Karsa Cipta: 2 judul

- PKM Kewirausahaan: 7 judul

- PKM Gagasan Futuristik Konstruktif: 1 judul

Tim PKM Undip tersebut berasal dari berbagai Fakultas di Universitas Diponegoro, dengan rincian Fakultas Teknik 17 tim, Fakultas Sains dan Matematika 4 tim, Fakultas Ekonomika dan Bisnis 4 tim, Fakultas Kedokteran 3 tim, Fakultas Peternakan dan Pertanian 3 tim, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 2 tim, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 1 tim, Fakultas Kesehatan Masyarakat 1 tim, Fakultas Psikologi 1 tim, dan Fakultas Ilmu Budaya 1 tim.


Seperti diketahui sebelumnya, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) akan menyelenggarakan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 tahun 2021 yang bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) sebagai tuan rumah PIMNAS ke-34.

Kegiatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) merupakan rangkaian kegiatan yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah terlaksana dan melalui tahapan Penilaian Kegiatan Pelaksanaan PKM (PKP2) tahun 2021 secara daring, dan dipilih beberapa tim PKM yang karyanya diikutsertakan dalam PIMNAS.

Secara umum, terdapat 735 judul PKM yang lolos untuk berkompetisi di tingkat Nasional pada ajang PIMNAS ke-34 dan akan diselenggarakan secara daring pada tanggal 25-29 Oktober 2021 menggunakan platform Zoom meeting dan dipublikasikan melalui live streaming di kanal Youtube USU Official Social Network.


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »