Manfaatkan Eceng Gondok, Tim PKM-PM Undip Ajak PKK untuk Cegah Corona


 

Campusnesia.co.id -- (29/07/2021). Desa Kesongo, kecamatan Tuntang, kabupaten Semarang merupakan desa yang terletak di sekitar danau Rawa Pening.  Desa Kesongo memiliki potensi alam untuk dikembangkan dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, misalnya eceng gondok yang terdapat di danau Rawa Pening dan sekitarnya. Masyarakat sekitar umumnya memanfaatkan bagian batang eceng gondok untuk dijadikan kerajinan dan bagian akar untuk dijadikan pupuk kompos, namun bagian daun dan bunga belum dimanfaatkan dengan baik. Tim PKM-PM yang terdiri dari Marshanda, Lina, Luthfiah dan Windi melihat adanya potensi pemberdayaan masyarakat Desa Kesongo dalam memanfaatkan limbah daun eceng gondok danau Rawa Pening sebagai produk hand sanitizer dan tisu basah.  

“Program ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang bagus, tingginya kasus Covid-19 dan sulitnya pendapatan masyarakat, membuat sebagian masyarakat enggan untuk memiliki staterpack Covid-19 seperti handsanitizer dan tisu basah. Sehingga diharapkan selain berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19 juga mampu untuk meningkatkan pendapatan masyarakat melalui program pemberdayaan ini.” ungkap dr. Sri Winarni, M. Kes. selaku pembimbing kegiatan pemberdayaan.

Handsanitizer dan tisu basah dari tanaman eceng gondok  merupakan salah satu produk untuk mencegah penyebaran Covid-19 dikarenakan adanya kandungan senyawa metabolit sekunder berupa alkaloid, flavonoid, steroid, dan tannin yang berperan sebagai antioksidan dan antibakteri sehingga senyawa aktif dalam ekstrak eceng gondok dapat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri. Produk handsanitizer dan tisu basah ini unggul dalam memanfaatkan limbah daun eceng gondok sebagai bahan alam utama. Selain itu, pengolahan yang mudah dan bahan yang murah memungkinkan masyarakat sekitar untuk melakukannya sendiri.

“Alhamdulillah, kami senang sekali dapat ilmu baru dari tim PKM Undip sangat bermanfaat dan mudah untuk diterapkan. Ternyata banyak yang tertarik juga untuk membeli handsanitizernya karena bahan dasar yang unik dan harga yang cukup terjangkau. Semoga program ini bisa terus didampingi” Ujar Bu Wida selaku ketua PKK dusun Ngentaksari  

Pembuatan handsanitizer maupun tisu basah dengan eceng gondok cukup mudah dilakukan yaitu dengan menjemur eceng gondok terlebih dahulu, kemudian melakukan ekstraksi eceng gondok dengan alkohol. Keesokannya ekstrak eceng gondok bisa dicampurkan dengan bahan-bahan sekunder pembuatan handsanitier dan dikemas dalam botol kemasan 100 ml.



“Upaya pemberdayaan ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Desa Kesongo dalam memanfaatkan limbah daun eceng gondok yang berada di danau Rawa Pening dan juga mau mengaplikasikannya dengan baik sehingga dihasilkan produk hand sanitizer dan tisu basah. Selain itu, masyarakat Desa Kesongo juga dapat menjadikan hal tersebut untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui penggunaan hand sanitizer dan tisu basah dari limbah eceng gondok dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan juga memungkinkan untuk menambah lapangan pekerjaan masyarakat dari kegiatan pemberdayaan ini.” ujar Marshanda selaku ketua tim PKM-PM. 

Meskipun lokasinya cukup jauh dengan domisili mahasiswa kampus Undip Tembalang tidak menurunkan semangat dan niat mahasiswa undip untuk terus mengajak ibu-ibu PKK ngentaksari, Desa Kesongo kreatif dan preventif untuk menjaga kesehatan tubuhnya serta meningkatkan pendapata melalui program ini.


Penulis: Windi Permatasari

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon