Mahasiswa Undip Berikan Edukasi Gemar Makan Ikan Guna Tingkatkan Imunitas di Masa Pandemi

 

Campusnesia.co.id -- Ancaman penularan Covid-19 di Indonesia masih belum usai. Di masa pandemi meningkatkan imun tubuh sangat diperlukan agar tidak mudah terserang oleh virus ini. Sayangnya kesadaran akan pentingnya meningkatkan imun tubuh belum merata di kalangan masyarakat terutama di desa. 

Rendahnya pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya meningkatkan imun tubuh untuk cegah penularan Covid-19 juga dialami di Dusun Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Banyak masyarakat yang belum paham akan bahaya Covid-19 dan pentingnya pencegahan dengan meningkatkan imun tubuh.

Melihat rendahnya kesadaran masyarakat Dusun Bowongso, Said yang merupakan mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang berinisiatif memberikan edukasi  meningkatkan imunitas tubuh dengan gemar makan ikan. “Harapanya dengan diadakan edukasi ini masyarakat lebih peduli akan pentingnya meningkatkan imunitas dan mampu menurunkan risiko terserang virus” tuturnya.


Edukasi gemar makan ikan dipilih karena ikan merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti protein, vitamin, dan omega 3 yang dapat meningkatkan kekebalan untuk pencegahan Covid-19. Selain itu ikan juga merupakan sumber protein hewani dengan harga yang cukup terjangkau.

Edukasi gemar makan ikan berlangsung  selama lima hari dari Senin (2/8) hingga Jumat (6/8). Kegiatan ini berlangsung secara door to door agar tidak menimbulkan kerumunan massa yang  dapat menularkan Covid-19. Sasaran program ini adalah masyarakat dusun bowongso dari berbagai kalangan tetapi lebih diprioritaskan pada lansia karena memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

Berbagai tanggapan positif datang dari warga masyarakat bowongso dengan adanya edukasi tersebut. “Kami sangat senang dan merasa terbantu dengan adanya edukasi tersebut karena dapat memberi informasi dan kesadaran akan pentingnya meningkatkan imunitas dengan mengkonsumsi ikan” ucap Tularno selaku kepala dusun Bowongso.


Penulis: Said Hasyim Al Fauzi

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »