Tekan Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Ajak Pendaki Gunung Sumbing Via Bowongso Terapkan Protokol Kesehatan



Campusnesia.co.id -- Wonosobo (19/7). Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro di Desa Bowongso, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo mengajak para pendaki gunung Sumbing Via Bowongso untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan edukasi tentang pencegahan penularan Covid-19.  Kegiatan ini dilakukan di base camp pendakian Gunung Sumbing Via Bowongso, sasaran pada kegiatan kali ini adalah para pendaki, yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Banyaknya pendaki yang mayoritas berasal dari  luar kota  akan menimbulkan risiko penularan Covid-19 baik dengan sesama pendaki maupun dengan masyarakat desa Bowongso. Akan tetapi, hal ini dapat disiasati dengan beberapa cara, salah satunya yaitu mematuhi protokol kesehatan. Mematuhi protokol kesehatan  secara disiplin akan dapat mencegah penularan Covid-19, salah satu tindakannya yaitu dengan melakukan edukasi tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Undip melakukan kegiatan edukasi kepada para pendaki untuk tetap disiplin dan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Selain melakukan edukasi, mahasiswa KKN juga melakukan pembagian masker kepada para pendaki dan masyarakat yang berada disekitar base camp pendakian gunung Sumbing Via Bowongso. 

“Kegiatan ini cukup bagus, karena selama ini memang belum mkasimal dalam memberikan edukasi kepada para pendaki untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin, mungkin dengan bantuan para adek-adek mahasiswa dari Undip  Semarang dapat meningkatkan kesadaran para pendaki untuk disiplin protokol kesehatan. Ketika weekend biasanya pendaki yang datang kesini mencapai angka 200 orang sehingga perlu adanya disiplin protokol kesehatan”,  ujar kepala desa Bowongso, Bapak Achsin Kholik. 


Penulis:  Ramadhani


Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »