Aksi Mahasiswa KKN UNDIP, Bantu POSBINDU PTM di Masa Pandemi



Campusnesia.co.id -- Masa Pandemi Covid-19 tentunya membuat banyak orang takut untuk berpergian ke luar rumah, apalagi datang ke pelayanan kesehatan. Isu yang ramai di media sosial (medsos) tentang pasien yang “di covid-kan” masih santer berkembang di masyarakat. 

Hal ini membuat masyarakat takut untuk memeriksakan diri ketika sakit dan lebih memilih menggunakan pengobatan tradisional. Pemahaman masyarakat yang keliru mengenai isu “di covid-kan” tentu perlu diluruskan terlebih dahulu. 

Pemberian edukasi kesehatan kepada masyarakat menjadi sarana yang dapat dipilih untuk meluruskan pemahaman masyarakat yang keliru. Sebelum itu, perlu dilakukan penggalian terkait latar belakang pendidikan masyarakat, kepercayaan masyarakat mengenai Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan di masa pandemi ini. Bidan Desa, menjadi salah satu tokoh masyarakat yang mahasiswa KKN UNDIP temui untuk mendapatkan informasi.

“Namanya juga warga desa mba, agak susah. Mereka cenderung tidak percaya sama corona Covid-19. Kalo berpergian ke kota baru pakai masker, tapi kalo pergi-perginya di sekitar kampung ya ada yang pake, ada juga yang engga,“ tutur Ibu Bidan Desa Tlogomulyo saat ditemui pada Rabu (30/06/2021). 


Tlogomulyo merupakan sebuah desa yang terletak di Kabupaten Wonosobo dengan kategori zona hijau. Zona hijau memiliki arti penyebaran virus corona yang rendah dan perlu dipertahankan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. 

Selain menerapkan protokol kesehatan, pengecekan penyakit komorbid juga diperlukan untuk mengetahui apakah berisiko lebih besar tertular virus corona atau tidak. Penyakit hipertensi dan diabetes melitus menjadi komorbid yang patut untuk diwaspadai. 

“Kebetulan besok hari Kamis, ada kegiatan POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) di Dukuh Kasemen, Tlogomulyo. Kalo kalian mau ikut, boleh. Pagi tapi ya, jam 07.30 WIB. Biasanya kalo siang pada pergi ke ladang, jadi kegiatannya kita pilih pagi hari,” tutur Ibu Bidan Desa Tlogomulyo saat ditemui pada Rabu (30/06/2021).



Kamis pukul 07.30 WIB, kami mahasiswa KKN Undip bersiap menuju kediaman Bapak Bau Dukuh Kasemen Tlogomulyo untuk membantu pelaksanaan POSBINDU (Pos Binaan Terpadu) PTM (Penyakit Tidak Menular) dan berinteraksi dengan warga. Saat tiba di tempat, kami di sambut oleh kader POSBINDU (Pos Binaan Terpadu), Ibu Bidan Desa dan Perawat Puskesmas. 

Ibu Bidan Desa langsung memberi arahan untuk menempatkan diri pada setiap meja pelayanan pengukuran TB (Tinggi Badan), BB (Berat Badan), lingkar perut, TD (Tekanan Darah) dan pengecekan gula darah sewaktu. 

“Tensine inggil nggih Bu. Niki 140/90 mm Hg. Dhahar sing asin-asin dikurangi riyen nggih bu, sarene ampun dhalu-dhalu, ampun kathahen penggalih nggih, “ jelas Dwi Cahyati. 



Penulis: Dwi Cahyati Damayanti

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »