17 Pertanyaan Populer yang Sering Ditanyakan Seputar Pelaksanaan Magang





Campusnesa.co.id - Di twitter Kami menemukan banyak sekali pertanyaan seputar magang, melalui posting kali ini campusnesia akan coba menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan, apa saja? ini daftarnya.


1. Prefer magang di perusahaan startup atau di dinas?
Keduanya sama-sama bagus untuk magang, untuk mempermudah menentukan pilihan bisa dikaitkan dengan jurusan kuiah kalian karena tidak semua start-up membuka magang sesuai jurusan kuliah dan demikian juga dinas.

Tujuan magang sangat penting dalam menentukan tempat magang, jika tujuannya hanya menggugurkan kewajiban magang di dinas bisa jadi solusi, namun jika tujuannya sebagai pengalaman kerja dan mengasah kemampuan, jelas magang di startup lebih tepat.

2. Misal ni kak, kan masih semester 4 belum begitu banyak ilmunya, apakah masih bisa daftar magang? Soalnya takut kalo misal apa yang diperintahkan pas waktu magang belum pernah diajarin gitu selama kuliah.

Beberapa kampus mewajibkan magang, ada SKS nya dan syarat misalnya minimal semester atau jumlah SKS.

Tujuan magang untuk menambah pengetahuan, seharusnya gak apa-apa jika belum bisa, yang penting mau bertanya, mencoba dan berusaha selama magang. 

Jika magang bukan wajib dari kampus, misal hanya untuk mengisi waktu liburan ya tidak harus menunggu semester 4 atau banyak ilmunya.

3. Semua mahasiswa tuh bisa magang atau yang punya nilai bagus doang? jujur, takut banget soalnya semester ini nilaiku turun.

Semua mahasiswa bisa magang, kalau sekedar ngisi waktu liburan gak perlu nilai bagus, dan untuk magang wajib yang ada SKS nya parameternya biasanya bukan nilai tapi jumlah SKS yang telah ditempuh.
 


4. Magang dapet gaji gak?? Serius nanya soalnya gak tau  
Ada magang yang digaji biasanya program resmi dari perusahaan atau instansi yang sedang butuh tambahan tenaga kerja namun enggan membuka lowongan kerja misal ada proyek tertentu yang selesai dalam waktu singkat.

Ada pula perusahaan dan instansi yang memberi uang makan, bukan gaji tapi lumayan mengurangi pengeluaran.

Ada pula yang tidak digaji, biasanya karena yang butuh adalah mahasiswa yang magang baik memenuhi kewajiban SKS atau sekedar mau nambah ilmu dan pengalaman di lapangan.

5. Pakaian waktu magang gimana sih?
Tergantung instansi atau perusahaan tempat magang, yang pasti ya harus sesuai standar minimal baju kerja rapi, sopan dan elegan.

Kalau di instansi kadang harus formal misal kemeja, blaster, baju batik dll, kalau di sartup cederung casual bahkan bisa mengenakan kaos.


7. Yang dilakukan dihari pertama magang?
Perkenalan diri pada orang-orang di kantor atau divisi tempat magang, bertanya siapa supervisornya, aturan kerja dan apa saja yang harus dikerjakan.


8. Suka dijulid-in  sama senior gak?
Tergantung lingkungan dan kepribadian tempat magang, tapi mestinya tidak. 

9. Kalo kita gak bisa kerjain tugas di tempat magang, dimarahin gak? 
Aku takut bgt soalnya gak bisa apa2 pas di tempat magang nanti 

Harusnya enngak, idealnya dibimbing, tapi kalau sudah dijelaskan dibimbing tetap saja tidak bisa mungkin akan membuat jengkel supervisornya.

10. Cara dapet mentor dr tempat magang gimana sih? 
Mentor (terutama pengembangan karier) jangka panjang gt looo

Biasanya ketika suatu perusahaan atau instansi membuka magang akan menunjuk satu atau beberapa orang yang akan jadi fasilitator dan pembimbing selama magang, jadi selum hari pertama masuk ada baiknya bertanya siapa nanti mentornya.

11, Laporannya jarak berapa hari? 
Tergantung dosen pembimbing, bisa seminggu setelah selesai magang bahkan bisa berbulan-bulan.
 
12. Buat ngajuin magang min semesert berapa kak?
Setiap kampus kebijakan berbeda satu sama lain, ada yang minimal semester 4 atau lebih, tapi umumnya patokannya SKS yang telah ditempuh.


13. Berapa persen bisa ketemu jodoh waktu magang?
Kalau di drama korea nyaris 100 persen anak magang dapat jodoh di perusahaan tempat ia magang, kalau di dunia nyata kami belum nemu data statistiknya.


14. Magang harus berhubungan sama jurusan ya?
Enggak, bisa saja berbeda untuk mengasah pengalaman dan ilmu yang berbeda, anak peternakan yang ingin menguasi dunia kepenulisan bisa magang di media online seperti campusnesia.co.id 


15. Ngapain aja kalo gada kerjaan?
Cobalah berinisiatif, mengusulkan suatu kegaiatn yang produktif atau bertanya apa yang bisa dikerjakan selanjutnya.


16. Gimana si rasanya magang di bank?
karena saya belum pernah jadi belum bisa jawab, kalau ada pembaca campusnesia yang pernah magang di Bank bisa bantu jawab di kolom komentar.


17. Hal apa ya yang bisa di kulik di perusahaan? 
Sejarah perusahaan, strategi yang diterapkan hingga mampu sukses seperti sekarang, apa saja keunggulan produknya, bagaimana manejemen perusahaanya, iklim dalam bekerja dll.
   

Itu tadi sobat Campusnesia, 17 pertanyaan populer yang sering ditanyakan tentang pelaksanaan magang, jika ada pertanyaan lain atau jawaban berbeda saat magang bisa ditulis pada kolom komentar semoga bermanfaat sampai jumpa.

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »