20 Universitas terbaik Indonesia versi Webometrics 2021, Indikator dan Metodologi Penilaiannya

 





Campusnesia.co.id - Minggu, 11 April 2021 kemarin sebuah akun @305328330k mmebuat cuitan dengan caption "anak mana lu?", "itebe.", "oh, yg kalah dari telkom ya?" disertai sebuah gambar screenshot rangkin universitas di indonesia tanpa disertai sumber dan lembaga pemeringkatannya. 

Resah dengan tanggapan netijen di kolom reply ada yang serius baik sedih maupun bangga dengan peringkat kampusnya serta becandaan yang kurang sesuai dengan konteks, kami coba telusuri darimana sumber data tersebut.

Kami berhasil menemukan sumber screenshot yang di twit akun tersebut berasal dari sebuah website bernama webometrics.info, sebuah website yang diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Webometrics Ranking of World Universities melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia sejak tahun 2004. Pemeringkatan universitas terbaik ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Pada tahun ini, terdapat sekitar 31.000 perguruan tinggi di lebih dari 200 negara yang masuk dalam daftar pemeringkatan.

20 Besar Universitas Terbaik di Indonesia versi Webomatrics


Berpotensi disalahpahami

Kami menemukan beberapa balasan twit di atas yang salah paham dalam membaca peringkat tersebut, banyak yang mengira data tersebut menunjukkan kualitas pendidikan suatu kampus secara umum maka wajar terjadi perdebatan, setelah kami coba mencari informasi lebih lanjut Webometrics Ranking of World Universities melakukan pemeringkatan universitas terbaik di dunia berdasarkan sejumlah indikator dan metodologi, di antaranya:

1. Visibilitas, yaitu jumlah jaringan eksternal (subnet) yang terhubung ke halaman web institusi (dinormalisasi dan kemudian nilai maksimum dipilih)

2. Aspek impact dinilai dari banyaknya backlink dari situs luar.

3. Sementara, openness diukur dari jumlah file berbagai jenis (.pdf, .doc, .ps, .eps, .docx, .ppt, atau .pptx), yang dapat diakses dan terhubung dengan domain situs universitas.

4. Adapun excellence dinilai dari jumlah artikel publikasi ilmiiah karya civitas akademika universitas tersebut.

Dari 1.000 universitas terbaik di dunia versi Webometrics Ranking of World Universities, ada 2  perguruan tinggi Indonesia yang berhasil masuk, yaitu UI dengan peringkat 657 dan UGM dengan peringkat 813. Sementara Undip berada di peringkat 2004.


Dari peringkat dunia, UI berada di posisi ke-657. Menurut Webometrics Rincian ranking, UI mendapat peringkat 396 untuk Aspek impact. Sedangkan  Aspek openness memperoleh peringkat 636 dan Aspek excellence di peringkat 1253.

Untuk UGM berada di posisi ke-810. Menurut Webometrics Rincian ranking, UGM mendapat peringkat 578 untuk Aspek impact. Sedangkan  Aspek openness memperoleh peringkat 638 dan Aspek excellence di peringkat 1.500.

Sedangkan Undip berada di posisi ke-2004. Menurut Webometrics Rincian ranking, Undip mendapat peringkat 613 untuk Aspek impact. Sedangkan  Aspek openness memperoleh peringkat 5963 dan Aspek excellence di peringkat 2331.

Bisa dibilang bahwa rangking versi Webomatrics ini bukanlah segalanya dan tidak bisa dijadikan generalisir kualitas pendidikan suatu kampus secara umum.

Mau cek peringkat kampusmu? klik link di bawah ini:




Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »