Alat Penjerap Asap Rokok Karya Mahasiswa Undip Raih Silver Medal di Ajang Internasional Pi-ENVEX 2020




Campusnesia.co.id - Kabar gembira datang dari rekan-rekan kita mahasiswa Undip, yang baru-baru ini berhasil meraih prestasi berupa silver medal dalam event PI-ENVEX 2020, seperti apa kisahnya yuk kita simak.

Enam mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) berhasil mendapatkan Silver Medal pada kategori Biotechnology, Health, and Chemicals pada ajang Perlis International Engineering Invention & Innovation Exhibition (PI-ENVEX 2020) yang diselenggarakan secara online pada bulan Mei 2020, tim ini terdiri dari Annisa Syifaurrahma (Kimia 2016), Aulia Ekadenti (Kimia 2016), Fitria Rachmasari (Kimia 2016), Synta Mutiara Bunga Wulandari (Kimia 2016), Amelinda Dhiya (Teknik Lingkungan 2016), Hibatin Wafiroh ( Teknik Lingkungan 2016). Pi-ENVEX sendiri merupakan ajang internasional yang diselenggarakan oleh Universiti Malaysia Perlis untuk penemuan terbaru di bidang riset dan teknologi.

sponsor

Inovasi yang dibuat berupa alat penjerap gas karbon monoksida asap rokok. Dengan latar keprihatinan terhadap jumlah perokok di Indonesia, dimana berdasarkan laporan Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) pada tahun 2016, jumlah perokok di Indonesia mencapai 65,19 juta orang atau setara 34% dari total penduduk di Indonesia pada tahun tersebut. 



Alat penjerap ini diberi nama RedBox (Reducing Carbon Monoxide Level from Cigarette Smoke by Activated Carbon). RedBox sendiri berukuran 20 x 10 x 8 cm dan bersifat portable. Cara kerja alat ini  saat gas yang mengandung CO dari asap rokok memasuki RedBox, gas akan mengalir dan terserap ke dalam filter karbon aktif. Gas CO yang keluar setelah penyerapan dalam filter akan terdeteksi oleh sensor MQ-7 dan kemudian diolah datanya oleh mikrokontroller Arduino. Hasil pengukuran kadar CO akan ditampilkan di layar LCD pada RedBox dengan kadar CO yang lebih rendah dibawah baku mutu.

Dalam mengikuti ajang ini, tim RedBox didukung oleh beberapa pihak, dengan sponsor yaitu PT PLN (Persero) yang ikut memberikan bantuan untuk pembuatan alat dan registrasi lomba. Dengan prestasi yang telah diraih ini, tim Redbox berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berharap alat yang sudah dibuat dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat bermanfaat untuk meminimalkan dampak gas CO dari asap rokok.

Wah selamat ya kak, keren ayo sobat Campusnesia jangan mau kalah, walau dalam masa pandemi dan harus #dirumahaja bukan berarti harus rebahan sepanjang hari, asah kreatifitas agar bisa menjadi prestasi juga.

sumber: Rilis Tim RedBox Undip
foto: Tim RedBox Undip
Editor: Nandar

Iklan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »