Mahasiswa KKN Undip Bantu Kegiatan Posyandu Desa Wonosari

9:43:00 PM



Campusnesia.co.id -- Wonosari (17/01/2019), Tim 1 KKN Undip Tahun 2019 Desa Wonosari Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan melakukan kegiatan membantu posyandu di Dusun Tegal Borang Desa Wonosari Kecamatan Siwalan. Posyandu adalah suatu wadah dalam melaksanakan kegiatan pemeliharaan kesehatan yang dilakukan oleh, dari, dan untuk masyarakat dibantu oleh tenaga kesehatan. 



Posyandu ini melaksanakan lima program kesehatan dasar yakni: keluarga berencana, kesehatan ibu, dan anak, gizi, imunisasi, dan penanggulangan diare. Sasaran utama yaitu menurunkan angka kematian bayi dan ibu memperbaiki status kesehatan dan gizi balita, serta ibu hamil dan menyusui. Kegiatan posyandu ini diikuti oleh balita dan ibu menyusui yang bertempat di kediaman Ibu Carik Desa Wonosari tepatnya Dusun Tegalborang.


Kegiatan  dengan sasaran balita yang berlangsung di Posyandu yakni penimbangan berat badan balita, kemudian dilakukan pengukuran tinggi badan serta lingkar kepala. Hasil dari pengukuran tersebut kemudian dicatat dan dicocokkan dengan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk mengetahui status pertumbuhan dari balita dari yang berlangsung setiap bulan.  

Fungsi pemantauan KMS adalah menindaklanjuti setiap kasus gangguan pertumbuhan. Tindak lanjut hasil pemantauan pertumbuhan biasanya berupa konseling, pemberian makanan tambahan, pemberian suplementasi gizi dan rujukan serta sebagai sarana edukasi kepada ibu balita. Kegiatan lain yang berlangsung adalah edukasi tentang pemberian ASI eksklusif yang dibawakan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kecamatan Siwalan.

sumber: Tim KKN Undip Desa Wonosari Siwalan Pekalongan
editor: Nandar
Foto: Tim KKN Undip Desa Wonosari Siwalan Pekalongan

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »