5 Ide dan Peluang Bisnis dari Limbah dan Sampah

8:22:00 PM



Campusnesia.co.id -- Pernahkan sobat brrfikir, ketika membuang sampah pada tempatnya apakah menurut sobat semua sudah selesai? Oo tidak semudah itu ferguso.

Sampah yang kita buang masih jadi masalah hingga akhirnya ia tiba di tempat penampungan akhir. Yang organik sih bisa kembali ke alam, bagaimana dengan yang non organik?

Sampah memang masalah, tapi bukan berarti tidak ada manfaatnya, topik ini yag coba kita angkat kali ini, bisnis dari sampah. Apa saja? Yuk simak.

1. Bisnis Sampah Kertas dan Plastik
Sampah berupa kertas bekas dan palstik sebenarnya logam juga bisa jadi uang. Khusus kertas bisa kita daur ulang sendiri jadi kerajinan atau dijual ke pabrik kertas sebagai bahan daur ulang.

Untuk plastik bisa dikumpulkan dan didaur ulang oleh pabrik. Demikian juga yang logam.

2. Limbah Organik jadi Kompos
Yup limbah oraganik seperti sampah rumah tangga bisa kita jadikan pupuk kompos, baik untuk kwbutuhan sendiri atau dijual.

3. Kerajinan Barang Bekas
Botol, kemasan plastik produk sachet bisa kita olah jadi kerajinan, vas , tas dll. Sebagai olahan limbah kita menambah umur manfaat limbah yang tidak bisa didaur ulang alam ini. Bisa juga sebagai sarana pemberdayaan masayarakat.

4. Bisnis Barang Antik
Sampah elektronik jangan langsung dibuang, bisa diperbaiki dan dijadikan koleksi barang anti. Kalau kamu pernah nonton reality show di tv History berjudul American Pickers bisa jadi inspirasi bahwa bisis barang antik nilainya juga lumayan lho.

5. Barang Second Hand
Kalau nomer 4 bener-bener barang antik, di point 5 ini semua barang yang masih bisa dipakai masih ada nilainya. Dari pada dibuang begitu saja bisa dijual lagi sebagai barang second hand atau layak pakai. Jangan salah banyak lho yang membutuhkan.

Baca juga:

Itu tadi sobat campusnesia, 5 ide dan peluang bisnis dari sampah dan limbah. Barangkali pembaca sudah ada yang menjalankan bisaberbagi pengalaman di kolom komentar. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

Penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »