Evolusi Logo HUT RI dari Masa ke Masa

11:58:00 PM

Campusnesia.co.id -- Sobat Campusnesia, bila sudah masuk bulan agustus atmosfir semangat hari kemerdekaan mulai terasa. Dari banyak bendera yang mulai dipasang oleh warga dan kantor-kantor. Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia atau yang biasa disingkat HUT RI selalu menjadi moment yang tepat untuk me-recharge dan memupuk kembali rasa nasionalisme. 

Baca Juga:
- 5 Produk yang Laris saat 17 Agustus 
- Kegiatan Khas Masyarakat Indonesia saat 17 Agustus 
- 3 Upacara 17 Agustus yang Unik
- Ini Dia 6 Lomba yang Hits saat 17 Agustus

Dalam artikel kali redaksi ingin membahas hal unik selain judul-judul yang pernah kami angkat dala liputan khusus 17 agustus, yaitu tentang evolusi atau perkembangan Logo HUT RI dari masa ke masa yang kalau diperhatikan ada perubahan-perubahan yang menarik.

Apa saja yuk kita lihat.

1. Logo HUT RI template versi lama


Logo ini dikeluarkan resmioleh pemerintah, penulis belum menemukan sumber kapan tepatnya logo ini mulai digunakan, tetapi seingat penulis sejak tahun 90-an sudah digunakan. Logonya cukup sederhana Angka berwarna merah dan bendera berkibar sesuai dengan angka di digit ke dua. 

2. Logo HUT RI tahun 2012


Di tahun 2012 ini sebenarnya versi pemerintah masih menggunakan template logo di atas, tetapi masyarakat mulai berekspresi dengan logo-logo custome buatan mereka. Salah satu contoh yang penulis ambil adalah logo HUT RI buatan mas Wahyu Aditya saat HUT RI 67 tahun. Slaah satu custome logo yang kala itu populer digunakan masyarakat dan beberapa stasiun televisi swasta.

3. Logo HUT RI 2012-2014


Dalam rentang waktu ini, masyarakat mulai banyak yang enoba membuat logo HUT RI versi mereka, ditambah ada lomba yang diadakan oleh KDRI website milik mas Wahyu Aditya.

4. Logo HUT RI era Presiden Jokowi


Pasca pilpres dan terpilih presiden dan wakil presiden baru 2014, yaitu pak Jokowi dan Jusuf Kalla, pemerintah merilis desain logo HUT RI resmi yang berbeda dengan era point awal ang penulis sebutkan. Maksud hati memasukan unsur garuda, ada beberapa netizen yang kurang suka tetapi tetap banyak yang suka karena dirasa sesuatu yang baru, gaul and cool. Dan ada slogan di setiap tahun yang berbeda-beda.

5. Logo HUT RI 71 dan 72


Apakah ada kaitanya dengan kritik masyarakat terhadap logo HUT RI ke 70 versi pemerintah atau tidak, untuk HUT RI 71 dan 72 tidak lagi dimasukan unsur burung garuda, dan lebih menarik serta simpel menurut penulis. dan Sekarang juga masih banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi membuat logo HUT RI versi mereka sendiri.

Menarik ya evolusinya, kalau sobat campusnesia suka yang mana? share di kolo komentar ya. Itu dia tadi artikel kita kali ini yang berjudul Evolusi Logo HUT RI dari Masa ke Masa, semoga bermanfaat dan samapai jumpa. Salam Prestatif.

penulis: Nandar
foto    : pixabay

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor