3 Upacara Bendera Unik saat 17 Agustus

3:53:00 PM


Hai sobat campusnesia, apa kabar? kali ini Redaksi menyapa di bulan Agustus, bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia karena pada tanggal 17 Agustus nanti Bangsa kita akan memperingati 71 Tahun Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita.

Di bulan yang spesial ini, dalam rangka menyemarakan 17 Agustus sebagai Hari kemerdekaan kita, Campusnesia akan menghadirkan artikel menarik seputar peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 71 Tahun.

Kali ini Redaksi akan membahas upacara bendera yang juga bagian dari peringatan hari keerdekaan di negara tercinta kita. Pada umumnya upaara bendera dilakukan di sekolah-sekolah, instansi peerintah dan ada juga yang di siarkan langsung oleh televisi nasional yaitu upacara bendera di Istana Kepresidenan.

Tapi, tahukah sobat campusnesia, ada juga lho upacara-upcara bendera yang tidak lazim alias tidak biasa, karena tidak biasa inilah upaara bendera menjadi unik dan kreatif. ada apa saja upacara bendera 17 agustus yang masuk kategori unik? berikut daftarnya.

1. Upacara di dalam Laut


di dalam laut? serius? iya, benar kau tidak salah baca. tahun 2015 kemarin ada upaara bendera dalam rangka Hut RI ke 70 tahun yang dilakukan di dasar laut. Para petugas upacaranya dilengkapi dengan peralatan selam. Upacara ini dilakukan oleh jajaran Polres Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Mereka mengagendakan pengibaran Bendera Merah Putih di dasar laut.

Upacara pengibaran bendera di dasar laut dilaksanakan di Perairan Pulau Badi, Desa Mattiro Deceng, Kecamatan Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

Seluruh peserta upacara bendera di bawah laut diikuti 70 peserta, sesuai dengan jumlah usia kemerdekaan RI yang ke-70 tahun. Termasuk di dalamnya ada komandan upacara, pengibar bendera, partisipan, dan kameramen.


2. Upacara Bendera di atas Gunung


tidak kalah dengan yang mengadakan upacara bendera di dalam laut, ada juga lho yang melakukan upacar bendera di atas gunung. pasti butuh perjuangan yang tidak mudah ya untuk mendaki hingga sampai ke puncak gunung.

Tahun 2015 kemarin, Ribuan pendaki dari berbagai daerah melakukan upacara bendera 17 Agustus 2015 di tiga titik jalur pendakian Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut.


3. Upacara Bendera di Perbatasan Wilayah NKRI



Upcara Bendera yang tidak biasa berikutnya datang dari Desa Nainaban, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT). Upacara bendera ini laksanakan tahun lalu juga.

Pada perayaan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan RI ke-70, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgaspamtas) Batalion 744 dari Pos Baes, Desa Nainaban, Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama warga setempat menggelar upacara bendera di puncak bukit dengan mengibarkan bendera merah-putih berukuran raksasa.

Bendera raksasa berukuran 5 x 3 meter itu dikibarkan di perbatasan Indonesia dengan Distrik Oecusse, Timor Leste. Upacara 17 Agustus 2015 itu berlangsung sangat sederhana. Warga yang mengikuti upacara hanya menggunakan sarung adat yang sudah usang dan bercelana pendek, tanpa alas kaki.

Sebelum menggelar upacara, warga bersama personel TNI mengangkut bambu yang akan dijadikan tiang bendera dengan berjalan kaki sejauh 2 kilometer. Warga setempat berjanji akan menjaga bendera tersebut tetap berkibar di wilayah perbatasan. Hal itu merupakan rasa kecintaan warga di perbatasan negara itu terhadap NKRI.

berita selengkapnya : Merah-Putih Raksasa Dikibarkan di Perbatasan Timor Leste 

Sobat Campusnesia, itu dia tadi 3 upcara bendera unik saat peringatan hari keerdekaan, di daerahmu apa yang unik saat 17 agustus-an? kabari kami ya, tetap semangat dan Merdeka!! / AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor