Kegiatan Khas Masyarakat Indonesia dalam Memperingati Hari Kemerdekaan

7:33:00 PM


Hai sobat campusnesia, apa kabar? kali ini Redaksi menyapa di bulan Agustus, bulan yang spesial bagi masyarakat Indonesia karena pada tanggal 17 Agustus nanti Bangsa kita akan memperingati 71 Tahun Kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita.

Di bulan yang spesial ini, dalam rangka menyemarakan 17 Agustus sebagai Hari kemerdekaan kita, Campusnesia akan menghadirkan artikel menarik seputar peringatan kemerdekaan Indonesia yang ke 71 Tahun.

Kali ini Redaksi akan membahas tentang Kegiatan Khas Masyarakat Indonesia dalam Memperingati Hari Kemerdekaan, apa saja ? mari kita simak,

1. Kerja Bhakti


Sebenarnya bukan hanya menjelang peringatan 17 agustus, tapi kerja bhakti sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya positif masyarakat indonesia, bentuknya adalah secara bersama-sama membersihkan lingkungan. Pada umumnya satu RT bahkan satu kelurahan. Tapi kerja bhaktu semakin berarti menjelang peringatan 17 agustus.

2. Pengecatan Marka Jalan


bukan arka jalan raya provinsi atau kabupaten ya, kalau itu tugas PU. Yang ini adalah inisiatif warga dala rangka menghias lingkungan agar tampak semarak menjelang 17 agustus. setelah lingkungan bersih selaa kerja bhakti, agar lebih indah marka jalan asuk komplek dan gang di cat warna putih. 17-an banget.

3. Pemasangan Umbul-umbul, Bendera dan Lampu hias


Agar suasana makin meriah dan warna-warni, akan sangat mudah ditemui di sepanajng jalan dan masuk gang hiasan umbul-umbul, bendera dan tentu saja kelap-kelip lampu hias di alam hari.

4. Gapura Hias


Gapura atau pintu gerbang masuk desa atau Koplek perumahan, biasanya di hias lebih indah menjelang peringatan 17 agustus. Ada yang hanya menge-cat ulang dan menempel tulisan dan angka tahun HUT, ada juga yang membuat gapura baru baik non permanen menggunakan bambu dan kayu bahkan ada juga yang permanen.

5. Tirakatan


Kegiatan ini Redaksi temui di Semarang, malam menjelang peringatan 17 agustus atau tepatnya tanggal 16 ada kegiatan Tirakatan, yaitu semua warga 1 RT berkumpul di suatu tempat ada gedung perteuan, rumah warga atau ada juga di perempatan. isi acara berisi wejangan dari sesepuh tentang mengenang perjuangan keerdekaan dan bagaimana sebaiknya sebagai generasi muda dan masyarakat pada umumnya mengisi keerdekaan itu, dilanjutkan dengan makan bersama dan kadang kala ada sedikit hiburan.

6. Aneka Lomba dan Jalan Sehat


peringatan 17 agustus dijadikan ajang berkupul dan bersosialisasi antar warga, selain menngkatkan rasa kerukunan juga memupuk rasa nasionalisme. di eebrapa daerah di isi dengan aneka lomba dan jalan sehat. agar acara semakin menarik disediakan hadiah dan doorprise.

Nah itu dia, beberapa kegiatan khas  Masyarakat Indonesia dalam Memperingati Hari Kemerdekaan versi Campusnesia. kalau di daerahmu apa sobat? tetap semangat..Merdekaa!/ AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor