Workshop Penulisan Proposal Bisnis Beastudi Etos Semarang bersama Alumni

12:24:00 PM


Halo sobat Campusnesia, apa kabar nih bulan Desember ini, sebentar lagi sudah menjelang tahun 2017 ya. yang sedang kuliah semangat untuk ujian akhir semesternya ya sebentar lagi libur panjang nih pasti seru.

Bicara yang seru-seru, kali ini redaksi punya liputan menarik datangnya dari aktivitas pembinaan soft skill bidang kewirausahaan teman-teman Beastudi Etos Semarang dari dompet dhuafa. Kali ini dengan tema Workshop Penulisan Proposal Bisnis.

Acara dilaksanakan sabtu 10 Desember 2016 bertempat di asrama putri beastudi etos semarang, diikui puluhan mahasiswa dari berbagai jurusan universitas diponegoro angkatan 2014 yang mendapat beasiswa bestudi etos dan bidik misi.


Dalam workshiop kali ini, pembciaranya adlah mas Achmad Munandar, CEO Loetju.com yang ternyata bisnisnya dari program PMW dikti tahun 2009 dan telah memiliki pengalaman lolos lomba proposal bisnis serta beberapa kali menjadi pembicara dan juri tentang proposal bisnis. Selain itu mas Nandar sapaan akrab beliau juga merupakan alumni program beasiswa ini.

Ketika dihubungi mas nandar menyampaikan, selain karena faktor pengalaman kegiatan alumni berbagi ilmu dengan adik angkatan di beasudi etos juga bagian dari program pengabdian alumni yang namanya kelas inspirasi. Tidak hanya di semarang juga ada di berbagai daerah lain di Indoneia yang terdapat program beasudi etos.


Acara berlangsung kurang lebih 2 jam. setelah sesi pemaparan materi dari pembicara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. banyak pertanyaan menarik salah satunya tentang tips agar sebuah proposal berpeluang lolos seleksi. mas nandar menyampaikan paling tidak harus meiliki ide yang menarik, realistis, dan peluang berkembangnya tinggi. 

Tentang ide mas nandar berbagi tips ide bisa digali dari permasalahan di sekitar kemudian diberikan solusi dengan produk atau jasa atau bisa juga berasal dari ide yang sudah ada kemudian diperdalam mencari ceruk atau pengembangan atas produk dan jasa yang sudah ada.

Ketika diskusi juga banyak dibahas tentang hal di luar penulisan proposal, misalnya pertanyaan dari salah satu peserta bernama Evi tentang motivasi apa yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pengusaha muda apakah cukup hanya motivasi finansial atau perlu juga yang lain. 


Mas nandar menjelaskan bahwa akan lebih baik kalau seorang pengusaha juga memiliki motivasi sosial selain finansial, yang dimaksud motivasi sosial itu misalnya adalah cita-cita untuk menebar manfaat dengan usaha yang diimiliki, membuka lapangan pekerjaan, membantu program sosial dll. dengan demikian ketika target financial tak tercapai tetap memiliki semangat untuk terus bertahan dan berkembang dengan motivasi sosial.

Di penghujung acara mas nandar kembali berpesan bahwa hal penting sebelum menulis proposal bisnis adalah meluruskan niat, tujuannya benar-benar agar idenya didanai dan bisnisnya jalan serta berkembang. bukan semata karena niat ingin lolos seleksi hanya sampai Pimnas misalnya untuk kategori PKM atau sekedar menambah daftar cv. 

Nah seru kan acaranya, sampai jumpa diliputan selanjutnya ya, sampai jumpa./redaksi


BONUS DIGITAL BOOK


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor