6 Kegiatan Produktif saat Liburan Semester ala Campusnesia

7:30:00 PM



Sobat Campusnesia baik yang pelajar atau mahasiswa sudah pada liburan semester kan? wah pasti asyik dan seru ya. Untuk beberapa minggu lepas dari rutinitas akademik yang kadang membosankan dan monoton. Kali ini redaksi punya artikel menarik tentang hal-hal yang bisa dilkukan saat liburan semester agar tetap produktif.

Karena walau liburan, bukan berarti malas-malasan, refreshing tetap bisa dilakukan dengan hal positif dan produktif, nah apa saja 6 hal itu? yuk simak bersama-sama;

1. Magang atau On job Training

Biasanya beberapa kantor dan perusahaan membuka program magang yang diperuntukan bagi pelajar dan mahasiswa. selama magang kamu bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman bagaimana kondisi di tempat kerja sehingga memiliki pengalaman lebih dari pada teman-teman yang belum pernah magang serta ilmu-ilmu yang aplikatif dari disiplin ilmu yang selama ini hanya dipelajari di bangku sekolah atau kuliah. 

Bahkan kalau beruntung dibeberapa instansi atau perusahaan memberikan salary khusus mereka yang magang, walau cuma sebatas uang makan tapi kan lumayan, dapat ilmu dan pengalaman masih dibayar pula. Tips dari redaksi usahakan tepat magang yang kamu pilih sesuai dengan disiplin ilmu yang kaiian pelajari, misal pelajar sekolah grafis di perushaan digital printing atau mahasiswa peternakan di peteknakan.


2. Partime

Yang satu ini memang bekerja ya, tetapi bedanya hanya paruh waktu selama beberapa minggu kalian liburan saja. biasanya pekerjaan partime juga bersifat sederhana yang semua orang bisa tanpa harus punya skill khusus. misal customer service atau waiter di cafe atau restoran. 

Partime mengajarkan kamu tentang dunia kerja dan tentu saja menghasilkan uang. untuk 4-5 jam kerja partime sebagai contoh di tembalang semarang bisa menghasilkan 600-900ribu per bulan. menarik kan untuk dicoba, liburan yang identik dengan menghabiskan uang dengan kerja pratime justru bisa menghasilkan uang.

3. Kursus

Ingin memiliki kompetensi tambahan dan waktu belajarnya tidak mengganggu jam akademik mu? inilah saatnya kursus tertentu di waktu liburan semester. Waktu bebrapa minggu bisa kamu manfaatkan dengan mengambil kursus menyetir mobil misalnya, atau belajar bahasa asing yang kamu inginkan atau menunjang masa depan. atau kalau 2 hal  itu terlalu mainstream cobalah kursus yang unik sekalian misalkan memasak, melukis dll.

4. Buka Bisnis Sendiri

Jangan berfikir bisnis yang berat-berat dan butuh modal besar dulu, karena di era sekarang bahkn tanpa modal dan produk sendiri kamu sudah bisa memulia bisnismu sendiri. gak pecaya? manfaatkan peluang jualan di e-comerce seperti tokopedia atau buka lapak untuk produk, waktu liburan bisa kamu gunakan untuk mencari pordusen-produsen tertentu yang bisa dijualkan produknya.

Sekali-kali ainlah ke pasar, agar memiliki insprasi produk yang bisa dijual, dan kamu bisa dapat harga yang terjangkau apabila membeli langsung dari produsenya. saat liburan usai, boom..kamu sudah punya bisnis baru.


5. Menghasilkan Karya

Tantangan bagi mereka yang mempunyai passion seni apapaun ketika masih berstatus pelajar atau mahasiswa adaah membagi waktu, antara belajar, mengerjakan tugas dan tentu saja meluangkan waktu menghasilkan karya. 

Liburan semester ini adalah saatnya kamu mengambil "me time" untuk hasilkan karya dari passionmu, misalnya kamu yang suka menulis maka cobalah selama liburan hasilkan cerpen, novel atau buku tema tertentu, kamu yang suka musik coba hasilkan lagu baru kamu yang gemar melukis juga demikian. ketika liburan selesai minimal satu karya dalam bidangnmu sudah terwujud. alau kalau beruntung bisa menghailkan uang bila tidak, minimal kepuasan batin bisa kamu dapat, bangga dengan hasil karya senimu.

6. Liburan ke Desa

Terakhir dari redaksi yang mainstream yaitu liburan, tetapi bila budget terbatas atau liburan di tempat ramai sudah biasa bagi kamu, cobalah untuk berwisata ke desa-desa wisata di sana selain bisa meilhat pemandangan yang asri, segar masyarakat yang ramah juga ada beberapa desa wisata yang mengadakan tur kunjungan ke pusat-pusat UKM yang bisa kamu ambil isnpirasinya.

atau yang suka bepergian sendirian cobalah bagpacker-an tapi pastikan kondisi fisik juga siap ya, agar perjalanan lancar dan bisa dinikmati sehingga tubuh dan pikiran fresh dan saat liburan usai, kamu bisa jadi pribadi yang datang dengan semangat baru juga.


yup, itu dia 6 Tips liburan produktif ala campusnesia, kira-kira sobat campusnesia suka yang mana? sharing liburanmu ke campsusnesia dengan meninggalkan komen di bawah yak, terimasih, sampai jumpa./AM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

sponsor