Revolusi Administrasi Desa, Mahasiswa KKN Undip Tingkatkan Pelayanan Masyarakat dengan Hadirkan Daftar Layanan Administrasi di Balai Desa Pener

 
Mahasiswa KKN Undip, Siti Neisya Rahma, 
Bersama Kasi Pelayanan dan Kaur TU dan Umum


Campusnesia.co.id - Pemalang (07/08/2023) – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 melakukan program kerja monodisiplin “Pengadaan Daftar Layanan Administrasi Desa Pener” pada minggu keempat KKN.

Sistem birokrasi di Indonesia telah mengalami transformasi yang signifikan melalui beragam upaya reformasi yang mempunyai tujuan untuk merealisasikan good governance. Agar konsep good governance dapat terpenuhi, pemerintah memiliki tanggung jawab dalam menyediakan layanan yang berkualitas, efisien, dan merata kepada seluruh masyarakatnya. Dalam kata lain, pemerintah sudah sepatutnya mengedepankan kepentingan masyarakat dan menjadikan kesejahteraan masyarakat sebagai prioritas utama dalam keberlangsungan pelayanan publik. 

Kepuasan masyarakat menjadi kunci utama keberhasilan suatu pelayanan yang baik, sebagaimana tercermin dalam tujuan ke-11 dari Sustainable Development Goals (SDGs). Tujuan ini menekankan pentingnya menguatkan masyarakat yang inklusif dan damai untuk pembangunan berkelanjutan, pentingnya menyediakan akses keadilan untuk semua, serta pentingnya pembangunan kelembagaan yang efektif, akuntabel, dan inklusif di segala tingkatan. Apabila masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang mereka peroleh, mereka cenderung lebih berpartisipasi dalam proses pembangunan dan turut aktif dalam mewujudkan kesejahteraan bersama. 

Design Standing Banner

Di Balai Desa Pener sendiri, ditemukan permasalahan, yakni belum tersedianya informasi terkait persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan kepengurusan administrasi kependudukan. Permasalahan ini mengakibatkan proses layanan menjadi kurang efektif karena perangkat desa harus menjelaskan kembali terkait dokumen persyaratan yang semestinya dibawa sehingga mengakibatkan masyarakat pulang kembali untuk mengambil dokumen yang masih kurang. 

Berangkat dari persoalan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Undip 2022/2023 bernama Siti Neisya Rahma Isyak dibawah arahan Dosen Pembimbing Lapangan bapak Drs. Dul Muid, M.Si, Akt, menciptakan daftar layanan administrasi Desa Pener yang informatif agar proses pelayanan menjadi lebih efektif. Daftar layanan ini kemudian dicetak dalam bentuk standing banner dan diletakkan di depan ruang sekretariat Balai Desa Pener agar dapat dilihat oleh masyarakat desa. 

Adanya standing banner berisi informasi terkait daftar layanan administrasi Desa Pener diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memperoleh pengetahuan tentang layanan yang tersedia beserta dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Daftar layanan administrasi ini pun diharapkan dapat memberikan pencerahan dan kesadaran kepada warga desa untuk aktif mengurus administrasi serta memperoleh akses yang lebih baik terhadap pelayanan publik. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon