Tingkatkan Pengetahuan Tentang Stunting dengan Psikoedukasi Parenting: Mahasiswa Undip Berikan Psikoedukasi Parenting sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu Mengenai Stunting



Campusnesia.co.id - Dalam KBBI, pola didefinisikan sebagai sistem, cara kerja, sementara asuh didefinisikan sebagai bimbing, pimpin, sehingga pola asuh dapat didefinisikan sebagai cara membimbing anak. Tak sedikit orang tua yang belum bahkan tidak mengetahui bagaimana cara mengasuh anak dengan baik dan benar terutama hubungannya dengan upaya mencegah stunting.

Salah satu faktor penyebab terjadinya stunting ialah kesalahan ibu dalam mengasuh anak. Perilaku ibu sangat berperan penting dalam mengasuh anak, dimana anak sangat membutuhkan perhatian dan dukungan orang tua dalam menghadapi pertumbuhan dan perkembangan. Namun, masih banyak ibu yang belum mengetahui hal tersebut, sehingga mereka cenderung memberikan pola asuh yang salah terhadap anaknya. Tidak terkecuali orang tua di Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri.

Penyampaian Materi oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip Tahun 2023


Maka dari itu, Naufal Iqyan Subiyakto, mahasiswa KKN Tim II Undip dari Fakultas Psikologi menyelenggarakan program “Psikoedukasi Parenting sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Ibu mengenai Stunting”. Program tersebut diberikan kepada ibu-ibu kader posyandu dan PKK Desa Sidorejo yang dilaksanakan pada hari Selasa, 25 Juli 2023 di aula Balai Desa Sidorejo bersamaan dengan pertemuan rutin ibu-ibu PKK dan kader posyandu Desa Sidorejo.

Program ini dilatarbelakangi dengan tingginya kasus stunting di Desa Sidorejo dan kurangnya aktivitas orang tua bersama anak karena banyak diantara dari mereka yang bekerja sebagai petani dan peternak, serta memiliki keterbatasan waktu terhadap kualitas pengasuhannya. Berdasarkan latarbelakang tersebut dan juga keterkaitan dengan tema yang diusung oleh Universitas Diponegoro pada KKN Tim II tahun 2023 ini terciptalah program tersebut.

Pemberian Booklet kepada Ketua PKK Desa Sidorejo


Psikoedukasi disampaikan melalui prensentasi dan pemberian booklet yang berisi materi-materi mengenai pola asuh, hubungan pola asuh dengan stunting, dan pengasuhan positif. Dengan adanya pemberian psikoedukasi ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan serta pemahaman ibu-ibu PKK dan kader posyandu mengenai pola asuh orang tua yang tepat dan juga nantinya wawasan dan pemahaman tersebut dapat disebarluaskan kepada seluruh warga Desa Sidorejo

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon