Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi dan Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Bagi Pelaku UMKM di Sendangrejo



Campusnesia.co.idMahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro melaksanakan kegiatan pendampingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku usaha di UMKM Tempe Kedelai, Desa Sendangrejo,Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali, Selasa (1/08).

Salah satu bentuk kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan perekonomian yaitu dengan mendirikan Usaha kecil Mikro Menengah (UMKM), karena dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk dapat berwirausaha meskipun dengan modal usaha yang terbilang rendah. Jumlah UMKM setiap tahunnya mengalami peningkatan dengan berbagai jenis bidang usaha.

Dengan potensi UMKM di Sendangrejo, tentunya menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitar, akan tetapi di samping memiliki kelebihan, terdapat pula kekurangan yang mengarah kepada permasalahan terutama terkait dengan bidang perizinan. 

Permasalahan tersebut yaitu, masih terdapat beberapa pelaku UMKM yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB). Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan sebuah identitas untuk para pelaku usaha dalam rangka melaksanakan kegiatan usaha.

Dengan sebagai identitas, maka suatu usaha yang belum memiliki NIB dapat diibaratkan tidak sah secara hukum karena tidak memiliki izin usaha dan tidak pula mendapat perlindungan hukum.

Selain menjadi sebuah identitas, terdapat beberapa manfaat atau keuntungan yang ditawarkan dari kepemilikan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku UMKM antara lain mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha, kemudahan pendampingan dalam pengembangan usaha, kemudahan akses pembiayaan dari lembaga keuangan bank dan non bank, dll. 

Dokumentasi edukasi dan pendampingan 
pembuatan Nomor Induk Berusaha pada salah satu pelaku UMKM


Terkait dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), pemerintah telah menyediakan sebuah pelayanan secara online dengan mudah melalui Online Single Submission (OSS).Website OSS dibentuk dengan tujuan untuk mempermudah dan mempersingkat proses pembuatan perizinan usaha sesuai dengan standar pelayanan. 

Melihat masih adanya pelaku UMKM yang tidak memiliki NIB, mahasiswa KKN Undip melaksanakan program kerja yang sesuai untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada yaitu dengan melakukan edukasi dan pendampingan dalam pembuatan Nomor Induk Berusaha bagi pelaku UMKM. 

Program ini diawali dengan berdiskusi dan mengedukasi mengenai apa aitu NIB, berkas yang dibutuhan dalam mengajukan permohonan, cara mengecek Nomor Induk Berusaha (NIB), dll. Kemudian setelah itu melakukan pendampingan pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB. 

Setelah melakukan pendampingan pendaftaran kemudian memberikan buku pedoman NIB dan menjelaskan kembali berdasarkan materi yang ada pada buku pedoman tersebbut. Dengan melakukan pendampingan pendaftaran NIB dan pemberian buku pedoman pelaku UMKM merasa terbantu.

Dengan adanya pembuatan NIB tersebut diharapkan bisa mempercepat pelaksanaan berusaha dan bisa memperbaiki perekenomian masyarakat di Desa Sendangrejo




Penulis
Zahrotul Aulia


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon