Mahasiswa KKN UNDIP Memperkenalkan Manajemen Stres Ibu di Desa Tiyaran

 


Campusnesia.co.idDesa Tiyaran, (27/07/23). Sebuah kegiatan psikoedukasi yang memiliki fokus terhadap manajemen stres bagi para ibu diselenggarakan oleh Izzatulmila Effendi, seorang mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro. 

Kegiatan ini hadir sebagai respons terhadap pernyataan yang disampaikan oleh Ibu Bidan selaku kader kesehatan Desa Tiyaran, yang mengungkapan bahwa banyak ibu-ibu di desa tersebut mengalami stres dalam pengasuhan anak-anak mereka. Dengan tekad untuk memberikan solusi, Izzatulmila menginisiasi kegiatan psikoedukasi melalui program kerja monodisiplin KKN TIM II Tahun 2023 dengan tujuan agar para ibu dapat melakukan manajemen stres dengan baik, sehingga memiliki kesehatan yang baik pula. Lebih lanjut, ibu sehat mental memberikan banyak dampak positif, tidak hanya bagi ibu, tetapi juga untuk si anak.

Pada tanggal 27 Juli 2023, Balai Desa Tiyaran menjadi tempat berlangsungnya kegiatan psikoedukasi manajemen stres pada ibu. Di tengah suasana yang penuh semangat, Izzatulmila Effendi memberikan paparan terkait stres serta betapa pentingnya manajemen stres dalam konteks pengasuhan anak. 

Tidak hanya itu, agenda kegiatan juga mencakup psikoedukasi secara tidak langsung melalui pembagian poster informatif terkait manajemen stres. Poster-poster ini secara khusus disalurkan kepada kader Posyandu Desa Tiyaran, agar bisa tersebar luas di seluruh penjuru desa. Dengan demikian, informasi yang berharga mengenai manajemen stres dapat diakses dengan mudah oleh para ibu Desa Tiyaran. 

Poster informatif manajemen stres


Dalam pelaksanaanya, kegiatan Psikoedukasi Manajemen Stres pada ibu berlangsung dengan lancar sesuai rencana. Semangat ibu-ibu Desa Tiyaran selaku peserta kegiatan, Ibu Lurah Desa Tiyaran, Ibu Bidan Desa Tiyaran, Ibu Kader PKK Desa Tiyaran, dan Ibu Kader Posyandu Desa Tiyaran, memberikan dukungan besar terhadap kegiatan ini. 

Selain itu, kegiatan ini juga meraih umpan balik yang memuaskan dari para peserta dan pihak terkait lainnya, salah satunya melalui ungkapan “Alhamdulillah kita dapat materi tentang manajemen stres, jarang-jarang loh, syukur juga acara berjalan lancar” ujar Ibu Bidan. Selain itu, salah satu peserta mengutarakan “Makasih banyak Mba materinya, semoga Ibu-ibu bisa melakukan manajemen stres yang baik”. 

Poster informatif manajemen stres

Inisiatifnya dalam menyelenggarakan kegiatan yang relevan dan bermanfaat ini membawa dampak yang positif. Melalui langkah awal ini, diharapkan para ibu di Desa Tiyaran dapat semakin mampu mengatasi stres dalam pengasuhan anak-anak mereka. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon