Tingkatkan Motivasi, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Bagikan Booklet Potensi Budidaya Maggot dan Pemanfaatannya

 


Campusnesia.co.id - Klaten, (28/1). Budidaya maggot merupakan terobosan baru dalam dunia peternakan di Indonesia. Salah satu hambatan yang dihadapi para peternak adalah mahalnya harga pakan yang kemudian berdampak pada tingginya biaya produksi. Dampak dari permasalahan tersebut pada akirnya harus ditanggung oleh masyarakat secara luas, harga produksi yang tinggi otomatis membuat harga jual yang semakin tinggi juga.

Maggot hadir sebagai solusi bagi para peternak. Kombinasi maggot dan pakan parikan menjadi kombinasi yang sangat cocok bagi pakan ternak. Maggot memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan hewan pakan. Penggunaan maggot sebagai tambahan pakan ternak memiliki beragam manfaat, salah satunya yaitu dapat mempercepat kenaikan bobot ternak serta menambah daya tahan tubuh ternak sehingga ternak tidak mudah terkena penyakit.


Harga maggot yang relatif lebih murah dibanding harga pakan pabrikan tentunya menjadi alternatif bagi para peternak untuk menekan harga produksi mereka. Selain menjadi penolong para peternak, maggot juga merupakan organisme yang dapat membantu permasalahan sampah di lingkungan. Sekitar 750 kg maggot mampu mengurai 2 ton sampah organik dalam kurun waktu 2-3 minggu saja.

Banyaknya usaha ternak yang dilakukan oleh masyarakat membuat potensi bisnis maggot menjadi sangat menjanjikan. Beberapa alasan yang dapat dijadikan motivasi untuk membudidayakan maggot diantaranya, yaitu:

- Lalat maggot tidak membawa sumber penyakit; 

- Budidaya maggot tidak memerlukan lahan yang luas;

- Permintaan pasar maggot yang sangat tinggi;

- Maggot merupakan sumber protein hewani yang tinggi; serta

- Maggot merupakan decomposer sampah organik.

Dalam rangka meningkatkan motivasi masyarakat untuk membudidayakan maggot, Tim 1 KKN Undip membuat booklet dengan judul, “Potensi Budidaya Maggot dan Pemanfaatannya”. Booklet tersebut berisi informasi mengenai pengertian maggot, keunggulan maggot, manfaat maggot, cara budidaya maggot, produk yang dihasilkan dari proses budidaya maggot, serta pemanfaatan maggot bagi hewan ternak. Dengan adanya booklet budidaya maggot tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai maggot dan memunculkan motivasi diri untuk membudidayakanmaggot.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon