Alur Cerita dan Review Kamen Rider Black Sun, Remake yang Fan Service Banget



Campusnesia.co.id - Jumat 28 Oktober 2022 lalu bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda dan hari ulang tahun saya sebuah series berjudul Kamen Rider Black Sun rilis diplatform streaming Prime Video dari Amazon.

Mengikuti kebiasaan Netflix, Prime video langsung merilis 10 episode dengan durasi rata-rata 40 menit. Wah nostalgia banget menonton pahlawan masa kecil dalam cerita, tampilan dan gaya baru.

Kamen Rider Black Sun judul dalam bahasa jepang 仮面ライダーBLACK SUN, Kamen Raidā Burakku San) adalah seri web tokusatsu Jepang dan merupakan reboot dari seri 1987 Kamen Rider Black. 

Sebuah produksi bersama antara Ishimori Productions dan Toei, serial ini disutradarai oleh Kazuya Shiraishi dan dirilis di seluruh dunia melalui Amazon Prime Video pada 28 Oktober 2022.[2] Serial ini merupakan bagian dari perayaan 50 tahun Kamen Rider Series, juga merayakan 35 tahun Kamen Rider Black.

Series ini diberi rating 18+ dari Amazon Prime Video wajar karena menampilkan adegan brutal, berdarah dan kekerasan, jika sobat sudah nonton kamen Rider Amazon versi Prime Video, percayalah Kamen Rider Black Sun jauh lebih sadis.


Sinopsis Kamen Rider Black Sun 2022
Kotaro Minami Hidetoshi Nishijima 



Daftar Pemeran Kamen Rider Black Sun 2022
Kotaro Minami Hidetoshi Nishijima 
Nobuhiko Akizuki Tomoya Nakamura
Minami Kotaro Muda Aoi Nakamura
Bilgenia Takahiro Miura 
Bat Kaijin Takuma Otoo 
Paus KaijinGaku Hamada
Baraom Pretty Ohta
Bishium Yō Yoshida 
Bishium Muda Mana Sakurai  
Darom  Nakamura Baijaku 
Darom Muda Nao Okabe 
Aoi Izumi  Kokoro Hirasawa 
Shunsuke Komatsu  Kengo Kimura 
Kaijin Kutu  Daisuke Kuroda 
Anemon Kaijin  Issei Okihara  
Perdana Menteri Shinichi Donami  Lou Ohshiba 
Shinichi Donami Muda Oshiro Maeda 
Isao Nimura  Toshinori Omi 
Sekretaris Jenderal  Minori Terada 
Wataru Igaki  Hiroki Konno  
Oliver Johnson  Moctar 



Poster Kamen Rider Black Sun 2022


Trailer Kamen Rider Black Sun 2022



((Spoiler Alert))

Review Kamen Rider Black Sun 2022
Dua kata untuk series Kamen Rider Black Sun 2022 Keren dan Nostalgia, dulu nonton di RCTI setiap sore dan itupun di satu dukuh baru ada satu dua orang yang punya tv antena UHF dengan layar hitam putih, gambar tidak jernih dan berjubel bersama anak-anak sekampung.

28 Oktober 2022 kemarin dalam rangka memperingati 50 tahun Kamen Rider, TOEI Company membuat proyek khusus remake Kamen Rider Black Sun yang ditayangkan lewat platform streaming Prime Video.

Dari sisi suit, Kamen Rider Black Sun dan Shadow Moon menggunakan konsep awal pengarangnya yaitu Shotaro Ishinomori lebih mendekati model monster ketimbang versi series aslinya yang tayang tahun 1987.

Kamen Rider Black dan Shadow Moon diceritakan masih sama hasil dari percobaan penciptaan cyborg dan nama karakternya juga yaitu Kotaro Minami dan Nabuhiko.

Jalan cerita dibuat lebih realistis dan konteks sejarah berlatar mulai dari tahun 1936 saat perang asia, pemerintah jepang kala itu ingin menciptakan prajurit perang yang tangguh, menggabungkan kekuatan serangga dan tumbuhan dipadukan denga teknologgi tercanggih saat itu guna menghasilkan manusia cyborg.

Model pertama berhasil dengan nama Sang Raja Pencipta saat terjadi gerhana matahari, selang berapa lama beberapa prfesor mengubah Kotaro dan Nabuhiko yang masih kecil jadi cyborg juga atau dalam series ini disebut Kaijin.

Episode awal hingga 5 intriks politik lebih ditonjolkan, plot bahwa manusia memprotes kehadiran Kaijin atau cyoborg. Konflik ini mengingatkan saya pada cerita X-Men dimana manusia dan mutant berseteru.

Atau bisa juga diartikan tentang isu imigram dan pengungsi di berbagai negara saat ini, bahkan konon katanya orang jepang asli tidak suka dengan pendatang, mereka menyebut para pendatang sebagai Kaijin (referensi dari film fast furious tokyo drift).

Origin story bagaimana para Kamen Rider dan kaijin lahir juga diceritakan dengan apik, hasil penelitian dan digunakan untuk kepentingan segelintir politisi.

Isu kesetaraan dan toleransi sangat kuat dalam series ini. 

Kalaupun ada perbedaan mungkin bagaimana kehidupan Kotaro, di series versi ultah ke 50 ini ia dulu adalah mahasiswa yang terlibat gerakan aktivisme menuntut kesetaraan antara manusia dan kaijin.

Gorgom juga bukan hanya organisasi bawah tanah tapi menjelma menjadi partai yang membawa aspirasi para Kaijin, sayang mereka dimanfaatkan oleh perdana menteri.

Sisi action tentu tak kalah penting, benar-benar brutal penuh darah makanya wajar jika ratingnya 18+ lebih parahd ari series remake Kamen Rider Amazon yang juga tayang di Prime Video.

Jujur sebagai fans sejak kecil, saya menunggu momen kapan Kamen Rider akan bertransformasi dalam wujud yang lebih cyoborg dan itu akan muncul tenang saja.

Momen lain yang saya tunggu adalah ketika Kamen Rider melakukan Rider Kick atau Tendangan Maut dan Pukula Matahari, walau tidak sambil berteriak "Rider Kick..." namun pas adegan itu munucul rasanya wah.

Pedang mataharinya bukan muncul dari sabuk tapi dari kaki belalangnya yang dilepas dan diluruskan jadi kaku seolah pedang, sangat realistis.

Oh ya pedan Shadow Moon yang bergagang emas dan bermata pedang warna merah juga muncul seperti original seriesnya, pedang ini rupanya adalah kelemahan kaijin sang pencipta akanya diletakan di atas singgahsananya dan bakal jadi senjata pamungkas. 

Belum lagi final episode yang lagu opening scene dan lagunya menggunakan original soundtrack series tahun 1987 yang dibawakan oleh Tetsuo Kurata dan  Takayuki Miyauchi lengkap dengan adegan pintu garasi terbuka, kamen rider black muncul berjalan mendekati belakang tempur dan melaju di pinggir laut.

Rekomended pokonya, selamat menonton.




Link streaming Kamen Rider Black Sun 2022 Prime Video klik di sini.



Rencana untuk seri Kamen Rider yang ditujukan untuk orang dewasa sudah ada pada 2019, direncanakan untuk ulang tahun ke-50 franchise tersebut. Kazuya Shiraishi menyatakan minatnya pada proyek tersebut setelah mengetahuinya dari produser Toei Taisuke Furuya; Beberapa bulan kemudian, produser Shinichiro Shirakura menawarkan Shiraishi peran sebagai sutradara, mengungkapkan bahwa proyek tersebut adalah reboot dari Kamen Rider Black.

Karena kurangnya pengalaman Shiraishi dalam tokusatsu, Shirakura mencari seorang seniman konsep yang berpengalaman untuk membantu menyempurnakan gaya visualnya; Shiraishi meminta sutradara veteran tokusatsu Shinji Higuchi. 

Higuchi, yang tidak didekati untuk mengerjakan Shin Kamen Rider (disutradarai oleh rekan sutradara Shin Godzilla, Hideaki Anno), percaya bahwa dia "mungkin tidak akan terlibat dalam Kamen Rider." 

Namun, setelah mengetahui keterlibatan Shiraishi dan basis Kamen Rider Black, Higuchi menerimanya. Higuchi kemudian mengundang Kiyotaka Taguchi untuk menjadi direktur efek khusus, yang "diterima tanpa berpikir dua kali."

Shiraishi menonton Kamen Rider Black asli sebagai persiapan untuk mengerjakan Black Sun. Dia mulai mengembangkan cerita, dengan fokus pada "kesedihan" dari aslinya dan menekankan hubungan antara Kohtaro Minami dan Nobuhiko Akizuki. 

Mirip dengan karya-karyanya sebelumnya, Shiraishi juga berusaha untuk mengatasi masalah sosial kontemporer dalam cerita. Meskipun Toei bertujuan untuk menarik pemirsa dewasa, Shiraishi berharap serial ini dapat dinikmati oleh anak-anak juga. Fotografi utama dibungkus pada Maret 2022.


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon