Pengalaman Saya Jadi Kolektor Pemula Shodo Kamen Rider dan Sejarah Kamen Rider




Campusnesia.co.id - Sebagai generasi 90an saya bersyukur tumbuh dengan beragam series tokusatsu dari Ultraman, Ksatria Baja Hitam atau Kamen Rider dan Power Ranger atau Super Sentai serta Metal Hero dari Jiban, Winspektor, Janperson, Jiraiya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat bermain bersama teman, kami suka saling berperan jadi super hero di atas, menirukan gaya berubah, transform atau hensinnya, rebutan siapa yang jadi ranger merah dan membuat mainan ala kadarnya seolah-olah itu adalah senjata jagoan kami.

Jauh ketika dewasa atau sebut saja tua, saya baru tahu bahwa ada mainan yang dibuat berdasar karakter super hero di atas. Ada yang berupa miniatur, kendaraan yang bisa jadi robot serta patung yang bisa digerakan sendinya. Setahu saya namanya SHF.

Mengutip laman duniaku.net, S.H.Figuarts atau yang akan kita singkat SHF adalah lini mainan keluaran Bandai yang biasanya terfokus pada serial Tokusatsu, seperti SHF dari serial Kamen Rider, Super Sentai, Metal Hero, bahkan pahlawan barat seperti Superman, Batman, dan Iron Man.

Namun ternyata harganya mahal gauys, paling murah bisa 500an ribu hingga jutaan. Jujur walau sudah kerja dan menghasilkan uang nominal segitu untuk sebuah mainan masih terasa mahal bagi saya, hingga saya menemukan alternatif mainan bernama Shodo.

SHODO merupakan lini baru dari kategori Candy Toys buatan Bandai. Varian mainan yang satu ini, sesuai namanya menyertakan permen dalam setiap box karakternya.

Secara artikulasi sendi-sendi kepala, badan, tangan, kaki dan variasi jari-jari mirip dengan SFH namun dari sisi harga terpaut jauh. Dari pengalaman survey di marketplace Shopee dan Tokopedia mainan Shodo dibanderol mulai harga 100.000an hingga ratusan ribu.

Murah dan mahalnya Shodo tergantung karakter apa yang mau kita beli, Kamen Rider era awal seperti Ichigo, Kamen Rider Black, Black RX, Robo dan Bio rata-rata dijual di atas 200.000an sedang jenis seperti Kuuga atau karakter yang kurang populer seperti Kamen Drive dll kisaran 100-115.000 an. 

Dugaan saya harga dari Jepang sono mungkin sama ya, paling di bawah 100.000an rupiah, namun ketika sampai di Indonesia dan banyak peminatnya lalu digoreng hingga harganya mahal seperti itu.
n

Sebagai pemula dalam kurun waktu sekitar tujuh bulan sudah membeli tiga Shodo Kamen Rider dari era Showa yaitu Kamen Rider Black RX yang dalam versi Indonesia bernama Ksatria Baja Hitam dulu tayang di RCTI, kemudian Kamen Rider Super One dan Kamen Rider Kuuga.

Untuk Kamen Rider Black RX saya dapatkan harga 200.000an, Kamen Rider Super One harga 136.000 dan Kuuga 115.000. Apakah worth it? sebagai seorang penggemar Kamen Rider dan kolektor tentu saja menurut saya sepadan, walau jarang sekali dimainkan kalau lagi pengen posenya diubah, difoto dan divideo sekedar dibagikan ke story wa atau sosial media. Cukup jadi sebuah stress release.

Mungkin sobat pembaca ada yang berpikir pemborosan atau buang-buang uang. Bisa jadi demikian tapi kalau mau menggunakan sudut pandang seorang entrepreneur beli mainan Shodo, Gunpla Gundam atau Hot Wheels bisa jadi sarana investasi juga, kelak setelah sekian tahun walau sudah second, kalau ketemu orang yang tepat harganya bisa naik signifikan sebagai kolektible item, so ya semua kembali ke masing-masing saja, yang penting gunakan uang dingin jangan sampai beli mainan atau hobi yang lain dengan uang untuk kebutuhan pokok, apalagi harus sampai hutang, kalau uangnya belum cukup tahan dulu, nabung dulu baru kemudian beli sesuai yang diimpikan.

Sebagai informasi saya akan sedikit memberikan gambaran tentang masing-masing karakter Shodo Kamen Rider koleksi saya, siapa tahu sobat jadi penasaran dan mulai mau nonton seriesnya.


1. Kamen Rider Black RX atau Ksatria Baja Hitam


Ksatria Baja Hitam RX atau judul aslinya Kamen Rider BLACK RX, adalah program acara serial televisi ciptaan Shotaro Ishinomori yang dibuat oleh Toei. Kamen Rider BLACK RX adalah serial Kamen Rider yang ke-9 dari serangkaian serial Kamen Rider, dan juga acara Kamen Rider final pada periode Showa. Serial yang terdiri dari 47 episode ini merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System / TBS, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 23 Oktober 1988 sampai dengan tanggal 24 September 1989.

Di Indonesia, serial BLACK RX ditayangkan oleh stasiun televisi RCTI pertama kali pada 14 Agustus 1993 dengan dubbing Bahasa Indonesia dan sering disingkat dengan nama KBH RX.

Pada versi Amerika Serikat, serial BLACK RX ini disesuaikan dan digunakan pada Masked Rider oleh Saban Entertainment.

Musuh yang sobat ingat pasti Shadow Moon dan Raha Krisis. Series ini sangat populer, nama karakter yang berubah jadi Baja Hitam namanya Kotaro Minami, kelak ia bisa berubah jadi RX Robo dan RX Bio, sepeda motornya bernama Belalang Tempur dan punya kekuatan Tendangan Maut serta Pedang Matahari.



2. Kamen Rider Super One atau Ksatria Baja Hitam Super One


Ksatria Baja Hitam Super One atau memiliki judul asli Kamen Rider Super-1 dalam bahasa Inggris: Masked Rider Super-1 atau Super One adalah program acara serial televisi karangan Shotaro Ishinomori yang dibuat oleh Toei. Kamen Rider Super-1 adalah serial Kamen Rider yang ke-7 dari serangkaian serial Kamen Rider. 

Serial yang terdiri dari 48 episode ini merupakan hasil produksi bersama Mainichi Broadcasting System / TBS, dan disiarkan di Jepang mulai tanggal 17 Oktober 1980 sampai dengan tanggal 3 Oktober 1981. Di Indonesia, program ini ditayangkan oleh RCTI pada tahun 1995 setiap hari Selasa dan Kamis sebagai tayangan pengganti serial Ksatria Baja Hitam RX yang sudah tayang sebelumnya.

Shunsuke Takasugi, yang memerankan karakter utama Super-1, Kazuya Oki di kehidupan nyata punya kemampuan bela diri yang mumpuni, kalau ingat rambutnya jadi ingat Jacky Chan dengan kungfunya.

Selain tendangan maut atau Rider Kick, Kamen Rider Super One punya aneka tangan bionic yang jadi senjata misalnya tangan api, tangan emas, tangan badai dan lainnya.


3. Kamen Rider Kuuga 


Masked Rider Kuuga atau Kamen Rider Kuuga adalah sebuah serial televisi yang ke-10 dalam francais tokusatsu Kamen Rider. Kuuga adalah perusahaan patungan dengan Ishimori Productions dan Toei. Serial ini adalah ditayangkan di TV Asahi mulai tanggal 30 Januari 2000 hingga tanggal 21 Januari 2001 dan berjumlah 49 episode. Sementara ditayangkan di Indonesia oleh tv RCTI.



Sejarah Kamen Rider atau Ksatria Baja Hitam

Nah itu tadi sedikit trivia dari Shodo Kamen Rider koleksi saya, sebagai informasi tambahan Serial Kamen Rider atau dalam bahasa Jepang aslinya Kamen Rider Series (仮面ライダーシリーズ, Kamen Raidā Shirīzu, terjemahan resmi: Masked Rider Series)—sempat diterjemahkan menjadi "Ksatria Baja" ketika ditayangkan di Indonesia— adalah sebuah Waralaba media untuk Manga dan program drama Televisi dan film tokusatsu, yang diciptakan oleh seorang mangaka, Shotaro Ishinomori. Kamen Rider adalah serial yang bertemakan pahlawan super yang selalu mengendarai sepeda motor dan bermotif serangga melawan organisasi penjahat super, yang dikenal sebagai kaijin (怪人). 

Waralaba ini pertama kali menayangkan serial televisi Kamen Rider pada tahun 1971, di mana seorang mahasiswa yang bernama Takeshi Hongo dan usahanya untuk mengalahkan organisasi penakluk dunia, Shocker. Popularitasnya berkembang; serial asli melanjutkan sekuel televisi dan film dan meluncurkan Ledakan Kaiju Kedua (juga dikenal sebagai Henshin Boom) di televisi Jepang selama awal 1970-an, yang berdampak pada superhero dan genre aksi-petualangan lainnya di Jepang.


A. Era Showa


Diproduseri oleh Toru Hirayama (平山 亨, Hirayama Tōru) dan dirancang oleh Shotaro Ishinomori (kreator waralaba Cyborg 009),, Kamen Rider pertama kali tayang pada tanggal 03 April 1971, awalnya dimaksudkan sebagai adaptasi dari Manga Ishinomori Skull Man. Dia dan Hirayama mendesain ulang karakter utama agar menyerupai seekor Belalang. Sang pahlawan Takeshi Hongo, yang diperankan oleh Aktor dan Stuntman Hiroshi Fujioka digambarkan sebagai manusia bisa berubah menjadi transformed human (改造人間, kaizō ningen) (cyborg). 

Selama pembuatan film episode 10, Fujioka mengalami kecelakaan yang menyebabkan dia terlempar dari motornya selama syuting dan melukai kedua kakinya. Karakternya diganti sampai diperkenalkannya karakter lain, Hayato Ichimonji (diperankan oleh Takeshi Sasaki pada episode 14. Kembalinya Fujioka sebagai Takeshi Hongo di episode 53 menyatukan dua aktor dan Kamen Rider 1 dan 2 muncul di setiap pertunjukan paruh pertama seri pada era Shōwa. Serial ini tayang dari April 1971 hingga Januari 1976 (Kamen Rider, V3, X, Amazon, Stronger) termasuk karakter mentornya, Tobei Tachibana.

Setelah empat tahun hiatus setelah berakhirnya tayang serial Kamen Rider Stronger, waralaba tersebut kembali ke siaran televisi pada Oktober 1979 selama dua tahun bersama serial The New Kamen Rider dan Kamen Rider Super-1. Dalam pertunjukkan ini, Tachibana digantikan oleh karakter yang serupa bernama Genjiro Tani (谷 源次郎, Tani Genjirō). Serial terbaru tahunan berakhir hiatus selama tahun 1980-an, diselingi oleh Kamen Rider ZX pada acara special Kelahiran ke-10! Semua Kamen Rider Bersama-sama!!. (Proyek terakhir Hirayama untuk waralaba ini).

Serial Ksatria Baja Hitam tayang perdana pada tahun 1987, serial ini tidak melibatkan hubungan dengan para Ksatria pendahulunya. Ksatria Baja Hitam adalah waralaba pertama yang memiliki sekuel serial: Ksatria Baja Hitam RX, yang menjadi dasar cerita dari adaptasi Amerika Masked Rider. Pada episode terakhir KBH RX, sepuluh Ksatria kembali untuk membantu Baja Hitam RX untuk mengalahkan Crisis Empire. 

Ksatria Baja Hitam RX adalah pertunjukan terakhir yang diproduksi selama era Shōwa, dengan waralaba yang melanjutkan produksi pada akhir abad ke-20. Ksatria Baja Hitam telah dibuatkan dalam bentuk Novel dan digambarkan ulang dari kelanjutan serial Ksatria Baja Hitam RX. Absen dari televisi selama tahun 90-an, waralaba tersebut tetap hidup melalui pertunjukan panggung, CD musikal, dan film Shin, ZO, dan J.



B. Era Heisei Fase Pertama
Pada bulan Mei 1999, Toei mengumumkan proyek terbaru Kamen Rider Kuuga.Kuuga adalah bagian dari kebangkitan Ishinomori pada tahun 1997 waralaba Kamen Rider dalam persiapan untuk peringatan 30 tahun, tetapi dia meninggal dunia sebelum pertunjukan itu terwujud. Selama musim panas 1999, Kuuga dipromosikan melalui iklan majalah dan iklan TV. Pada 30 Januari 2000, Kamen Rider Kuuga tampil perdana dengan dibintangi oleh pendatang baru Joe Odagiri.

Pada tahun 2005, film Kamen Rider The First dirilis. Di tulis oleh Toshiki Inoue, film ini menata kembali manga dan serial televisi asli dan karakter dari serial asli beserta diubah alur ceritanya agar sesuai dengan zaman berdasarkan waktu film. Diperankan oleh Masaya Kikawada sebagai Takeshi Hongo dan Hassei Takano (sebelumnya berperan sebagai Miyuki Tezuka/Kamen Rider Raia dalam serial Kamen Rider Ryuki) sebagai Hayato Ichimonji. 

Di lanjutkan dengan sekuelnya yang tayang pada 2007, Kamen Rider The Next yang mengambil adaptasi dari serial Kamen Rider V3, diperankan oleh Kazuki Kato (sebelumnya berperan sebagai Daisuke Kazama/Kamen Rider Drake dalam serial Kamen Rider Kabuto) sebagai Shiro Kazami dan dengan Kikawada dan Takano mengulangi kembali peran mereka.

Serial ke-delapan, Kamen Rider Den-O tayang pada tahun 2007. Berbeda dari seri Kamen Rider sebelumnya, serial ini memperkenalkan seorang pengendara yang tidak yakin pada dirinya sendiri. Seri ini memiliki kendaraan besar, DenLiner: sebuah Kereta Peluru yang bisa menjelajahi waktu. Meskipun seri ini hanya memiliki dua ksatria (Den-O dan Zeronos), mereka memiliki beberapa bentuk yang mirip dengan kekuatan Ksatria Baja Hitam RX, Kuuga, dan Agito. 

Karena popularitas Den-O, gabungan film kedua dengan seri 2008 Kamen Rider Kiva dirilis pada 12 April 2008. Film ini berada di puncak pada saat pekan pembukaannya, menghasilkan pendapatan 730 Juta Yen. Sebagai tambahan, Animate memproduseri sebuah OVA, Imagin Anime dengan versi SD dari karakter Imagin. Film ketiganya Saraba Kamen Rider Den-O: Final Countdown (dengan dua ksatria barunya) adalah epliog untuk serial ini. Menurut Takeru Satoh, yang menjadi Karakter utama dalam Serial dan film ini menyatakan bahwa kunci sukses dalam serial ini adalah Humor.

Seri 2009, Kamen Rider Decade, diperingati sebagai ulang tahun ke 10 Waralaba serial yang tayang pada era Heisei. Serial ini menampilkan penyanyi jepang, Gackt yang menyanyikan lagu pembuka serial dengan judul "Journey Through the Decade" dan lagu tema film ("The Next Decade") dan bercanda untuk menyatakan minat bermain sebagai penjahat di acara itu.
 
Diumumkan juga pada tahun 2009 adalah film Keempat Den-O (Kemudian terungkap sebagai awal dari seri film Cho-Den-O), dimulai dari Cho Kamen Rider Den-O & Decade Neo Generations: The Onigashima Warship. Dalam majalah Kindai edisi Maret 2009, bintang dari Serial Kamen Rider Decade, Masahiro Inoue mengatakan serial tersebut dijadwalkan hanya memiliki 30 episode.



C. Era Heisei Fase Kedua
Iklan pada bulan Mei, Juni, dan Juli 2009 mempromosikan debut Kamen Rider W, yang pertama kali muncul di pertunjukan Masked Rider Live ke-10, dan muncul pada film Kamen Rider Decade: All Riders vs. Dai-Shocker. Staf W mengatakan bahwa mereka berencana untuk membuat 10 tahun lebih dari Kamen Rider, membedakan seri berikutnya dari Kuuga melalui periode Decade (termasuk penggantian jadwal siaran baru dari September satu tahun hingga sekitar Agustus berikutnya). Kamen Rider W adalah Kamen Rider pertama yang berubah dari dua orang menjadi satu tubuh dan serial ini tayang perdana pada 6 September 2009.
n

Melanjutkan ke tahun 2010 dengan film Kamen Rider × Kamen Rider W & Decade: Movie War 2010 W tayang dari September 2009 hingga September 2010, bukan seperti serial sebelumnya dari Januari hingga Januari. Film saga dari seri Cho Den-O, yang dikenal dengan Kamen Rider × Kamen Rider × Kamen Rider The Movie: Cho-Den-O Trilogy dirilis pada tahun 2010. 

Akhir tahun 2010, Kamen Rider OOO dirilis setelah serial Kamen Rider W tamat, dan pada tahun 2011 diperingati 40 tahun dari waralaba tersebut. Perayaan tersebut memperkenalkan sebuah Idol Grup Kamen Rider Girls, Film OOO, Den-O, All Riders: Let's Go Kamen Riders (rilis tanggal 1 April) dan Suksesor Kamen Rider OOO, Kamen Rider Fourze, yang mereferensikan ksatria sebelumnya ke dalam nama karakter dan plotnya. Gabungan film, Kamen Rider × Super Sentai: Super Hero Taisen, yang dirilis pada tahun 2012 melibatkan semua Kamen Rider dan Super Sentai hingga saat ini.

Dengan tamatnya serial Fourze pada tahun 2012, Kamen Rider Wizard pertama kali tayang dengan karakter utamanya mengunakan ilmu sihir. Wizard pertama kali memperkenalkan karakter dan Pemeran Homoseksual yang diperankan oleh Kaba-chan. Film Kamen Rider × Super Sentai × Uchuu Keiji: Super Hero Taisen Z adalah sekuel dari Super Hero Taisen dengan melibatkan karakter dari serial Metal Hero dari film Uchuu Keiji Gavan: The Movie dan karakter lain ciptaan Shotaro Ishinomori tampil pada Kamen Rider × Kamen Rider Wizard & Fourze: Movie War Ultimatum dirilis pada tahun 2013.

Pada 20 Mei 2013, Toei mengajukan beberapa merek dagang dengan judul Kamen Raidā Gaimu (仮面ライダー鎧武(ガイム)). Kamen Rider Gaim ditampilkan pada tanggal 25 Juli 2013 mengungkapkan dengan tema Zaman Sengoku dan bermotif Buah-Buahan,dengan cerita para Kamen Rider bersaing satu sama lain dan Gen Urobuchi sebagai Penulis Utama dalam serial ini.


Film ketiga Super Hero Taisen, Heisei Rider vs. Showa Rider: Kamen Rider Taisen feat. Super Sentai, menandai ulang tahun ke-15 serial Kamen Rider era Heisei dengan melibatkan konfilk antara 15 Ksatria era Showa dan 15 Ksatria era Heisei dengan Kamen Rider Fifteen dan penampilan cameo oleh ToQgers dan Kyoryugers. Film ini juga menandai dimulainya Haruyasumi Gattai Supesharu (春休み合体スペシャル, Spring Break Combined Special) yang melibatkan setiap tahun Kamen Rider yang bekerja sama dengan tim Super Sentai saat ini dalam sebuah kisah yang berkaitan dengan entri tahun itu dalam seri film Super Hero Taisen. 

Setelah Gaim tamat pada tahun 2014, diperkenalkannya serial Kamen Rider Drive yang mana Kamen Rider pertama sejak Ksatria Baja Hitam RX (yang juga menggunakan sepeda motor), menggunakan mobil daripada sepeda motor. Film keempat seri Super Hero Taisen, Super Hero Taisen GP: Kamen Rider 3 memperkenalkan Kamen Rider 3 untuk pertama kalinya diadaptasikan ke dalam Live-Action dari manga Showa Kamen Rider. Kamen Rider Ghost diperkenalkan pada tahun 2015. Pada tahun 2016 seri Kamen Rider merayakan hari jadinya yang ke 45, dan Toei merilis film Kamen Rider 1 pada tanggal 26 Maret 2016.

Kamen Rider Ex-Aid diperkenalkan pada tahun 2016 dan pertama kali serial ini mempunyai karakter Kiriya Kujo yang bisa berubah menjadi motor utama Ksatria. Film Kamen Rider Heisei Generations: Dr. Pac-Man vs. Ex-Aid & Ghost with Legendary Rider diluncurkan pada tanggal 16 Desember 2016 dengan melibatkan karakter game Pac-Man, karakter asli ciptaan Namco yang merger dengan Bandai pada tahun 2006. Setelah Ex-Aid tamat, Kamen Rider Build tayang perdana pada 3 September 2017.

Seri kedua puluh dan terakhir dari era Heisei, Kamen Rider Zi-O yang memperingati 20 tahun era Heisei, ditayangkan perdana pada 2 September 2018. Pada tanggal 22 Desember 2018, sebuah film untuk memperingati semua Ksatria Era Heisei berjudul Kamen Rider Heisei Generations Forever ditayangkan perdana di bioskop Jepang.


D. Era Reiwa


Pada 13 Mei 2019, Toei mengajukan merek dagang dengan nama Kamen Rider Zero-One (仮面ライダーゼロワン Kamen Raidā Zerowan). Setelah Zero-One ditayangkan, muncullah Kamen Rider Saber . Dan dalam rangka 50 tahun peringatan serial ini yang bersamaan dengan 45 tahun peringatan Super Sentai Toei meluncurkan film Super Hero Senki . Kemudian di tahun 2021 muncul rider baru yang juga merupakan rider peringatan 50 tahun berjudul Kamen Rider Revice.

Setelah Kamen Rider Rivice tamat dlanjutkan dengan Kamen Rider Gotchard, Kamen Rider Gotchard (仮面ライダーガッチャード, Kamen Raidā Gatchādo) adalah sebuah drama Tokusatsu Jepang dalam Seri Kamen Rider Perusahaan Toei. Ini adalah seri kelima yang debut di Era Reiwa dan seri ketiga puluh delapan secara keseluruhan. Serial ini ditayangkan perdana pada 3 September 2023, bergabung dengan Ohsama Sentai King-Ohger dalam jajaran Super Hero Time setelah final Kamen Rider Geats. Setelah King-Ohger tamat, Gotchard akan bergabung dalam line-up Super Hero Time oleh Bakuage Sentai Boonboomger pada 3 Maret 2024.




Oke guys demikian tadi postingan kita kali ini tentang Pengalaman Saya Jadi Kolektor Pemula Shodo Kamen Rider, semoga bermanfaat sampai jumpa.




Penulis
Nandar


===


===
Baca juga:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon