Mahasiswa KKN Tematik KHDTK 2024 Hasilkan Peta Potensi UMKM Pengembang dan Pemasar Produk Olahan Minyak Atsiri di Kelurahan Susukan, Ungaran Timur



Campusnesia.co.id - Ungaran, 23 Februari 2024 - Dalam upaya meningkatkan pendapatan masyarakat di Kelurahan Susukan, Ungaran Timur, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang bernama Damar Prasetyo telah berhasil menyelesaikan sebuah proyek yang dapat membantu pengembangan dan pemasaran produk minyak atsiri dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di sekitar wilayah tersebut khususnya Anggota dari Kelompok Tani KHDTK Undip.

Melalui penelitian yang cermat, Damar Prasetyo berhasil mengidentifikasi 51 titik lokasi UMKM Rumah Toko dan 3 UMKM berjenis Cafe di sekitar Kelurahan Susukan. Hasil penelitiannya juga menunjukkan persebaran UMKM tersebut di berbagai Rukun Warga (RW), dengan rincian sebanyak 7 titik di RW 1, 11 titik di RW 2, 6 titik di RW 3, 5 titik di RW 4, 10 titik di RW 5, 7 titik di RW 6, dan 7 titik di RW 7.

Tujuan dari program ini adalah sebagai penunjang agar masyarakat kelompok Tani Kelurahan Susukan ketika dapat memanfaatkan potensi tanaman atsiri di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Penggaron untuk meningkatkan pendapatan ekonomi mereka. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan tanaman atsiri tersebut sebagai sumber penghasilan yang berkelanjutan.

Selain itu, Damar Prasetyo juga menawarkan solusi untuk memasarkan produk-produk minyak atsiri dari UMKM tersebut melalui platform online. Hal ini diharapkan dapat membantu penggait usaha untuk menjangkau masyarakat luas dan meningkatkan visibilitas Kelurahan Susukan sebagai tempat yang terkenal akan UMKM penghasil produk dari Minyak Atsiri.

Peta potensi UMKM Pengembang dan Pemasar minyak atsiri yang telah disusun oleh Damar Prasetyo telah diserahkan kepada salah satu penggerak kelompok tani wanita di KHDTK Undip. Diharapkan dengan adanya inisiatif ini, UMKM di Kelurahan Susukan dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, serta mampu memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian lokal.

"Berdikari Ekonomi, Bersama Minyak Atsiri!"



Editor:
Achmad Munandar

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon