Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Edukasi Cegah Demam Berdarah Dengue di Rowosari Semarang

 

Campusnesia.co.id - Kelurahan Rowosari, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang (24/07/2022) - DBD merupakan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. 

DBD dapat menyebabkan peningkatan angka kesakitan dan kematian sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan yang tepat supaya terhindar dari DBD. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan dengan ketua RW 4 Kelurahan Rowosari, masih terdapat warga RW 4 yang terkena penyakit DBD. 

Dari kasus tersebut dapat disimpulkan masih kurangnya usaha pencegahan penyakit DBD sehingga perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan usaha pencegahan penyakit DBD. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit DBD sebagai mahasiswa adalah dengan melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan penyakit DBD. 

 
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro, Syariefah Nur Izzah Khadijah (20) Fakultas Kedokteran 2019 melakukan kegiatan "Edukasi Pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD)" dengan arahan dosen pendamping Marwini, S. HI., Lc., M.Si dengan tujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyakit DBD dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melakukan pencegahan DBD. Kegiatan edukasi ini telah dilaksanakan pada hari Minggu (24/07/2022) di rumah Ketua RT 2 RW 4 Kelurahan Rowosari. 

Edukasi mengenai pencegahan penyakit DBD ini dilakukan dengan mengumpulkan warga di rumah ketua RT, kemudian mahasiswa membagikan brosur pada setiap peserta edukasi. 

Selanjutnya, dilakukan edukasi dengan materi yang terdiri dari pengertian, penyebab, bahaya, dan pencegahan DBD, serta langkah-langkah yang dapat dilakukan ketika menemukan tanda dan gejala DBD pada diri sendiri maupun orang disekitar. Edukasi dilakukan selama kurang lebih 30 menit. 

Setelah dilakukan edukasi, masyarakat tampak antusias untuk menerapkan langkah-langkah pencegahan DBD. Dengan adanya kegiatan edukasi ini, diharapakan tidak ada lagi kasus DBD di kelurahan Rowosari. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys