Loading...

Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes

 


Campusnesia.co.id - Halo guys yuk kita bahas lagi jurusan pendidikan, kali tentang Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial lewat postingan Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes.

Program Studi Pendidikan IPS merupakan Program Studi yang berada dilingkungan Fakultas Ilmu Sosial. Prodi Pendidikan IPS terus mengalami perkembangan baik dari segi jumlah SDM seperti kualitas Dosen dan Tenaga Kependidikan, layanan administrasi, maupun sarana dan prasarana pendukung. 

Program akademik yang ditawarkan cukup variatif dan kompetitif serta sejalan dengan visi misi Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.   Visi Prodi Pendidikan IPS adalah “Menjadi program studi unggul dalam bidang pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang peduli terhadap lingkungan, berbasis nilai-nilai sosial dan budaya Indonesia, dan bereputasi internasional”. 

Hal tersebut berarti program studi Pendidikan IPS peduli terhadap lingkungan mengenai cara pandang dan sikap perilaku yang berorientasi pada prinsip peduli terhadap lingkungan (pengawetan, pemeliharaan, penjagaan, pelestarian dan pengembangan); berbasis nilai-nilai sosial dan budaya Indonesia dengan merevitalisasi nilai yang berakar pada sosial budaya bangsa Indonesia, sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki karakter yang berakar pada budaya bangsa Indonesia; dan berupaya menjadi program studi yang memiliki citra dan nama baik dalam pergaulan internasional serta menjadi rujukan dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi di tingkat internasional dalam bidang pendidikan IPS.


Kurikulum Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes
Pendidikan IPS telah memiliki kurikulum yang berorientasi ke masa depan terutama dalam menghadapi era globalisasi dan perubahan-perubahan permintaan pasar kerja. Kompetisi di antara lembaga-lembaga pendidikan tinggi sejenis akan semakin ketat, sehingga para calon mahasiswa akan memilih perguruan tinggi yang dapat menghasilkan lulusan yang lebih handal di bidangnya agar lebih mudah dalam memperoleh pekerjaan setelah lulus. 

Keinginan dan kesadaran tersebut menimbulkan upaya pengayaan kurikulum yang mampu menghasilkan sarjana plus yang profesional dan berkarakter Kurikulum Prodi S1 Pendidikan IPS UNNES telah disusun dan dikembangkan berdasarkan visi, misi, sasaran dan tujuan. Hal ini dapat dilihat pada jenis mata kuliah dan persebarannya pada masing-masing semester yang akan diuraikan pada struktur kurikulum di bawah ini. 

Pengembangan kurikulum diarahkan kepada dua tujuan, yaitu: 
1. pembentukan kemampuan mengelola pembelajaran IPS untuk menghasilkan sarjana pendidikan IPS, 

2. pembentukan kemampuan pedagogik yang membentuk profil pendidik. Selain itu, pengembangan kurikulum pada Prodi S1 Pendidikan IPS UNNES memperhatikan perkembangan mutakhir keilmuan dan dunia pendidikan.


Akreditasi Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes
Program Studi S1 Pendidikan IPS UNNES telah terakreditasi B berdasarkan keputusan BAN-PT No. 4984/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017. Gelar Lulusan Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.)


Kompetensi Lulusan Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes
Kompetensi lulusan Pendidikan IPS adalah mampu:

1. Mampu menguasai, menerapkan dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial untuk mencapai keunggulan di bidang kependidikan sesuai dengan tuntutan pada tingkat nasional, regional serta internasional. 

2. Memiliki kemampuan profesional yang tinggi untuk menerapkan dan  mengembangkan  pendidikan  ilmu  pengetahuan  social sesuai   dengan   tuntutan   pembangunan   nasional   yang berkesinambungan. 

3. Memiliki    kemampuan   menciptakan,   menemukan   dan mengembangkan pendidikan ilmu pengetahuan sosial bidang kependidikan yang sesuai dengan kompetensi profesionalnya. 

4. Memiliki kemampuan mengembangkan dan mengintegrasikan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran  IPS dengan pendekatan tematik. 

5. Memiliki  kemampuan menggali dan memecahkan isu-isu kritis sosial yang aktual dalam kehidupan masyarakat. 

6. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah. 

7. Menguasai konsep teoritis yang mendalam pada bidang pendidikan IPS, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. 

8. Mampu memberikan pelatihan IPS menggunakan pendekatan inovatif dan teknologi mutakhir yang berwawasan budaya dan menjunjung tinggi nilai prinsip nasionalis. 

9. Mampu dengan cerdas memberikan bimbingan dalam pembelajaran dan penggunaan IPS. 

10. Mampu menjadi model bagi pembelajar sebagai warga negara yang religious, toleran, dan bertanggung jawab. 

11. Mampu menyelenggarakan pembelajaran IPS menggunakan strategi inovatif, teknologi mutakhir dan suasana yang demokratis.

12. Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.


Peluang Kerja Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial 
Lulusan Program Studi PIPS mampu bekerja dalam berbagai bidang diantaranya menjadi Guru, Dosen, Peneliti, Aktivis LSM, Intansi Pemerintah dan sebagainya.


Untuk sobat yang mau daftar Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes bisa datang ke Alamat Lengkap Gedung C1 lt 1 FIS UNNES Jl. Sekaran, Gunungpati, Semarang, 50229. Telepon/ Fax: (024) 76424121 e-mail: pips@mail.unnes.ac.id

Mata kuliah Pendidikan IPS
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Pendidikan Sejarah.
Pendidikan Geografi.
Pendidikan Agama Islam.
Pendidikan Sosiologi.
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Ilmu Komunikasi.
Geografi.


Daftar Kampus yang Membuka Prodi Pendidikan IPS
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember
Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Datokarama Palu
Institut Agama Islam Negeri (IAIN)/ (STAIN) Parepare
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Tanjungpura (UNTAN)
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Universitas Pancasakti
Universitas Lambung Mangkurat (ULM)
Universitas Islam Raden Rahmat Kepanjen
Universitas Islam Negeri Sumatra Utara (UINSU)
Universitas Negeri Semarang (UNNES)
Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)
Universitas Tadulako (UNTAD)
Universitas Negeri Surabaya (UNESA)
Universitas Negeri Manado (UNIMA)
Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim


Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan IPS Ilmu Pengetahuan Sosial Unnes. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys