Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes

 


Campusnesia.co.id - Halo sobat Campusnesia yang sedang mempersiapkan diri masuk perguruan tinggi, buat yang masih bingun mau ambil jurusan apa, kami akan hadirkan series tulisn yang membahas berbagai jurusan dari berbagai kampus di Indonesia.

Dalam tulisan pertama kita akan bahas tentang jurusan Pendidikan Bahasa Inggris lewat Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berdiri sejak tahun 1965. Pada saat ini masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Seiring dengan perkembangan IKIP Semarang menjadi Universitas Negeri Semarang (UNNES) mulai tahun 1999 sampai sekarang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu Program Studi pada Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris yang berada di bawah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS Unnes memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dan Doktor lulusan dalam dan luar negeri. Prodi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi. 

Prodi ini juga selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini. Dalam hal pengembangan potensi mahasiswa, Prodi ini juga memiliki beragam kegiatan ekstra kurikuler yang memberi peluang pengembangan diri bagi mahasiswanya untuk menjadi guru bahasa Inggris yang profesional dan menjadi praktisi bahasa Inggris di berbagai institusi.

Akreditasi Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes adalah Akreditas A dengan Nomor SK: 2740/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016.

Gelar Lulusan Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

Kompetensi Lulusan Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes
Lulusan Program Studi Bahasa Inggris FBS Unnes banyak diserap dengan cepat oleh para stakeholder dan bekerja sesuai dengan bidangnya baik di instansi negeri maupun swasta di dalam maupun luar negeri.


Mata Kuliah di Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes
Perkuliahan mencakup semua skills dan komponen bahasa Inggris serta materi pedagogis dan mata kuliah umum secara proporsional dan komprehensif. 

Diantara mata kuliahnya adalah Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Bagi sobat Campusnesia yang berminat masuk Jurusan Bahasa Inggris di Unnes datang saja ke Alamat Gedung B3 dan B8 Kampus Sekaran, Jalan Raya Sekaran Gunungpati bisa hubungi lewat Telp/Fax: 024-8508071 Semarang 50229 dan Email: uness_english@yahoo.com.

Selain Unnes berikut daftar kampus yang membuka  Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris
  1. Universitas Sebelas Maret
  2. Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Universitas Negeri Makassar
  5. Universitas Negeri Medan
  6. Universitas Negeri Padang
  7. Universitas Negeri Malang
  8. Universitas Pelita Harapan 
  9. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  10. Universitas Syiah Kuala
  11. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  12. Universitas Sanata Dharma
  13. Universitas Lambung Mangkurat
  14. Universitas Islam Indonesia
  15. Universitas Negeri Jakarta
  16. Universitas Jembe
  17. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  18. Universitas Ahmad Dahlan
  19. Universitas Esa Unggul
  20. Universitas Kristen Satya Wacana
  21. Universitas Lampung
  22. Universitas Riau
  23. Universitas Cenderawasih
  24. Universitas Bengkulu
  25. Universitas Mulawarman
  26. Universitas Pattimura
  27. Universitas Kristen Indonesia
  28. Universitas Halu oleo
  29. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  30. Universitas Jambi
  31. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  32. Universitas Pendidikan Ganesha
  33. Universitas Bung Hatta


Prospek Kerja Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris
Setelah lulus dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris, alumni nya tidak hanya dapat berkiprah sebagai guru Bahasa Inggris di lembaga pendidikan formal saja, tapi juga lembaga pendidikan informal seperti bimbel atau kurusus Bahasa Inggris. 

Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris juga dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana untuk dapat memeroleh gelar master dan menjadi dosen. Namun tidak hanya di dunia pendidikan, kiprah lulusan prodi ini juga dapat berkarir sebagai penerjemah, tour guide, dan berbagai profesi lainnya yang menuntut keahlian berbahasa Inggris.

Melanjutkan studi di jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, sobat akan belajar banyak hal terkait ilmu kebahasaan, kesusastraan, juga kependidikan. Umumnya, jika sobat disiplin dan tepat waktu kuliah bisa diselesaikan dalam selama 4 tahun atau 8 semester.

Rekomendasi buku yang mudah dipahami untuk mahasiswa pendidikan bahasa inggris. Berikut beberapa daftar buku untuk mahasiswa pendidikan bahasa Inggris

  • Teaching by Principles
  • How to Teach Listening
  • How To Teach Grammar
  • How To Teach Writing
  • How to Teach English
  • How To Teach Pronunciation
  • How to Teach Speaking
  • Understanding and Using English Grammar MyEnglishLab (Access Code Card)
  • Approaches and Methods in Language Teaching
  • Teaching Grammar Creatively with CD-ROM

Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Kenal Lebih Dekat dengan Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unnes. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


sumber: unnes.ac.id


===
Baca Juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon