Daftar Website Penyedia Info Jasa Freelance dan Lowongan Kerja Freelance

 

Campusnesia.co.id - Siapa yang tidak ingin bisa bekerja dari rumah namun hasil kerjaan seperti orang kantoran atau PNS. Dan pasti banyak yang ingin bekerja ketika ingin bekerja saha tanpa harus terikatt kontrak kerja yang panjang, atau ya pengin dapat kerjaan online saja, freelance adalah solusinya.

Bisa juga jadi kerjaan sambilan sambil kuliah atau kerja di tempat lain sebagai tambahan penghasilan atau mengisi waktu luang.

Freelance atau pekerja lepas adalah salah satu jenis profesi paling populer, utamanya di kalangan Generasi Milenial dan Z. Selain jam kerja dan kontrak yang fleksibel juga berpotensi mendapatkan bayaran yang lebih besar daripada kerja tetap.

Saat ini, ada sangat banyak situs freelancer yang bisa dimanfaatkan guna mencari penghasilan, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Lewat postingan kali ini, kami hadirkan informasinya.


1. Envato Studio   (https://studio.envato.com/)

Envato Studio adalah Situs freelance terpercaya sebuah website freelancer khusus desainer UI/UX dan programmer. Bayaran freelance untuk tiap proyek di Envato juga sangat tinggi. 

Akan tetapi, proses seleksi menjadi pekerja lepas Envato Studio cukup ketat. Anda perlu punya pengalaman desain dan portofolio mumpuni jika ingin menjadi desainer Envato.



2. Freelance Writing   (https://www.freelancewriting.com/)


Seperti namanya, FreelanceWriting.com adalah situs freelance terpercaya dan terbaik bagi penulis seluruh dunia. 

Website freelancer satu ini tidak pernah kehabisan proyek kepenulisan, sehingga jika Anda suka menulis, Anda bisa meraup pundi penghasilan berkali lipat hanya dengan aktif melamar di FreelanceWriting.com.



3. Sribulancer   (https://www.sribulancer.com/)
Situs freelance Indonesia terbaik berikutnya adalah Sribulancer. Situs freelancer terpercaya ini telah melayani berbagai perusahaan besar, mulai dari Traveloka, Gojek, sampai perusahaan internasional Survey Monkey. Proses pendaftaran freelancer di Sribulancer sangat mudah dan tidak butuh verifikasi lama.



4. Projects    (https://projects.co.id/)
Jika proyek di Sribulancer dan situs freelance Indonesia lainnya belum cukup, Anda juga bisa melakukan pendaftaran ke Projects.co.id. 

Meski tampilan interface website freelancer ini sangat sederhana, ada banyak pekerjaan menjanjikan bisa Anda coba di sana. Projects.co.id juga punya sistem rating pekerja, sehingga makin puas klien dengan layanan Anda, akan makin banyak pula klien baru berdatangan.



5. Freelancer   (https://www.freelancer.com/)


Situs Freelancer punya dua jenis bahasa, yaitu Inggris dan Indonesia. Seperti namanya, Freelancer adalah salah satu situs freelance terpercaya dengan volume pekerjaan terbesar di dunia. 

Jika ingin mendaftar Freelancer versi Inggris, sebaiknya Anda memiliki tabungan dengan kartu kredit. Apabila tidak punya, Anda bisa menghubungkan payment gateway sebagai gantinya.



6. Upwork   (https://www.upwork.com/)
Di kancah internasional, Upwork adalah situs untuk freelancer yang merupakan pesaing berat Fiverr. 

Salah satu fitur Upwork paling disukai para pekerja lepas adalah fitur anti penipuan klien. Hingga hari ini, ada sekitar 3 juta klien rutin menggunakan Upwork guna mencari freelancer, sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan proyek kerja.



7. Superprof   (https://www.superprof.com/)
Superprof adalah situs untuk freelancer khusus di bidang pendidikan. Jika Anda punya passion mengajar, Anda bisa mendaftarkan diri sebagai tutor online di situs freelancer satu ini. Superprof menerima tutor dari berbagai bidang dan keahlian, mulai dari bahasa asing, pemrograman, sampai menjahit.


 
8. Udemy   (https://www.udemy.com/)
Sama seperti Superprof, Udemy juga bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan. Bedanya, skala pengguna situs freelancer satu ini adalah internasional. Melalui Udemy, Anda berkesempatan mengajar banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Akan tetapi, berbeda dari situs freelance terpercaya kebanyakan, Udemy membayar pekerja lepasnya berdasarkan banyak faktor, mulai dari harga, promosi personal, kata kunci kursus, kompetisi (jumlah tutor di bidang sama), dan banyaknya klien pendaftar kursus. Saat ini, pekerja lepas dengan bayaran tertinggi di Udemy berhasil mendapat Rp67 milyar dari satu kursus saja.



Sribu adalah situs freelance Indonesia khusus untuk Anda yang jago desain. Mayoritas klien Sribu mencari pekerja lepas untuk membuat desain logo, konten, product package, UI/UX website dan aplikasi, serta desain baju dan merchandise. Nama website freelancer Sribu sudah terkenal di kalangan perusahaan nasional, mulai dari Pertamina sampai Telkomsel.



10. Guru   (https://www.guru.com/)
Guru adalah situs freelance terpercaya berikutnya yang bisa Anda coba. Hingga saat ini, website freelancer Guru.com telah membayarkan Rp3,5 triliun ke seluruh pekerja lepasnya. 

Salah satu alasan kenapa Guru.com sangat unik adalah Anda bebas memilih opsi pembayaran kerja freelance, mulai dari fixed price (kontrak tetap), hourly (per jam), task-based (per proyek), atau recurring payment (pembayaran kustom dengan periode tertentu).



11. People Per Hour   (https://www.peopleperhour.com/)


Ingin menulis untuk media-media besar seperti Forbes, Business Insider, atau BBC? Anda bisa coba apply pekerjaan freelance sebagai penulis di PeoplePerHour. Selain pekerjaan di bidang kepenulisan, PeoplePerHour juga menyediakan ragam bidang freelance lainnya.

Bayaran kerja di PeoplePerHour sangatlah tinggi. Akan tetapi, jika ingin mendaftar di website freelancer ini, Anda perlu punya lisensi/sertifikasi resmi di niche keahlian Anda.



12. 99Design   (https://99designs.com/)


99Designs adalah salah satu situs untuk freelancer desain terpopuler. Skema kerja di situs untuk freelancer satu ini agak unik, karena sistemnya seperti “kontes”. 

Jadi saat seorang klien memposting iklan pekerjaan, Anda harus berlomba dengan desainer lain untuk membuat desain sesuai iklan tersebut. Jika klien cocok dengan desain Anda, maka Anda akan mendapat bayaran tinggi.



13. OneSpace   (https://www.onespace.com/)
Dulunya, situs freelance terpercaya satu ini punya nama Crowdsource. Akan tetapi saat ini, namanya telah berganti menjadi OneSpace. 

Faktanya, OneSpace adalah salah satu website freelancer yang berani memberi bayaran tinggi. Akan tetapi, proses seleksinya sangat ketat dan tidak dibuka sepanjang tahun.



14. College Recruiter   (https://www.collegerecruiter.com/)
Situs untuk freelancer terakhir yang akan kita bahas adalah College Recruiter, website freelancer penyedia pekerjaan bagi mahasiswa. Selain memberi informasi tentang pekerjaan freelance, College Recruiter juga menyediakan lowongan magang dan kerja paruh waktu.



15. Fiverr  (https://www.fiverr.com/)


Fiverr adalah situs freelance pertama dan paling populer di dunia saat ini. Website freelancer dengan warna brand hijau ini menyediakan berbagai macam pekerjaan, mulai dari kepenulisan, terjemahan, input data, desain grafis, sampai asisten virtual. 

Saat memanfaatkan situs freelancer Fiverr, Anda bisa mengajukan lamaran ke klien, melakukan penawaran kerja terbuka, serta menawarkan diri secara personal via chat.



16. Fastwork  (https://fastwork.id/)
Fastwork adalah salah satu situs freelance Indonesia paling terpercaya. Ada total 70 bidang pekerjaan yang bisa Anda coba dalam website freelancer Fastwork, mulai dari kepenulisan sampai periklanan. 

Meski proses pendaftarannya butuh waktu 2 sampai 3 hari, mendaftar sebagai freelancer Fastwork sangat menguntungkan. Sebab, Fastwork punya jaringan klien sangat banyak sehingga Anda tidak akan kekurangan pekerjaan.


17. Toptal   (https://www.toptal.com/)
Toptal is an exclusive network of the top freelance software developers, designers, finance experts, product managers, and project managers in the world. Top companies hire Toptal freelancers for their most important projects.



18. Writeraccess   (https://www.writeraccess.com/)
Hire skilled writers, editors, content strategists, designers, illustrators, and animators-- all hand-screened, proven freelancers, star rated by customer reviews combined with performance algorithms that remove the guesswork to save you time.



19. Simplyhired   (https://www.simplyhired.com/)
Browse SimplyHired for jobs, view local and national salary information, discover companies, and learn about the job market in a specific city. Find out why over 3 million employers trust SimplyHired to deliver qualified applicants.


20. Letsdeel   (https://www.letsdeel.com/)
Deel makes growing remote and international teams effortless.


21. Aquent   (https://aquent.com/)
Join us in providing urgent relief to Ukraine in partnership with CARE. We’re matching donations for a total contribution of $100,000.


22. Sociabuzz   (https://sociabuzz.com/)


23. Crowdsource   (https://www.crowdsource.com/)


24. Receptix   (https://www.receptix.de)
Helping millions of people find their dream jobs in a remote-first world.


25. Behance    (https://www.behance.net/)
Behance was designed for artists and creative professionals in search of remote work. With Behance, artists and designers can showcase their talent through portfolios, videos, or via live stream.


26. Cloudpeeps   (https://www.cloudpeeps.com/)
CloudPeeps is a type of freelancer job board where clients post jobs ads and freelancers (Peeps) respond with hand-crafted proposals. While smaller than many of their competitors, CloudPeeps is used in over 150 countries.


27. Communo    (https://communo.com/)



28. Dribbble    (https://dribbble.com/)


29. We Work Remotely   (https://weworkremotely.com/)
We Work Remotely is the largest remote work community in the world. With over 3M visitors, WWR is the number one destination to find and list incredible remote jobs.


30. Angelist   (https://angel.co/)
Startup jobs & startup talent you can't find anywhere else. Join the world's #1 startup community specialized in remote & local technical talent and opportunities.


31. Working Not Working   (https://workingnotworking.com/)




Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang Daftar Website Penyedia Info Jasa Freelance dan Lowongan Kerja Freelance. Semoga bermanfaat sampai jumpa.


Penulis
Nandar


Referensi:
- https://www.ocbcnisp.com/en/article/2021/09/06/situs-freelance


===
Baca Juga:






Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon