11 Langkah Jadi Freelancer Sukses Tahun 2023

 


Campusnesia.co.id - Beberapa waktu yang lalu kami membuat sebuah postingan tentang referensi situs untuk mencari pekerjaan freelance, artikel ini mendapat perhatian dari netijen luar negeri bernama Amelia, terima kasih atas apresiasinya kak, dan memberi referensi sebuah artikel yang membahas lebih lanjut tentang freelance yang sangat menarik.

Fakta menarik tentang Freelancer, pada tahun 2005, 10,1% dari populasi amerika serikat bekerja sebagai pekerja lepas di beberapa titik sepanjang tahun.

Pada tahun 2014, angka tersebut meningkat menjadi 34% dari tenaga kerja, atau 53 juta orang Amerika. Berikutnya pada tahun 2017, 36% tenaga kerja Amerika atau 57,3 juta orang melakukan pekerjaan lepas. Fakta lain pada tahun 2020, jumlah tersebut diperkirakan akan mencapai, dan mungkin melebihi 40%.

Bekerja sebagai freelancer memang menyenangkan karena kita tidak terikat dengan sebuah perusahaan, bebas memilih job yang hendak dikerjakan, free menentukan besaran gaji, hingga jam kerja.

Tapi bukan berarti tanpa tantangan misalnya tentang mencari pekerjaan, menetapkan harga, mengelola, dan membangun portofolio sebagai freelancer.

Lewat postingan kali ini berikut kami hadirkan 8 Langkah Jadi Freelancer Sukses Tahun 2023 berdasar artikel rekomendasi dari Amelia, semoga bermanfaat.


1. Langkah Pertama Cara Menemukan Pekerjaan Freelance
Data terbaru menunjukkan bahwa 75% freelancer bisa mendapatkan pekerjaan dari platform freelancer. 

Platform freelance adalah pasar online tempat para freelancer dapat memposting skill yang kita miliki, posting portofolio, dan menetapkan tarif mereka. LangCalon customer akan lebih mudah menemukan kita dari platform freelance online seperti ini.



2. Langkah Kedua Buat Profile Freelancer yang Memukau
Profile di platform freelance iabarat etalase dan kartu nama online kita, hal pertaa yang akan dilihat calon customer, jadi buatkan profile yang menarik namun tetap jujur dan apa adanya, hindari cara clickbait atau janji yang berlebihan yang dapat membuat customer merasa tertipu.



3. Langkah Ketiga Tentukan Harga 
Menentukan harga memang bukan hal yang mudah, kita harus tetap meghargai pekerjaan kita tapi juga tetap terjangkau dan menarik bagi calon customer.

Cobalah melalukan survey dan perbandingan dengan freelancer lain berapa harga mereka dan tetapkan harga sendiri yang komepetitif sesuai dengan hasil yang bisa diberikan.



4. Langkah Keempat Tentukan Pekerjaan Mana yang Hendak Diterima 
Setelah melakukan tiga langkah di atas, yang penting untuk diperhatikan berikutnya adalah menentukan pekerjaan mana yang harus diterima dan ditolak.

Orang yang paling paham terhadap kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dengan hasil terbaik adalah kita sendiri. Jadi bijaklah dalam menerima pekerjaan, jangan maruk menerima semua namun tidak bisa menyelesaikan tepat waktu atau hasil seadanya yang membuat customer kecewa.

Berani mengatakan tidak atau menolak pekerjaan juga merupakan kemampuan penting dalam dunia freelancer.



5. Langkah Kelima Pelajari Detail Sebelum Mulai Pekerjaan
Selanjutnya jika sudah sepakat dalam hal harga dengan customer, sobat perlu memahami apa yang diinginkan customer dan mengomunikasikan kebutuhan kita secara efektif. 

Pahami dan pelajari semuanya sebelum menandatangani kontrak, termasuk deadline, ruang lingkup pekerjaan, dan tentu saja, ketentuan pembayaran. Jangan asal tanda tangan tanpa membaca kontrak yang bisa merugikan kedua belah pihak.



6. Langkah Keenam Jaga Hubungan Baik dengan Customer
Komunikasi yang baik akan berdampak pada kerjaan yang sedang kita garap, jaga hubungan baik apa yang diharapkan dari customer dari pekerjaan dan bahkan setelah pekerjaan selesai.

Cara ini bisa jadi membantu di pekerjaan berikutnya, peluang customer untuk repeat order akan lebih besar.



7. Langkah Ketujuh Manajemen Waktu 
Karena kita tidak bekerja di satu tempat dengan customer, maka waktu adalah tantangan tersendiri. Belum lagi kebiasaan menunda pekerjaan dan ngebut menjelang deadline.

Sebagai seorang freelancer kita harus pandai dalam memanage waktu kita, pastikan membuat target-target jangka pendek agar hasil lebih terkontrol dan selesai tepat waktu.



8. Langkah Kedelapan Tentukan Metode Pembayaran
Ini penting jangan sampai sudah bekerja namun bingung saat harus melakukan pembayaran. Berdasar pengalaman hal yang perlu diperhatikan misalnya mulai dari mata uang yang digunakan jika customer dari luar negeri berarti harus pakai mata uang internasional misalnya dollar amerika.

Tentukan juga termin pembayaran, misalnya DP 50% di awal dan pelunasaan saat pekerjaan selesai.

Metode pembayaran dengan transfer Bank, PayPal atau metode pembayaran lainnya. Oh ya penting juga tentang persyaratan administrasi seperti NPWP atau scan identitas KTP.

Siapkan juga kwitansi atau invoice yang profesional karena bisa jadi customer berupa instansi atau perusahaan akan membutuhkan sebagai bukti bayar.



9. Langkah Kesembilan Kelola Hasil Kerja Freelance 
Berikutnya yang penting untuk diperhatikan dan lakukan adalah mengelola hasil kerja dari jadi freelancer. Jangan sampai setiap kali dapat bayaran langsung habis untuk keperluan pribadi. 

Sisihkan sebagian untuk menabung, membeli upgrade peralatan yang digunakan misal laptop atau komputer, beli software tambahan yang dibutuhkan dan lainnya.



10. Langkah Kesepuluh Upskilling Karir Freelancer
Setelah sukses menjadi freelancer dan berhasil mengelola uang hasil kerja, jangan lupa untuk upgrade skill dengan ikut kursus dan pelatihan yang terkait dengan pekerjaan kita.

Akan lebih bagus lagi jika mulai merekrut tim, belajar delegasi tugas sehingga yang tadinya mungkin hanya bisa mengerjakan satu project berikutnya akan menambah jumlah job yang diterima. Tapi pastikan secara kualitas dan standart dipenuhi seperti saat dikerjakan sendiri.



11. Langkah Kesebelas Jadilah Freelancer yang Amanah
Terakhir untuk kali ini, tips dari kami adalah jadilah freelancer yang amanah. Kerjakan setiap job yang diterima dengan sepenuh hati dan sungguh-sungguh.

Kerjakan tepat waktu dengan hasil yang maksimal, pastikan semua yang dijanjikan dipenuhi jangan sampai membuat kecewa customer.



Demikian tadi sobat Campusnesia, postingan kita kali ini tentang 11 Langkah Jadi Freelancer Sukses Tahun 2023.

Mengutip apa yang dikatakan oleh bang Pandji Pragiwaksono dalam salah satu videonya di channel youtube saat ditanya tentang cara jadi kaya, beliau menyampaikan kurang lebih bahwa Gaji besar dan jadi kaya hanya efek samping dari melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan kita.

Apapun profesi yang kita geluti semua berpeluang mendapat gaji besar dan jadi kaya dengan melakukan hal terbaik pada setiap hal yang kita kerjakan. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis: Nandar
Gambar: Freepik.om


===
Baca juga:

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan komen guys..
EmoticonEmoticon