Loading...

Lawan COVID-19 dengan Tingkatkan Imun Tubuh, KKN UAD 88 Ajak Ibu-Ibu KWT Menanam TOGA


Campusnesia.co.id - Wabah virus COVID-19 belum juga usai, berbagai varian virus baru terus bermunculan. Kasus COVID-19 yang sempat menurun tahun lalu, kembali melonjak akhir-akhir ini. 

Selain vaksinasi, upaya dalam menghindari tertularnya COVID-19 adalah dengan memperkuat sistem imun. Salah satunya dengan mengkonsumsi sediaan herbal atau obat herbal.

Obat herbal merupakan obat-obat tradisional yang bahan utamanya berasal dari tumbuhan dan dapat digunakan sebagai pengobatan. Banyak tanaman obat yang mudah didapat di sekitar kita atau lebih sering disebut tanaman obat keluarga (TOGA). 

Tim KKN UAD 88 kelompok XII.D.2 menyiapkan beberapa jenis TOGA antara lain, kunyit hitam, jahe merah, kunyit putih dan serai.

Penanaman TOGA dilaksanakan hari Minggu, 13 Februari 2022 yang disambut dengan antusias oleh Ibu-ibu KWT Dusun Sanggrahan 1. Lokasi yang digunakan dalam penanaman TOGA yaitu lahan milik KWT (Kelompok Wanita Tani) Lestari di Dusun Sanggrahan 1. 

Lahan yang tersedia dibagi menjadi empat petak sesuai dengan jenis tanaman yang akan ditanam, yaitu petak untuk tanaman jahe merah, kunyit putih, serai dan kunyit hitam. Tidak lupa menambahkan pupuk kandang untuk menunjang pertumbuhan tanaman.

Bu Suparmi, salah satu peserta mengungkapkan, “Musim corona seperti sekarang, harus pintar-pintar meningkatkan imun tubuh. Penanaman TOGA ini diharapkan kita tidak perlu jauh-jauh mencari obat untuk menambah imunitas. 

Seperti dengan minum jamu herbal, caranya dengan merebus jahe dan serai, terus ditambah jeruk nipis dan madu satu sendok. Selain itu, juga dapat menambah ekonomi masyarakat, karena diharapkan nantinya TOGA dapat dibudidayakan secara massal di pekarangan rumah setiap warga, dan hasilnya dapat diperjualbelikan.”


Artikel Terkait

Previous
Next Post »
Silahkan Komen Guys