6 Poin Penting Kompetensi Bahasa Inggris dalam Berkarir dan 4 Tips Meningkatkannya

 


Campusnesia.co.id“Apa, sih, pentingnya menguasai bahasa Inggris dalam dunia kerja?” Mungkin, pertanyaan tersebut terlintas di pikiranmu saat ingin masuk ke dunia kerja atau bahkan saat sudah memasukinya.

Di era global seperti sekarang, akan semakin banyak perkembangan yang terjadi di negeri ini. Mulai dari perdagangan bebas, semakin banyaknya berdiri perusahaan-perusahaan asing di indonesia sehingga penggunaan bahasa internasional seperti bahasa inggris sudah sangat tersebar luas.

Tentunya untuk para calon entrepreneur dan pencari kerja sudah menjadi suatu keharusan untuk bisa menguasai bahasa Inggris agar bisa mengikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini. 

Dalam dunia modern yang penuh tantangan dan persaingan yang sangat ketat ini,  orang  tidak hanya harus memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, tetapi juga  memiliki keterampilan khusus. Bahasa Inggris adalah salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini.

Meski belum semua perusahaan mewajibkan para karyawannya mahir berbahasa Inggris, tapi hal ini bisa menjadi ‘pembeda’ dan nilai positif untuk kamu. Biasanya, perjalanan karier kamu akan lebih cemerlang karena memiliki keunggulan dibandingkan karyawan lainnya.

Semakin bagus kualitas bahasa Inggrismu, tentu semakin besar peluangmu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang bagus. Bahkan, hal ini tidak hanya berlaku untukmu di skala nasional, tapi juga internasional.

Terdapat beberapa alasan sehingga sebuah lembaga profit maupun non profit mengutamakan kemampuan berbahasa Inggris bagi calon karyawannya, yaitu :

1. Mudah mendapatkan informasi

Ketika memasuki dunia kerja, kamu akan berkutat dengan berbagai relasi yang terhubung salah satunya melalui dunia maya. Setidaknya 70% waktu kerjamu akan dihabiskan di depan komputer termasuk memanfaatkan akses internet. 

Dilansir dari Regent, diperkirakan lebih dari 50% halaman di internet ditulis dalam bahasa Inggris. Dengan ini kamu akan kesulitan mengakses informasi terkini mengenai industrimu jika tidak menguasai bahasa Inggris.


2. Membangun Koneksi

Saat kamu bisa menguasai lebih dari satu bahasa, artinya kamu bisa berkomunikasi dengan lebih banyak orang. Tentu kamu tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu jika memang ingin terus maju dalam lingkup profesional. 

Memiliki cukup banyak staf yang fasih berbahasa Inggris akan membantu membangun koneksi dengan institusi. Secara umum, koneksi semacam itu diperlukan untuk memajukan kepentingan institusi yang melibatkan pihak asing. 

Dalam prosesnya, kedua belah pihak  sering mengadakan pertemuan dengan sedikit banyak karyawan yang terlibat. Inilah sebabnya mengapa keterampilan ini sangat penting untuk komunikasi yang lancar.


3.Mampu bersaing dengan profesional lain

Alasan lain pentingnya menguasai bahasa Inggris di dunia kerja adalah karena Kamu siap bersaing dengan orang lain. Ini tentang mencari pekerjaan atau mengembangkan diri.

Misalnya, melamar pekerjaan dan menggunakan bahasa Inggris selama resume dan wawancara akan menjadi nilai tambah bagi perekrut.


4. Mudah beradaptasi

Jika Kamu memiliki pengetahuan bahasa Inggris, Kamu dapat dengan mudah beradaptasi  dengan situasi apa pun atau pindah ke perusahaan mana pun. Untuk alasan ini, penting untuk menguasai bahasa Inggris di tempat kerja.

Kamu tidak perlu khawatir tentang perubahan mendadak di lingkungan kerja karena kamu sudah memiliki banyak modal untuk mendalami dunia kerja.


5. Memudahkan Negosiasi

Memasuki dunia kerja  tidak terlepas dari proses negosiasi internal dan eksternal. Perusahaan internasional biasanya bernegosiasi dalam bahasa Inggris. Jadi, jika kamu melakukannya dengan baik itu dapat membantu bernegosiasi dan meminimalkan kesalahpahaman.


6. Mudah Mengikuti Perkembangan Ekonomi

Diketahui, pemimpin dalam pengembangan inovasi teknologi dan perkembangan ekonomi  dunia saat ini diduduki oleh dua negara: China dan Amerika Serikat. Kedua negara ini merupakan faktor kunci dalam menstabilkan perekonomian global. 

Inilah alasan selanjutnya untuk kamu kompeten dalam berbahasa Inggris. Jika kamu kompeten, kamu dapat dengan mudah melacak dan memahami ledakan ekonomi dan inovasi teknologi yang ada di kedua negara. 

Pasalnya, kedua negara tersebut menggunakan bahasa Inggris di masing-masing bidang yang memang menjadi pemegang utuh dalam perkembangan dunia.

Setelah membaca alasan di atas, tentunya kamu ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kan? Yuk simak beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu!

1) Listening

Dengan mendengarkan, kita dapat meniru sesuatu dan meningkatkan akurasi ucapan kita. Cara  belajar mendengarkan secara efektif adalah dengan mendengarkan secara aktif. Ini berarti memperhatikan pengucapan serta isi pembicaraan. 

Oleh karena itu, kamu dapat melatih kemampuan listeningmu dengan cara mendengarkan hal berikut ini:

• Musik - Kamu dapat mendengarkan musik dalam bahasa Inggris sesuka Kamu, tetapi mulailah belajar  mendengarkan liriknya dengan cermat.

• TV, film, radio, dan sebagainya merupakan media yang tepat untuk melatih kemampuan listeningmu.

• Kamu juga dapat mengikuti seminar, talkshow, atau acara lainnya yang diselenggarakan oleh lembaga, sekolah, universitas, dan sebagainya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.


2) Speaking

Kebanyakan orang merasa sulit untuk memulai percakapan dalam bahasa Inggris karena mereka baru mengenalnya. Jadi penting untuk berlatih bahasa Inggris secara teratur dalam kehidupan sehari-hari. Jangan takut untuk membuat kesalahan, karena ini adalah bagian alami dari proses pembelajaran.

• Mencoba voice chat. Dengan kemajuan teknologi, banyak sekali sosial media dan aplikasi yang memungkinkan kamu untuk berbicara dalam bahasa Inggris melalui gawaimu.

• Merekam suara sendiri. Ini mungkin  terdengar aneh pada awalnya, tetapi dengan merekam suara dan mendengarkannya lagi, kamu dapat mengenali kekurangan  intonasi dan berbicara lebih cepat.

• Menggunakan bahasa Inggris ketika berbicara. Cobalah untuk mencari teman berbicara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.


3) Reading

Membaca merupakan  kegiatan yang dapat membantu proses belajar bahasa lebih cepat karena  terbiasa menafsirkan kalimat, frasa, atau idiom lainnya. Selain itu, kamu dapat membaca  lebih lanjut tentang grammar dan tenses. Kamu dapat melatih kemampuan membacamu dengan cara berikut:

• Membaca buku, blog, jurnal, artikel, dan sebagainya yang menggunakan bahasa Inggris. 

• Gantilah pengaturan bahasa dalam gawaimu menjadi bahasa Inggris.


4) Writing

Dengan menulis kamu akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Berikut ini cara meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu dengan menulis:

• Tuliskanlah setiap kata atau kalimat yang menurutmu penting beserta dengan arti dan contohnya.

• Jangan takut untuk menuliskan komentar di sebuah blog atau sosial media yang menggunakan bahasa Inggris.


Itu dia sobat Campusnesia, beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu. Sering-seringlah berlatih karena kemampuanmu akan cepat meningkat jika sering dipraktikkan.

Jadi, kompeten dalam berbahasa Inggris sangatlah dibutuhkan dalam dunia kerja. Apabila kemampuan berbahasa Inggrismu kurang memadai maka kamu akan mengalami beberapa kesulitan dalam berkarir. 

Beberapa perusahaan pun biasanya memiliki syarat score minimal TOEFL bagi para pelamar, yang artinya  kamu harus mulai meningkatkan kompetensi berbahasa Inggrismu agar dapat memenuhi syarat sebagai pelamar.



Penulis:








Malidha Nur Aziz
Mahasiswa S1 Bahasa dan Sastra Inggris 
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »