Cara Menghasilkan 100 Dollar Pertama dari Nulis Blog, Simak 9 Hal Penting Ini

 



Campusnesia.co.id - Ada gak sih pekerjaan yang menghasilkan uang banyak tapi cukup dengan rebahan? jawabannya ada. Coba jadi blogger.

Pertanyaan di atas bukan karangan semata, banyak ditanyakan remaja jaman sekarang di sosial media, maunya nir effort dengan hasil maksimal, tidak salah, hanya saja membutuhkan ketekunan dan kejelian menemukan jenis pekerjaan yang dimaksud.

Kalau ditanya, jawaban saya seperti di kalimat pembuka tadi, coba jadi penulis Blog. Kenapa gak jadi youtuber, selebgram atau Tiktokers aja mas? iya itu juga bisa, namun karena saya baru punya pengalaman dengan menjadi penulis Blog maka hal itu yang bisa sata sarankan.

Melalui artikel kali ini, saya akan sharing tentang bagaimana 9 cara saya menghasilkan 100 dollar pertama dari menulis blog.  Apa saja? ini daftarnya.


1. Buat Blog
Cara pertama tentu sobat harus bikin blog atau web, bisa menggunakan platform Blogspot atau Wordpress sesuai preferensi masing-masing saja mana yang paling nyaman untuk menulis.

Saya sendiri sejauh ini masih setia dengan blogspot dari google, menurut saya fiturnya lebih simpel walau memang dari sisi pengembangan pluggin dan tema masih kalah dengan wordpress.

Saya tidak akan menjelaskan cara membuat blog baik pake blogspot atau wordpress di post ini, sobat bisa cari tutorialnya di internet dan youtube.

2. Mulai Menulis
Idealnya tema tulisan tematik bahas satu tema tertentu, namun kalau belum bisa gado-gado dulu juga gak apa-apa.

Kalau nunggu ideal malah gak mulai-mulai, eman-eman waktunya. Tutup mata dan mulailah mengetik, baru nanti edit dan perbaiki setelah semua ide di kepala dikeluarkan.

Seiring jam terbang, dengan sendirinya akan terbiasa menulis dengan ide yang spesifik unik dan ngalir begitu saja.


3. Naikan Jumlah Traffic Pembaca
Ada beberapa cara, yang alami ya menunggu traffic datang dari mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing. Syaratnya kualitas dan tema tulisan harus unik setidaknya mengandung unsur kebaruan sehingga menjawab pertanyaan pembaca bukan sekedar repetitif dari tulisan yang sudah ada apalagi copy dan paste, big no.

Traffic alami dari mensin pencari tidak mudah dan butuh waktu, sambil menunggu bisa melakukan cara share tulisan di media sosial, grup whatsapp, telegram atau email.

Agar tidak jadi spam, pastikan broadcast yang sobat lakukan dilakukan dengan cara elegan, sopan dan jangan sering-sering gan, nanti kamu bisa di-kick dari grup angkatan.


4. Daftarkan Adsense
Saatnya coba peruntungan, mulailah bikin akun adsense, daftarkan blog milikmu dan tunggu kabar baik dari Google.

Jika gagal jangan sedih, coba lagi. Gagal lagi? coba lagi hingga berhasil, sekedar informasi saya butuh waktu setidaknya tiga tahun hingga akhirnya di-appprove dan baru setelah dua tahun mulai bisa menikmati legitnya pundi-pundi bayaran dari mbah Google.

Ada banyak faktor sebuah blog diterima dan ditolak oleh Google Adsense, paling umum adalah alasan tema yang gado-gado, tidak unik, terlalu banyak konten copy paste, tapi yang tidak kalah penting adalah jumlah kunjungan harian.

Sekalipun di-approve, jika kunjungan harian masih sepi hasilnya juga gak akan seberapa, tapi ya gak apa-apa jangan putus asa, kalau sudah lolos adsense setidaknya satu PR terselesaikan, selanjutnya tinggal genjot promosi biar blog makin rame setiap hari.


5. Verifikasi Data
Setelah lolos dan iklan muncul di blog, saat jumlah saldo mencapai Rp130.000 akan diminta untuk verifikasi data, mulai dari identitas bisa menggunakan KTP atau Paspor, nomer rekening pembayaran dan Nomer Pin.

Berdasar pengalaman, verifikasi KTP sebaiknya gunakan file hasil scan jangan dari foto kamera hp, fotonya jangan blur dan masih berlaku.

Nomer rekening bisa menggunakan bank lokal, nanti google akan mengirim uang dengan nominal tertentu yang digunakan sebagai angka verifikasi.

Paling menantang dan banyak blogger gugur adalah tahap verifikasi Pin, google adsense akan mengirim surat yang di dalamnya berisi kombinasi angka sebagai pin. Pengalaman saya kemarin butuh waktu 2 pekan tapi dalam banyak kasus bisa hingga berbulan-bulan.

Setelah semua verifikasi data selesai, kita bisa fokus menulis konten dan menaikkan jumlah pembaca, hingga tiba saatnya saldo mencapai 100 dollar dengan kurs rupiah Rp13.000 atau senilai 1,3juta otomatis akan ditransfer google ke nomer rekening kita tadi. 


6. Jadwal Pembayaran Google Adsense
Saldo akan terakumulasi pada tanggal 1, dan akan ditransfer antara tanggal 21 hingga 26 pada bulan yang sama.

Tapi perlu dicatat, jika jadwal pembayaran jatuh pada akhir pekan atau tanggal merah, biasanya akan tertunda beberapa hari dan akan diproses saat hari kerja, so jangan panik jika bayaran dari mbah google belum masuk.


7. Perjuangan dapat Bayaran dari Mbah Google
Kadang iri dengan orang-orang yang dengan mudah bisa dapat bayaran dari mbah Google, tidak butuh waktu lama untuk verifikasi data bahkan kontennya juga copy paste dan ala kadarnya.

Tapi, setiap orang punya perjuangannya masing-masing, jadi gak usah iri, fokus saja pada diri sendiri, syukuri rejeki yang sudah diberi.

Saya sendiri pertama di-approve google adsense akhir tahun 2018, tapi gagal di verikasi identitas, demikian juga di tahun 2020 hal tersebut terulang kembali, tapi selama 2 tahun pasang iklan google adsense di blog hasilnya tak ujug-ujug seindah yang saya bayangkan, dalam setahun hanya dapat sekitar Rp290.000 artinya untuk payout dengan minmal Rp 1.300.000 butuh waktu 4 tahun ha ha.

Tapi memang setelah saya ingat-ingat kembali, kala itu traffic harian baru 1.000 per hari jumlah pengunjung blog saya, kadang lebih tapi juga sering kurang dari seribu.

Akhir tahun 2020 hingga awal 2021, tiba-tiba ada kenaikan jumlah pengunjung secara signifikan, konsisten di atas 1000, kadang bisa sampai 3.000-4.000 dalam 24 jam, justru saat tak ada iklan.

Pada titik ini saya coba mengajukan dan memasang kembali Google Adsense, alhamdulillah verifikasi data hingga Pin juga berjalan lancar.

Februari 2021 selama sebulan cuma dapat Rp38.000 tapi ini sudah alhamdulillah, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pelan namun pasti mulai naik, bulan berikutnya dapat Rp50.000, Rp70.000, Rp100.000 hingga bulan ketujuh akumulasi saldo todal 800 ribuan.

Bulan kedelapan, akhirnya dapat 700an itu artinya di bulan agustus sudah bisa payout, detik-detik menunggu transfer dari mbah Google sangat mendebarkan karena ini pengalaman pertama saya, alhamdulillah beneran ditransfer.

Bulan berikutnya, naik rata-rata per hari sekitar Rp68.000 dan di bulan ketiga per hari bisa konsisten di Rp100.000, seneng banget rasanya.


8. Pesan buat Pejuang Adsense
Kelihatanya memang enak jika sudah bisa rutin bayaran tiap bulan, tapi praktiknya tidak semudah yang dibayangkan, sulit tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan.


9. Alternatif Pemasukan selain Adsense
Kita bisa menawarkan space iklan banner di blog, yang penting tahu demografi pembaca kita, misal Campusnesia yang mengusung tema pendidikan dan hiburan, pembacanya adalah pelajar dan mahasiswa dengan range usia 13-24 tahun. 

Rata-rata jumlah kunjungan harian pada bulan agustus 2021 adalah 14.000, sosial media twitter 2.300 facebook fanspage 1.600, data ini bisa ditawarkan ke calon pengiklan.

Pastikan produk dan jasa iklan sesuai dengan target pembaca blog kita akan nyambung dan relevan shingga potensi terkonversi menjadi calon customer lebih besar.

Jangan asal pasang iklan, jujur beberapa tawaran dari situs judi juga sudah banyak datang, tapi gak mungkin kan saya pasang di blog dengan tema pendidikan, di sini peran idealisme penting bukan hanya urusan cuan.


Penutup
Pandemi selama satu setengah tahun ini sangat berdampak pada bisnis, saya mengalami sendiri masa-sama sulit itu dan sampai pada kesimpulan bahwa beberapa bisnis sangat rentan dengan krisis dan beberapa jenis bisnis stabil bahkan naik, salah satunya yang berbau digital.

Belum lagi jika mempertimbangkan resiko bertemu dengan berbagai orang dengan berbagai kemungkinan.

Nge-blog masih bisa jadi solusi sebagai mata pencaharian alternatif selain berbagai bidang pekerjaan di luar sana, bisa dikerjakan dari rumah di waktu-waktu sela. Cocok untuk para ibu rumah tangga misalnya.

Oke sobat campusnesia, itu dulu sharing kita, semoga ada manfaatnya, jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar, sampai jumpa.


Penulis: Nandar

===
Baca Juga:

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »