Apa itu Google AdSense?

7:00:00 PM



Campusnesia.co.id -- Nulis di blog atau website bisa jadi salah satu cara menuangkan ide dan gagasan serta pendapat akan sesuatu. Aktifitas yang biasa disebut blogging ini selain menyalurkan hobi juga bisa menghasilkan uang. Dalam artikel yang lain saya sudah pernah menuliskan tentang dari mana saja seorang blogger bisa mendapatkan pundi-pundi penghasilan, salah satunya adalah Google Adsense. Di artikel kali ini saya akan coba bahas seara khusus hal-hal tentang google adsense. yuk simak.

1. Apa itu Google Adsense?
AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program ini, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya dibolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google.



Pemilik situs web atau blog akan mendapat pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, namanya sistem pay per klick (PPC) atau bayar per klik.

2. Sejarah
Kami kutip dari  id.wikipedia.org/wiki/AdSense Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program AdSense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian Google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.



Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa inggris dan beberapa bahasa Negara-Negara di Eropa, Timur Tengah, dan Asia Timur, serta satu Negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung unit AdSense for Search saja. Kini AdSense for Content mendukung 36 bahasa Negara di Dunia.

3. Aturan
Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji situs anggota program AdSense.

Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:



1. Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus.
2. Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini.”
3. Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google.
4. Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian.
5. Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan kata kunci tertentu.
6. Memanipulasi target iklan dengan kata kata kunci tersembunyi atau dengan IFRAME
7. Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak dibolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan

4. Pengalaman
Saya belajar Google Adsense secara serius sejak 2016, dengan blog pribadi Nandarart.blogspot.co.id dan blog yang anda baca ini Campusnesia.co.id. Setelah baca banyak kisah sukses blogger yang mendapat uang banyak dari google adsense daya dengan percaya diri mendaftarkan blog yang saya miliki.

Hasilnya? tak semudah yang saya bayangkan akhirnya saya ditolak, mencoba lagi dan ditolak begitu seterusnya hingga merasa putus asa.

Semenjak saat itu, saya kembalikan ke niat awal membuat website yaitu idealisme membuat konten positif untuk pelajar dan mahasiswa di tengah banyaknya konten yang tidak mendidik.

Saya bukan orang yang muluk-muluk, dari target dapat uang banyak dari google adsense saya turunkan impian saya yaitu diterima saja sudah bahagia, namun kembali tak semudah itu.

Hingga di tahun 2018, seringkali ketika mengunjungi web lain beberpa kali mendapat iklan google adsense dan tergoda untuk sekali lagi mencoba. Bedanya kali ini tidak begitu berharap jadi sudah siap paling ditolak.

Diterima
Tanggal 24 November masuk sebuah email pemberitahuan bahwa kali ini google adsense saya diterima dan wesbsiste siap dipasangi iklan.



Betapa senangnya saya, dan klik sana klik sini munculan iklan di halaman web, serius hari itu saya senang sekali melebihi bahagianya gajian 2 digit.

Disuspend
Kebahagiaan itu tidak berlangsung lama, setelah 14 hari aktif akun adsense saya kena suspend akibat invalid klik dan disuspend untuk 3 hari.

Hari itu serasa lemas badan saya, tapi saya coba untuk tetap tenang dan cari info bagaiman solusinya. Dari puluhan browsing ternyata ini kasus yang juga banyak dialami oleh blogger lain. Kesimpulan saya solusi terbaik adalah menunggu suspend dicabut.



Hasil
Ini penting, ternyata tak seindah dan semudah yang saya bayangkan, hasil adsense website saya tak sebanyak kisah sukses blogger lain, 14 hari pertama baru dapat 50.000, kalau mimimum pembayaran dari google adalah 1.300.000 berapa lama saya harus menunggu.

Tetapi saya tidak akan menyerah begitu saja, bagi saya diterima google adsense stelah 2 tahun berjuang adalah prestasi luar biasa, Saat ini saya syukuri itu dan fokus menulis konten yang positif dan bermanfaat. Andai suatu saat bisa dapat uang banyak dari adsense saya anggap itu adalah hasil sampingan saja. Lagi pula saya masih punya penghasilan he he.

5. Cara Daftar
Paling mudah bagi yang ingin dapat google adsense adalah mulai membuat blog, bisa yang gratisan blogger dari google.

Tulis tema yang bermanfaat dan setelah banyak pengunjung baru mulai daftar google adsense. Buka saja link ini >> Google Adsense 



Semoga bermanfaat, kalau ada perkembangan akan saya update, bagi pembaca yang punya pengalaman tentang google adsense juga, jangan lupa share pengalamnmu di kolom komentar ya. Sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »