5 Alternatif Cara Monetasi Blog atau Website Kamu agar Menghasilkan Uang



Campusnesia.co.id -- Sebelum era Vlog (video Blog) blog berbentuk web jadi pilihan utama untuk menuangkan uneg-uneg lewat tulisan. Ada yang benar-benar hanya berisi curhatan layaknya diary pribadi hingga yang serius dengan tema-tema tertentu yang ngulik seluk-beluknya misal tentang gadget, hidroponik hingga elektronika. Bagi yang lebih serius lagi formatnya dibuat layaknya media online berisi berita dan liputan.

Walau tidak semua, tetapi menghasilkan uang dari blog yang dimiliki adalah harapan mayoritas pemilik blog. Hanya saja memang untuk sampai tahap bisa menghasilkan uang tidaklah semudah yang dibayangkan dan hasilnya juga belum tentu sebanyak yang diinginkan.

Dalam artikel ini, kami akan berbagi untuk sobat Campusnesia alternatif cara agar blog atau web yang dimiliki bisa menghasilkan uang, apa saja? Berikut daftarnya.

1. Google Adsense
Urutan pertama ada google adsense, jalan memonetise blog atau web yabg paling umum dan banyak digunakan orang. Tetapi untuk mendapat iklan dari google adsense tidaklah mudah. Sebelum disetujui blog atau web harus memenuhi syarat kelayakan yang ditentukan oleh pihak google, misalnya konten atau tulisan, umur blog atau website dan traffic atau jumlah pengunjungnya.

Setelah disetujuipun tidak langsung semudah yang kita perkirakan, pendapatan google adsense tidak sebesar yang diimpikan. Untuk bisa gajian setiap bulan harus benar-benar mendapatkan kunjungan harian yang banyak sehingga kemungkinan orang klik iklan juga besar.

2. Menawarkan Space Banner Iklan
Belum disetuji google adsense? Jangan sedih dunia tak selebar daun kelor. Masih banyak alternatif lain untuk memonetise blog atau websitemu. Contohnya dengan menawarkan space banner iklan.

Asalkan pengunjung harian sudah banyak, tema yang spesifik dan unik kita bisa menawarkan space iklan banner. Sebagai contoh website campusnesia yang membahas dunia pendidikan dengan segmentasi pelajar dan mahasiswa bisa menawarkan space iklan untuk pemilik produk yang sesuai, penerbit buku, percetakan, fotocopy dll. Tarifnya kamu sendiri yang tentukan bisa berdasarkan waktu tayang atau jumlah pengunjung. Daripada google adsense space iklan banner uangnya lebih nyata.

Selain berupa banner, sobat juga bisa menawarkan iklan berupa konten placement biasanya berisi artikel tentang produk tertentu, berita sebuah event atau instansi. Sama dengan banner iklan, konten placement lebih menjanjikan daripada google adsense. Kamu cukup menentukan tarifnya untuk sekali placement dengan waktu tertentu, seminggu, sebulan atau setahun. 

Backlink, dalam dunia SEO, backlink menjadi salah satu indikator dan cara menaikkan reputasi sebuah website atau blog. Semakin banyak backlink semakin baik asal tidak spam ya. Contoh jika sobat cek Campusnesia.co.id per 31 Januari 2020 ada sekutar 900an backlink. Nah ini bisa ditawarkan untuk backling placement, sama dengan artikel placement, backlink placement adalah menempatkan link atau tautan dalam sebuah artikel dengan dofollow jika diklik alan menuju website tertentu. Tarifnya tentukan sendiri.

Baik artikel placement atau backlink placement biasanya ada syarat atau indikator bagi para calon pengiklan, yang paling sederhana adalah jumlah pengunjung, uniq visitor, skore domain authority dan backling. Untuk Campusnesia.co.id pengunjung per bulan kisaran 12.000 dan skore DA 10.

4. Review Produk
Misal blog kamu membahas tentang produk makanan, bisa menawarkan jasa review. Untuk tarifnya bisa ditentukan sendiri, pemilik produk bisa mngirimlan sampel untuk direview sekaligus dipromosikan.

5. Jualan Produk
Alternatif berikutnya adalah jualan produk, sobat bisa menjual produk terkait dengan tema website atau blog. Misal bagi penulis tentang gadget bisa menjual produk-produk aksesoris. Buat saja iklan banner tentang produk kamu yang kalau diklil akan menuju online shop atau chat Whatsapp.

Bagi sobat yang bahas konten pengembangan diri bisa menjual buku, Elektronik Book atau Event Pelatihan. Menarik bukan?.

Baiklah sobat campusnesia, itu tadi 5 Alternatif Cara Monetasi Blog atau Website Kamu agar Menghasilkan Uang, agar selain menuangkan gagasan juga bisa menghasilkan uang. Semoga bermanfaat sampai jumpa.

penulis: Nandar

Baca Juga

Lanjut
« Prev Post
Mundur
Maju »